Goblins vs Zombies, Card Game Indonesia yang Berhasil Menembus Kickstarter!

Goblins vs Zombies

Beberapa bulan yang lalu, mungkin kamu masih ingat dengan proyek RPG asal Indonesia, Celestian Tales: Old North yang mencoba peruntungan dengan berkampanye crowdfunding di Kickstarter. Sayang, game yang dikembangkan oleh Ekuator Games ini tidak bisa mencapai target US $40.000 yang dibebankan, dan akhirnya sampai sekarang belum ada kabar lebih lanjut mengenai pengembangannya. Usaha serupa kembali dicoba oleh Jack Darwid yang berasal dari Bandung, dimana dia menggunakan Kickstarter untuk mengkampanyekan produk Trading Card Game buatannya, Goblins vs Zombies. Bedanya, kali ini Goblins vs Zombies berhasil memenuhi target pendanaan, dan siap dirilis dalam waktu dekat! Dengan target pendanaan US $6.000, Card Game ini berhasil mendapatkan US $12.212 selama kampanye di Kickstarter.

Ide Card Game ini sendiri datang dari game tower defense, dimana kartu zombie akan bergerak menuju desamu. Jika para zombie ini berhasil melewati Village Gate, maka kamu akan kalah. Tugasmu adalah mengatur goblin-goblin untuk melawan zombie tersebut dan mencegah mereka untuk meraih desamu. Village Gate hanya memiliki tempat untuk tiga goblin dalam satu waktu saja, sehingga tentu game ini menuntut strategi untuk memilih kombinasi goblin seperti apa yang tepat digunakan untuk menghalau serangan para zombie.

Goblins vs Zombies

Game ini didesain untuk dimainkan satu hingga tiga pemain, dan masing-masing pemain menghabiskan waktu sekitar 15 menit untuk memainkannya. Terdapat 16 zombie berbeda yang dibagi menjadi tiga tipe, yaitu Ground, Flying dan Invisible. Untuk melawan para zombie tersebut, kamu memiliki 23 macam goblin, dimana total terdapat 98 kartu dalam satu box permainan ini. Terdapat lima mode permainan yang disediakan, mulai dari Training untuk mengenalkanmu dengan mekanisme permainan game ini, Last Stand yang bisa dimainkan satu orang, Survival yang bisa dimainkan dua hingga tiga orang, The Boss yang merupakan mode co-op untuk melawan boss, dan terakhir Goblins vs Zombies yang merupakan mode head to head antara dua pemain.

Game ini dikembangkan oleh dua orang, Jack Darwid yang bertindak sebagai desainer gameplay-nya, dan Wijanata yang menggarap art-art dalam kartunya. Dalam deskripsi di halaman Kickstarter-nya, Jack Darwid mengungkapkan bahwa semua produksi dilakukan di Indonesia, namun mereka mendapatkan banyak masukan dari Print & Play Productions yang ada di US. Print & Play Productions jugalah yang akan membantu mereka memasarkan TCG ini di US mengingat banyak backer (sebutan penyandang dana di Kickstarter) yang berasal dari negara tersebut.

Goblins vs Zombies

Saat melakukan kampanye Kickstarter, Jack Darwid juga mengungkapkan bahwa semua yang dibutuhkan untuk Goblins vs Zombies sudah siap. Saat mereka sudah mencapai target, mereka hanya perlu mencetaknya dan mengirimkannya saja sehingga para backer tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan paket yang sudah dijanjikan. Jika tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai gameplay dari Goblins vs Zombies, kamu bisa coba mempelajari dulu aturan permainannya yang bisa kamu dapatkan melalui link ini.

[Sumber: Kickstarter]


SHARE
Previous articleTemani Game-nya, Digital Happiness dan CAB Rilis Komik DreadOut!
Next articleSkor Review Famitsu Edisi 1305, PazuDora Z Berada di Puncak
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.