Review: Nostalgia Melalui Double Dragon Trilogy, Kini Tidak Butuh Koin Untuk Memainkannya

Double-Dragon-Trilogy-3

Penggemar game klasik kembali mendapat angin segar ketika akhir Oktober 2013 lalu DotEmu, developer game mobile yang biasa memberikan port game klasik mengkonfirmasikan trilogi Double Dragon akan mereka siapkan untuk Android dan iOS. Game tersebut akhirnya dirilis minggu lalu, dan menawarkan game dengan tampilan pixelated yang memorable dari Double Dragon, Double Dragon II: The Revenge, dan Double Dragon III: The Rosetta Stone untuk bisa dimainkan kembali dalam satu kompilasi Double Dragon Trilogy.

Double-Dragon-Trilogy-2

Benar-benar menjadi nostalgia, DotEmu tidak banyak merubah game orisinalnya yang dibuat oleh Technos Japan. Semua yang kamu sukai dari serial klasiknya yang dulu familiar dimainkan banyak gamer era 80-an di Arcade Center atau konsol 8-bit, didapatkan kembali di sini. Game side-scrolling beat ’em up ini direvisi bukan sekadar grafis yang disesuaikan untuk resolusi yang lebih lebar (namun tetap terlihat pixelated), namun juga ada dukungan kontroler Bluetooth, kontrol pada layar sentuh yang bebas kamu kustomisasi, beberapa pilihan tingkat kesulitan, online leaderboard, dan juga mode koperatip secara lokal memanfaatkan koneksi Bluetooth.

Double-Dragon-Trilogy-4

Mereka yang pernah memainkan game klasiknya, bisa langsung mengenali atmosfer game ini, plot cerita yang mengesankan unsur misoginis — Marian, kekasih karakter utama yang kamu kendalikan (Billy dan Jimmy) diculik, disiksa dan mendapat perlakuan keras yang diperlihatkan secara gamblang, dan juga termasuk tingkat kesulitannya yang memang tinggi. Namun untuk port ini, kamu mendapatkan tiga mode difficulty. Mulai Mobile, yang lebih mudah dan ditujukan bagi pemain baru, Original, atau tingkat kesulitan standar, dan juga Expert, yang membuat musuh bergerak lebih agresif. Tingkat kesulitan itu bukan sekadar merubah health dan damage yang bisa dihasilkan musuh, namun mereka juga merubah taktik untuk menyerangmu.

Double-Dragon-Trilogy-5

Bagian ubahan DotEmu untuk perangkat mobile, kamu bisa memainkannya menggunakan touchpad virtual, yang bekerja dengan baik, khususnya jika kamu memainkannya di perangkat berlayar lebar. Namun jika ukuran layar menjadi masalah, kamu masih bisa menyesuaikan ukuran tombol agar bisa lebih nyaman. Hanya saja terkadang menekan tombol pada layar tidak diterjemahkan dengan baik. Kami lebih menyarankan memainkan game ini menggunakan kontroler eksternal saja.

Double-Dragon-Trilogy-6

Di sisi grafis, atmosfernya sama, karena memang tidak ada ubahan berarti dari DotEmu. Hanya terlihat lebih bersih, dan animasinya juga lebih lembut. Bahkan Billy dan Jimmy tampil pixelated untuk mengesankan mereka adalah jagoan dari era 80-an! Kamu juga bisa memilih beberapa opsi tampilan layar selama memainkannya, entah itu klasik dengan aspek 4:3 dan tombol ditempatkan pada kedua sisinnya, atau tampilan fullscreen dengan aspek 16:9 dengan tombol yang diposisikan melayang menutupi sebagian kecil interface-nya. Selain tampilannya, juga ada dua opsi soundtrack yang bisa kamu dengarkan selama bermain (baik 8-bit atau versi remastered), serta sedikit pengenalan sejarah serial game ini, yang pasti berguna bagi mereka yang baru mengenal Double Dragon.

Double-Dragon-Trilogy-7

Seperti tipikal game remake dari DotEmu lainnya, Double Dragon Trilogy bisa menjadi sarana nostalgia terbaik bagi mereka yang menyukai game side-scrolling beat ’em up. Apalagi di sini kita mendapatkan tiga konten sekaligus dengan harga yang masuk akal. Untuk iOS, DotEmu menjualnya seharga US $2.99, sedangkan di Android bisa didapatkan dengan harga US $3.70. Hanya satu yang kami sayangkan, kontrol touchscreen feedback-nya kurang, lebih baik menggunakan kontroler Bluetooth saja ketika memainkannya.

DOUBLE DRAGON TRILOGY – IOS / ANDROID TRAILER (official)

Oh ya, juga bisa menjadi nostalgia bagi kalian penggemar Double Dragon, di bawah ada trailer versi film live action-nya, yang dirilis pada tahun 1994 lalu. Film tersebut dibintangi Mark Dacascos dan Scott Wolf sebagai dua bersaudara Jimmy dan Billy Lee, serta Alyssa Milano yang memerankan Marian Delario.

DOUBLE DRAGOON (1993) HD TRAILER


SHARE
Previous articleUpdate Sistem 3DS Versi 7.0.0-13U Kini Sudah Tersedia untuk Diunduh
Next articleMainkan Sasha di Attack on Titan: The Last Wings of Mankind!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.