Artoncode Melestarikan Lagu-lagu Anak Indonesia Melalui Melodi

Melodi-2

Banyak yang berpendapat jaman sudah berubah. Keadaan sekarang berbeda dengan dulu, termasuk juga pelakunya. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun mengikuti pergeseran budaya. Seperti anak- anak jaman sekarang ternyata lebih paham dengan permainan elektronik dalam bentuk smartphone atau tablet ketimbang taman bermain di luar ruangan.

Berkembangannya jaman memang menuntut adanya banyak perubahan dan tidak ada yang salah jika mereka lebih akrab dengan alat- alat elektronik dari pada dengan teman sebaya mereka. Apalagi jika perangkat elektronik tersebut juga bisa menjadi media yang tepat bagi orangtua untuk mengenalkan pada si buah hati lagu anak-anak ciptaan para pengarang lagu legendaris Indonesia, seperti Ibu Soed, Pak Kasur, AT Mahmud, Daljono, dan Nomo Koeswoyo. Itulah yang dilakukan Artoncode Indonesia melalui aplikasi barunya, Melodi yang dirilis akhir November 2013 lalu untuk Apple iOS.

Melodi-3

Melihat kenyataan dewasa ini, lagu-lagu anak ternyata tidak seperti yang dikenal orang tuanya di era tahun 80-90-an. Terasa sedikit ironis karena faktanya lagu-lagu anak di asa sekarang lebih banyak bertemakan cinta. Tentu saja kurang cocok dikonsumsi oleh anak-anak di bawah usia 10 tahun. Dan penulis melihat langkah Artonecode ini patut mendapat apresiasi. Melodi yang dibuat sebagai aplikasi musik yang bisa diunduh secara gratis ini mengajak anak-anak bernyanyi bersama dengan karakter Melodi dalam animasi yang lucu dan menarik.

Daftar lagu yang disediakan semuanya merupakan lagi anak-anak yang populer di tahun 90-an. Para orang tua tentu masih ingat dengan Tasya yang populer dengan lagu Anak Gembala, atau lagu-lagu karya ibu Sud seperti Lihat Kebunku dan Naik-Naik ke Puncak Gunung yang dulu masih sering kita dengarkan. Berikut daftar lengkap lagu anak yang diberikan dalam versi 1.0 aplikasi Melodi ini.

  • Balonku
  • Heli
  • Lihat Kebunku
  • Naik–Naik ke Puncak Gunung
  • Bintang Kecil
  • Naik Delman Istimewa
  • Anak Gembala
  • Naik Kereta Api
  • Bangun Tidur
  • Tik Tik Tik Bunyi Hujan
  • Burung Kakaktua
  • Nina Bobo

Melodi-4

Semua lagu tersebut tidak kamu dapatkan langsung, karena meskipun aplikasi ini gatis, namun lagu-lagu yang digunakan tersebut memang memiliki hak cipta tersendiri. Karena itulah lagu-lagu tersebut ditawarkan sebagai in-app purchase, yang bisa kamu buka dengan biaya Rp. 9.500 saja!

Hadirnya aplikasi seperti Melodi ini bisa menjadi pilihan untuk orang tua yang ingin mengenalkan salah satu bagian budaya Indonesia melalui media elektronik seperti Apple iOS. Setidaknya buah hati kita bisa mendapatkan hak-nya untuk mengenal seperti apa seharusnya lagu yang pantas untuk usia mereka, dengan harapan nantinya anak-anak kita juga akan kembali melestarikan lagu-lagu tersebut yang sekarang ini sudah jarang kita dengar di media elektronik.

Unduh aplikasi musik Melodi melalui Apple iTunes / App Store

Melodi Indonesia

Website: Artoncode


SHARE
Previous articleTrailer Kedua 300: Rise of an Empire, Hadirkan Adegan-adegan yang Lebih Brutal
Next articleBravely Second Ternyata Benar-benar Menjadi Sekuel Bravely Default!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.