Kompetisi Pokemon XY Jakarta Menjadi Kompetisi Terbesar di Jakarta!

Kompetisi Pokemon XY Jakarta

Kompetisi Pokemon XY Jakarta sukses diselenggarakan pada 1 Desember 2013 kemarin di fX Plaza Sudirman, menjadikannya gathering dan kompetisi terbesar di Jakarta!

Seperti yang kita tahu sebelumnya, Duniaku Checkpoint menghadirkan acara turnamen bagi pemain Pokemon X & Y, diadakan oleh Kenken Cashernn Olstore dan bekerjasama dengan PSenterprise (serta partner dari Kenken, Conrad). Kenken mengadakan kompetisi ini untuk menyambut antusiasme para pemain 3DS khususnya penggemar sekaligus pemain Pokemon X & Y di Jakarta.

Kompetisi Pokemon XY Jakarta

Para peserta yang datang pun mendapatkan doorprize di akhir acara. Tidak hanya itu, karena bekerja sama juga dengan majalah Animonstar dan Gamestation, mereka memberikan hadiah berlangganan majalah bagi pemenang Kompetisi Pokemon XY Jakarta ini. Dan juga tidak ketinggalan goodiebag dari Animonstar dan Gamestation di venue saat acara kompetisi berlangsung. Serta pastinya kamu bisa melihat liputan acara ini di dua majalah tersebut edisi Desember / Januari mendatang.

Kompetisi Pokemon XY Jakarta menjadi acara gathering dan kompetisi terbesar di Jakarta. Bagaimana tidak, total ada 123 peserta yang menghadiri kompetisi ini di fX Plaza Sudirman Atrium F3 Floor, Jl. Jend. Sudirman, Pintu Satu Senayan Jakarta. Makin ramai karena total orang yang datang mencapai lebih dari 150 orang untuk ikut gathering! Wow angka yang fantastis bukan?

Acara yang dimulai pada pukul 10.00 WIB tersebut berlangsung sangat meriah dan seru. Ke-123 peserta tersebut “berjuang” mati-matian demi mendapatkan total hadiah sebesar 5 juta rupiah yang terdiri dari uang tunai sebesar 1 juta rupiah bagi juara pertama serta merchandise menarik lainnya seperti kaos Pokemon X & Y, cartridge game 3DS (Castlevania: Lords of Shadow – Mirror of Fate), tas 3DS dan case protector 3DS (yang tentunya bertema Pokemon).

Kompetisi Pokemon XY Jakarta

Setelah hampir 8 jam beradu Pokemon, pada pukul 18.30, pihak panitia akhirnya menobatkan 3 gamer pria sebagai pemenang dari kompetisi ini. Posisi juara ketiga dipegang oleh Dion, posisi juara kedua oleh Adhitya Bayu, dan posisi pertama dipegang oleh gamer asal Bandar Lampung, Arvin Dito. Ketika ditanya perasaannya memenangkan juara pertama dan hadiah uang sebesar 1 juta rupiah, peserta berusia 19 tahun yang sedang menjalani kuliahnya di jurusan Teknik Elektro ITERA, Bandung, ini mengatakan kalau ia sangat senang sekaligus kaget karena ia tidak menyangka kalau ia dapat memenangkan kompetisi ini.

Kompetisi Pokemon XY Jakarta
Juara ketiga, Dion
Kompetisi Pokemon XY Jakarta
Juara kedua, Adhitya Bayu

“Bagaimana saya tidak kaget, saya baru mengetahui adanya event ini 2 minggu lalu melalui link grup Pokemon X & Y Indonesia yang dikirimkan ke halaman profil Facebook saya lalu ditambah lagi saya baru mendapatkan kabar satu hari menjelang event ini kalau tim Pokemon yang sudah saya rencanakan tidak boleh digunakan di dalam kompetisi. Alhasil saya pun harus membangun tim baru dan baru selesai subuh tadi dan ternyata hasilnya tidaklah sia-sia.” Ketika ditanya pendapatnya mengenai kompetisi ini, penyuka seri Kingdom Hearts ini mengatakan bahwa pihak penyelenggara harus sering-sering mengadakan kompetisi Pokemon agar terdapat wadah bagi sesama gamer Pokemon dalam bersosialisasi.

Kompetisi Pokemon XY Jakarta
Dan inilah juara pertama, Arvin Dito!
Kompetisi Pokemon XY Jakarta
Para juara berfoto bersama

Ken Cashernn, selaku penyelenggara acara ini mengatakan kalau ajang Kompetisi Pokemon XY Jakarta kali ini lebih seru dan lebih megah daripada sebelumnya. Ia menambahkan, alasannya mengadakan Kompetisi Pokemon XY Jakarta di Indonesia dikarenakan antusiasme serta hype dari game ini sangatlah besar di kalangan para gamer Indonesia. “Penggemar seri Pokemon di Indonesia masih sangat banyak dan mereka ini termasuk penggemar yang memiliki rasa antusias yang sangat tinggi terhadap segala yang berhubungan dengan Pokemon. Makanya demi memuaskan penggemar, kami menghabiskan waktu hampir 1,5 bulan agar dapat mempersiapkan event ini secara maksimal dan menurut saya kompetisi kali ini adalah THE BIGGEST ONE,” ucapnya.

Kenken pun juga mengungkapkan beberapa hal menarik selama kompetisi berlangsung. Pertama adalah kehadiran pemain termuda dalam Kompetisi Pokemon XY Jakarta yang baru berusia 9 tahun dan berhasil menjadi juara blok! Sayangnya peserta tersebut kandas di 8 besar. Peserta bernama Geraldy itu mungkin menjadi salah satu Pokemon Trainer terbaik selama kompetisi kemarin. Kemudian kedua, banyak peserta yang didampingi oleh keluarganya atau pacar tercinta, yang bisa dianggap sebagai sebuah bentuk dukungan untuk mengikuti kompetisi tersebut.

"Geraldy"
Geraldy, peserta termuda yang masuk ke delapan besar!
Para peserta yang masuk ke delapan besar

Ketiga, jumlah peserta dan pemain yang menghadiri kompetisi mencapai lebih dari 150 orang dalam waktu bersamaan, entah ikut kompetisi atau hanya sekedar melakukan StreetPass saja, merupakan angka yang fantastis. Sayangnya masih belum tercapai 100 tag dalam satu hari yang sama. Keempat, Kenken salut dengan teman-teman panitia yang sampai rela tidak makan siang hingga acara selesai. Dia mengucapkan rasa terima kasih sebanyak-banyaknya pada Abe Mitsuteru, Aichiya Sanae, @cessa, Conrad Jiwandono, dan Santoso Kurniawan. Dan juga kepada website Duniaku.net, Duniaku Checkpoint, terutama Dipta Erlangga yang membantunya dalam mewujudkan acara ini. Dan terakhir adalah perasaannya saat pertandingan berlangsung terutama pertandingannya Geraldy dan ketika pertandingan final, terasa sangat meluap-luap. Rasa bangga dan senang berbaur menjadi satu dengan teman-teman peserta Kompetisi Pokemon XY Jakarta. Berada di sekeliling mereka tak ternilai bagi diri Kenken.

Kompetisi Pokemon XY Jakarta
Peserta kompetisi pun mendapatkan dukungan dari keluarga

Ketika ditanya apakah ke depannya akan diadakan kompetisi Pokemon lagi, Ken menjawab, “Setelah event Kompetisi Pokemon XY Jakarta yang sekarang ini, sepertinya kami akan cooling down dulu, ya kita liat saja nanti ke depannya.” Tanggapan peserta mengenai kompetisi ini pun sangat positif, karena hingga saat ini pertama kalinya kompetisi game yang diadakan di Jakarta bisa sebesar dan semeriah itu. Dan ketika ditanya suka duka, Kenken menjawab dirinya bersama teman-teman panitia sangat bangga dapat menyelenggarakan kompetisi sebesar itu. Dukanya adalah keterbatasan waktu saja, mengingat kemarin waktu yang dialokasikan benar-benar penuh untuk kompetisi saja.

Suasana pertarungan di babak final

Kenken Cashernn Olstore bersama teman-teman panitia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas partisipasi para peserta Kompetisi Pokemon XY Jakarta. Tanpa mereka, acara tersebut tidak akan sebesar dan semeriah itu. Memang sesuai dengan moto Kenken, acara yang diselenggarakan dari gamer untuk gamer. Semoga ke depannya Kenken bisa mengadakan acara kompetisi dan atau gathering yang jauh lebih besar dan meriah dari ini!