Ikutilah Ajang Throne of Games Pokemon XY Video Game Fun Tournament!

Throne of Games Pokemon XY Video Game Fun Tournament

Sabtu besok akan ada turnamen yang pertama kalinya didukung organisasi Pokemon pusat di Indonesia, Throne of Games Pokemon XY Video Game Fun Tournament.

Sebelumnya Throne of Games Pokemon XY Video Game Fun Tournament telah diumumkan ketika Kompetisi Pokemon XY Jakarta diselenggarakan tanggal 1 Desember 2013 kemarin. Menjadi turnamen yang pertama kalinya didukung pusat untuk diadakan di Indonesia, diharapkan banyak peserta yang datang. Sehingga ke depannya akan ada event premier resmi dari pusat untuk mengadakan turnamen-turnamen resmi seperti Video Game Championship (VGC) Regional dan National Championship nantinya. VGC sendiri menjadi turnamen resmi tahunan yang diadakan oleh The Pokemon Company International untuk memberikan kesempatan bagi pemain berpartisipasi dalam kompetisi skala besar.

Throne of Games Pokemon XY Video Game Fun Tournament sendiri akan diselenggarakan pada tanggal 7 Desember 2013 besok, yang dimulai registrasinya pukul 12.00 hingga pukul 13.00 WIB. Tempat turnamennya berada di KTC Hypermart, lantai 1 blok B12 nomer 3, Jakarta Utara, Indonesia (kode pos 14240). Pastinya kamu tidak dipungut biaya alias gratis untuk dapat mengikuti turnamen ini!

Penyelenggara turnamen ini The Pokemon Company International, dan memberikan wewenang kepada Throne of Games untuk mengadakan turnamennya. Pemenangnya akan mendapatkan Pokemon Shiny dan banyak hadiah menarik lainnya. Berikut adalah detail hadiah untuk para pemenang:

Juara 1: Shiny Beautifly

Juara 2-4: Sneasel dengan 5 IV

Juara 5-8: Pokemon acak dengan 3-4 IV

Pihak penyelenggara berharap kamu bisa ikut berpartisipasi dalam Throne of Games Pokemon XY Video Game Fun Tournament ini dan nikmati kesenangan bertarung antar Pokemon Trainer. Untuk keterangan lebih lanjut, kamu bisa menghubungi Agung Saputra Santosa (0857-17090988),Nasael Bastian (0877-82546646), langsung melalui akun Facebook Throne of Games atau kirim e-mail ke throneofgamesktc@gmail.com. Kamu bisa melihat langsung halaman turnamennya yang diakui secara resmi di sini.

Throne of Games Pokemon XY Video Game Fun Tournament

Tentu sebelum ikut berpartisipasi, kamu perlu mempersiapkan diri dan memahami peraturan yang digunakan dalam Throne of Games Pokemon XY Video Game Fun Tournament ini.

1. Versi Game

Hanya versi Pokémon X atau Pokémon Y yang sah saja yang dapat digunakan di turnamen. Ini juga termasuk versi digital-nya. Dan pemain dibatasi dengan region cartridge yang digunakan. Pemain dapat menggunakan beragam varian Nintendo 3DS, termasuk di dalamnya adalah Nintendo 3DS, Nintendo 3DS XL, dan Nintendo 2DS. Pemain diharapkan untuk membawa charger yang kompatibel dengan sistemnya masing-masing.

2. Pembatasan Tim

Pemain hanya diperbolehkan membawa Pokemon yang legal digunakan dalam turnamen. Pemain bertanggung jawab bahwa timnya sudah mematuhi format turnamen.

Penggunaan alat-alat eksternal seperti aplikasi mobile untuk memodifikasi atau membuat item atau Pokemon di dalam tim pemain sangat dilarang. Pemain yang ketahuan memiliki Pokemon atau item yang telah dimodifikasi akan langsung didiskualifikasi dari kompetisi.

Pemain juga bertanggung jawab menggunakan nama yang baik untuk karakter Trainer dan Pokemon dalam Battle Box miliknya. Dilarang menggunakan kata-kata atau kalimat yang menyinggung.

3. Registrasi Tim Battle Box

Sebelum ronde pertama turnamen berlangsung, registrasi tim Battle Box dilakukan. Semua pemain harus mengatur Battle Box miliknya masing-masing, termasuk Pokemon dan item yang akan dipakai sebelum diregistrasi ke dalam turnamen.

4. Batasan Waktu

Staf turnamen bertanggung jawab untuk mengurusi waktu berlangsungnya acara. Pemain bisa membawa catatan kapanpun saat pertandingan berlangsung tapi harus memulai tiap pertandingan dengan selembar kertas kosong.

– Batasan Waktu di Awal Permainan

Pemain memiliki waktu 90 detik untuk melihat tim Pokemon lawan dan memilih Pokemon-nya sendiri.

‑ Batasan Waktu di Tengah Permainan

Di tengah-tengah permainan, seperti memilih gerakan atau memundurkan Pokemon, diberi batasan waktu 45 detik tiap giliran.

