Artoncode Melestarikan Lagu-lagu Anak Indonesia Melalui Melodi

Jaman sudah berubah, kini perangkat elektronik seperti smartphone atau tablet juga bisa menjadi media yang tepat bagi orangtua untuk mengenalkan pada si buah hati lagu anak-anak ciptaan para pengarang lagu legendaris Indonesia. Seperti yang dilakukan Artoncode melalui Melodi.

Artoncode Melestarikan Lagu-lagu Anak Indonesia Melalui Melodi

Artoncode Melestarikan Lagu-lagu Anak Indonesia Melalui Melodi

Banyak yang berpendapat jaman sudah berubah. Keadaan sekarang berbeda dengan dulu, termasuk juga pelakunya. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun mengikuti pergeseran budaya. Seperti anak- anak jaman sekarang ternyata lebih paham dengan permainan elektronik dalam bentuk smartphone atau tablet ketimbang taman bermain di luar ruangan.

Berkembangannya jaman memang menuntut adanya banyak perubahan dan tidak ada yang salah jika mereka lebih akrab dengan alat- alat elektronik dari pada dengan teman sebaya mereka. Apalagi jika perangkat elektronik tersebut juga bisa menjadi media yang tepat bagi orangtua untuk mengenalkan pada si buah hati lagu anak-anak ciptaan para pengarang lagu legendaris Indonesia, seperti Ibu Soed, Pak Kasur, AT Mahmud, Daljono, dan Nomo Koeswoyo. Itulah yang dilakukan Artoncode Indonesia melalui aplikasi barunya, Melodi yang dirilis akhir November 2013 lalu untuk Apple iOS.

Artoncode Melestarikan Lagu-lagu Anak Indonesia Melalui Melodi

Melihat kenyataan dewasa ini, lagu-lagu anak ternyata tidak seperti yang dikenal orang tuanya di era tahun 80-90-an. Terasa sedikit ironis karena faktanya lagu-lagu anak di asa sekarang lebih banyak bertemakan cinta. Tentu saja kurang cocok dikonsumsi oleh anak-anak di bawah usia 10 tahun. Dan penulis melihat langkah Artonecode ini patut mendapat apresiasi. Melodi yang dibuat sebagai aplikasi musik yang bisa diunduh secara gratis ini mengajak anak-anak bernyanyi bersama dengan karakter Melodi dalam animasi yang lucu dan menarik.

Daftar lagu yang disediakan semuanya merupakan lagi anak-anak yang populer di tahun 90-an. Para orang tua tentu masih ingat dengan Tasya yang populer dengan lagu Anak Gembala, atau lagu-lagu karya ibu Sud seperti Lihat Kebunku dan Naik-Naik ke Puncak Gunung yang dulu masih sering kita dengarkan. Berikut daftar lengkap lagu anak yang diberikan dalam versi 1.0 aplikasi Melodi ini.

  • Balonku
  • Heli
  • Lihat Kebunku
  • Naik–Naik ke Puncak Gunung
  • Bintang Kecil
  • Naik Delman Istimewa
  • Anak Gembala
  • Naik Kereta Api
  • Bangun Tidur
  • Tik Tik Tik Bunyi Hujan
  • Burung Kakaktua
  • Nina Bobo

Artoncode Melestarikan Lagu-lagu Anak Indonesia Melalui Melodi

Semua lagu tersebut tidak kamu dapatkan langsung, karena meskipun aplikasi ini gatis, namun lagu-lagu yang digunakan tersebut memang memiliki hak cipta tersendiri. Karena itulah lagu-lagu tersebut ditawarkan sebagai in-app purchase, yang bisa kamu buka dengan biaya Rp. 9.500 saja!

Hadirnya aplikasi seperti Melodi ini bisa menjadi pilihan untuk orang tua yang ingin mengenalkan salah satu bagian budaya Indonesia melalui media elektronik seperti Apple iOS. Setidaknya buah hati kita bisa mendapatkan hak-nya untuk mengenal seperti apa seharusnya lagu yang pantas untuk usia mereka, dengan harapan nantinya anak-anak kita juga akan kembali melestarikan lagu-lagu tersebut yang sekarang ini sudah jarang kita dengar di media elektronik.

Unduh aplikasi musik Melodi melalui Apple iTunes / App Store

Melodi Indonesia

Website: Artoncode

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU