Spike VGX 2013: Melihat Dari Balik Bayangan di Dalam Trailer Terbaru Thief

Thief-3

Ketika pertama kali dikonfirmasikan awal April lalu, Thief hanya memajang deretan konsol generasi 7 dan PC (dalam bentuk digital download) saja sebagai platform-nya. Namun melihat masa depan next-gen dan kekuatan yang bisa dimanfaatkan untuk memperkaya game tersebut, akhirnya developer Eidos Montreal memutuskan juga merilis versi reboot dari franchise Thief ini untuk PlayStation 4 dan Xbox One pada 25 Februari 2-14 mendatang. Melalui event Spike VGX Award 2013, developer dan Square Enix selaku publisher merilis trailer terbarunya, yang bisa kamu lihat di bawah:

Thief – Channeling the Primal (VGX 2013 Trailer)

Seperti yang sudah kami ulas sebelumnya, Thief baru ini kembali mengambil setting fantasi gelap dengan nuansa perpaduan Victorian dan steampunk. Kamu masih mengendalikan Garrett, master thief yang sudah lama meninggalkan tempat kediamannya, dan ketika kembali hanya menemukan jika kota tersebut sudah berubah menjadi ‘The City’ yang dikuasai seorang tiran bernama ‘The Baron.’ Karena ketimpangan sosial, dimana pengaruh para bangsawan yang terus mendapat tempat yang lebih baik, Garrett ingin merubah stigma tersebut, dengan hanya mencuri dari orang-orang kaya saja.

Thief-2

Seperti Thief yang kita kenal sebelumnya, stealth menjadi elemen utama selama pergerakan Garrett, serta sebisa mungkin menghindari kontak fisik. Gameplay juga dibuat berbasis pilihan, dengan kamu bisa mengeksplorasi beberapa rute yang mungkin dilalui untuk menyelesaikan suatu level. Kamu juga bisa menggunakan lingkungan untuk mendukung semua aksi Garrett, termasuk ketika dia perlu mencuri dari orang lain. Kini sasaran pencurian Garrett dikembangkan dengan AI yang tinggi, sehingga juga bisa sadar akan apa yang ada di sekitarnya, termasuk juga tempat yang berpotensi menjadi titik persembunyian Garrett.

Kamampuan yang dibekalkan pada Garrett seperti adanya mode “Focus”, yang berguna untuk meningkatkan kemampuan Garrett dalam melihat keadaan sekeliling, dan dengan mudah menemukan, misalnya pipa yang mungkin untuk dinaiki, atau lilin yang bisa dimatikan apinya untuk membuat ruangan menjadi lebih gelap. Mode Focus juga berguna untuk melambatkan waktu, sehingga Garrett memiliki lebih banyak waktu dan lebih efektif selama mencuri. Garrett juga bisa menggunakan Focus untuk mendorong musuh, atau melakukan serangan untuk melemahkan musuh. Focus sendiri juga bisa di-upgrade sepanjang permainan agar lebih kuat dan lebih efisien.

Thief-1

Itu kemampuan fisiknya. Selain itu Garrett juga menggunakan senjata, busur-panah yang bisa dilipat dan disebut blackjack, yang cukup ampuh untuk melumpuhkan penjaga, atau sekadar untuk menarik perhatiannya. Melengkapi blackjack, juga ada sebuah cakar yang akan dia gunakan ketika bergantungan di suatu obyek.

Thief-Master-Edition

Memulai debutnya sebagai game PC Windows, Square Enix menawarkan insentif khusus bagi mereka yang membeli versi PC-nya, yang juga hanya ditawarkan dalam bentuk digital download. Mereka yang memesan pre-order edisi spesial Master Thief PC bisa mendaapatkan tambahan item melalui Square Enix Store. Paket PC ini dijual dengan harga $53, dan termasuk di dalamnya game Thief (digital) itu sendiri, digital artbook dan comic, soundtrack, booster pack item in-game yang berguna untuk memperkuat dan mempercepat progress, dan juga map tambahan (Stonemarket First Bank), yang pernah menjadi salah satu misi dalam Thief 2: The Metal Age.

Thief – The Bank Heist Preorder Trailer

Itu untuk PC. Bagi pengguna PS4, Eidos juga tidak begitu sama menyamakan Thief mereka ini seperti pada versi lain. Memainkannya di konsol Sony, kamu bisa menggunakan motion control dan fitur light bar yang dimiliki DualShock 4. Untuk light bar, akan menggambarkan light gem yang ada di dalam UI in-game selama gameplay, dan itu berguna sebagai penegasan apakah Garrett yang dalam persembunyiannya memang sudah sangat tersemnunyi dan tidak akan mudah ditemukan musuh. Lambu pada light bar bakal menyala lebih teran seiring kamu menggerakkan Garrett keluar dari persembunyiaannya.

Kemudian untuk sensor gerakannya, bisa digunakan bersama busur Garrett, memungkinkanmu dengan mudah membidik pada target dengan hanya menggerakkan DualShock 4. Touch pad pada kontroler juga bisa kamu gunakan untuk memeriksa map atau mengeluarkan senjata baru dari keseluruhan arsenal Garrett.


SHARE
Previous articleTerminator: Genesis, Inikah Judul Resmi Film Kelima Terminator?
Next articleSuperman: Flyby, Henry Cavill Sebagai Superman dan Robert Downey Jr. Sebagai Lex Luthor!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.