– Batasan Waktu Pertandingan

Satu pertandingan dibatasi maksimal 15 menit. Untuk pertandingan best-of-three, tiap pertandingan dibatasi 15 menit.

5. Beragam Masalah Teknis

Mungkin di tengah pertandingan, koneksi seorang pemain terganggu sehingga mengakibatkan terganggunya pertandingan.

– Masalah Freeze untuk Satu Sistem

Jika sistem salah satu pemain mengalami freeze dan bisa ditentukan cartridge atau sistem milik pemain mana yang mengalaminya, maka pemain tersebut dinyatakan kalah dalam pertandingan tersebut.

– Masalah Freeze untuk Kedua Sistem

Jika sistem milik kedua pemain mengalami freeze dan tidak bisa ditentukan cartridge atau sistem milik pemain mana yang mengalaminya, maka kedua pemain tersebut dinyatakan seru dalam pertandingan tersebut.

– Gangguan Pertandingan

Pemain harus berusaha memperbaiki gangguan tersebut dengan memeriksa sistem 3DS-nya. Jika masih tetap ada gangguan, hubungi juri untuk bantuan lebih lanjut. Jika terus terjadi gangguan secara konsisten baik karena adanya aksi dari pemain, maka juri bisa memberikan pinalti kepada pemain tersebut.

Throne of Games Pokemon XY Video Game Fun Tournament

Standar format yang digunakan dalam Throne of Games Pokemon XY Video Game Fun Tournament ini, yang didukung dan dinyatakan legal oleh The Pokemon Company International, adalah format pertarungan Double Battle. Dengan format ini, mengharuskan tiap pemain untuk memilih empat dari keenam Pokemon timnya untuk diterjunkan dalam pertandingan. Pertandingan akan terus berlanjut hingga pemain bisa membuat keempat Pokemon lawannya tak berdaya.

Berikut adalah peraturan untuk pembentukan tim Pokemon dalam turnamen ini.

– Tim pemain tidak bisa berisi dua Pokemon dengan nomer Pokedex yang sama.

– Tiap Pokemon dalam tim bisa memegang item, hanya saja tidak boleh ada dua Pokemon yang memegang item bernama sama.

– Tim pemain tidak boleh berisi dua Pokemon dengan nama panggilan yang sama.

– Tim pemain tidak bisa berisi Pokemon yang diberi nama seperti nama Pokemon lain (seperti Pokemon spesies Unfezant yang diberi nama “Pidove”).

– Pokemon hanya boleh menggunakan gerakan-gerakan yang didapatkan melalui beberapa metode, antara lain naik level, menggunakan TM atau HM, sebagai gerakan yang diturunkan dari Egg (melakukan Breeding), dari karakter dalam permainan, atau gerakan yang sudah diketahui dari Pokemon yang didapat melalui promosi atau acara resmi Pokemon.

Throne of Games Pokemon XY Video Game Fun Tournament

Untuk format pertandingan legal (atau disebut dengan Sanctioned Format), digunakan Standard Format, menjadikannya standar format turnamen yang diakui oleh The Pokemon Company International. Standard Format untuk season 2014 dan digunakan dalam Throne of Games Pokemon XY Video Game Fun Tournament ini adalah sebagai berikut.

– Hanya game Pokemon X dan Pokemon Y atau versi digitalnya yang bisa digunakan.

– Pemain dapat menggunakan Pokemon dari Central Kalos Pokedex (#001-#150), Coastal Kalos Pokedex (#001-#153), atau Mountain Kalos Pokedex (#001-#147).

– Pokemon harus ditempatkan di dalam Battle Box.

– Pokemon diperbolehkan untuk Mega Evolve.

– Pokemon di atas level 50 diijinkan, hanya saja akan langsung otomatis turun levelnya menjadi 50 untuk kepentingan durasi pertandingan.

– Pemain dapat menggunakan Pokemon dengan Hidden Ability.

– Pemain dapat menggunakan item yang telah dirilis resmi melalui Pokemon X, Pokemon Y, Pokemon Global Link, atau promosi serta acara resmi Pokemon.

– Pokemon yang digunakan di Standard Format harus berasal dari region Kalos di Pokemon X atau Pokemon Y. Maksudnya, Pokemon yang ditangkap atau ditetaskan di dalam permainan Pokemon X atau Pokemon Y (Pokemon natif). Pokemon yang telah ditransfer ke Pokemon X atau Pokemon Y melalui Pokemon Bank atau Poke Transporter bukanlah Pokemon natif.

Untuk peraturan lengkapnya bisa kamu lihat di sini.

Ayo tunggu apa lagi, bagi kamu yang merasa sebagai seorang Pokemon Trainer langsung saja daftarkan dirimu untuk turut berpartisipasi dalam Throne of Games Pokemon XY Video Game Fun Tournament ini ya!

[ Sumber : Pokemon Official Website (2), Throne of Games at Facebook ]