Dua Tablet Google Play Edition dan Satu Nexus 7 Menjadi Menu Baru Play Store

LG-G-Pad-8.3-GPE-2

Kurang rasanya jika momen akhir tahun yang biasanya dijadikan sebagai momen yang tepat untuk berbelanja, tidak dibarengi dengan banyak pilihan “mainan” mahal yang sanggup menggoda para gadgeter merogoh koceknya lebih dalam. Seperti yang dilakukan Google kemarin. Raksasa search engine tersebut memperkenalkan dua keluarga baru Android Google Play, sekaligus varian baru dari tablet Nexus 7.

LG G Pad 8.3 Google Play Edition

LG-G-Pad-8.3-GPE-4

Mulai dengan LG, yang setahun belakangan sepertinya lebih sukses mendekatkan diri kepada Google dibandingkan Samsung atau Asus. Rumor yang sebelumnya menyebutkan jika LG kembali ditunjuk membuat sebuah tablet Nexus menjadi kenyataan. Semalam LG mengkonfirmasikan tablet pertama yang langsung built in Android 4.4 KitKat, dan sudah ditawarkan di Play Store, dan sekaligus juga menjadi tablet Google Play Edition (GPE) pertama (sebelumnya ada Galaxy S4 dan HTC One yang mendapat predikat smartphone Google Play Edition).

Meskipun tidak mendapat label Nexus, namun dibandingkan LG G Pad yang menjadi basisnya, LG G Pad 8.3 GPE ini membawa banyak aroma Google. Seperti stock launcher Android, dan apa yang kamu harapkan dari sebuah tablet Nexus juga hadir dalam tablet berukuran layar 8.3-inchi ini, yang mana pasti lebih lega layarnya dibandingkan tipikal Nexus 7. Memang ada Nexus 10 produksi Samsung, namun ukurannya juga bukan favorit semua kalangan, sekaligus juga harganya yang tinggi.

LG-G-Pad-8.3-GPE-5

Dengan dimensi layar 8-inchi, penulis sendiri juga menilai ukuran tablet ini sangat pas di tangan. Tidak terlalu kecil seperti tipikal tablet 7-inchi, dan tidak terlalu besar seperti pilihan di atasnya. Selain itu, LG G Pad 8.3-inchi ini layarnya juga sudah full HD 1200 x 1920-pixel, ditenagai mesin Snapdragon 600 sama seperti LG G Pro, dengan kecepatan tiap core prosesor quad-nya pada 1.7GHz, ada internal storage 16GB, 2GB RAM, kamera 5.0-megapixel dan 1.3-megapixel di depan, baterai 4,600mAh, dan menjalankan Android 4.4 KitKat dengan sedikit modifikasi software oleh LG. Nantinya akan ditawarkan dalam pilihan warna Hitam dengan harga US $349 melalui Play Store, walaupun tidak disebutkan kapan tanggal rilisnya.

Selain LG G Pad 8.3, saat ini LG juga dirumorkan ditunjuk Google untuk mengerjakan Nexus 10-inchi versi 2013, yang diduga juga akan segera dikonfirmasikan.

Sony Xperia Z Ultra Google Play Edition

Sony-Xperia-Z-Ultra-GPE-1

Perangkat lainnya yang masuk daftar perangkat GPE adalah Sony Z Ultra. Versi Google Play Edition makin melengkapi koleksi Android dengan dukungan software penuh dari Google di Play Store, dan kesempatan merasakan update software Android lebih awal — setidaknya berada di urutan kedua setelah Nexus untuk urusan ketersediaan update software.

Masuknya Xperia Z Ultra GPE ini makin mengaburkan piluhan tablet dan smartphone Android di Play Store. Dengan dimensi 6.44-inchi, Xperia Z Ultra GPE menjadi smartphone terbesar di dunia. Dan tentu saja mendapat label GPE, kita harus rela membuang semua polesan software yang diberikan Sony dalam versi biasanya, akan menjalankan stock Android dengan sedikit saja modifikasi interface dari Sony menghiasinya. Seperti versi aslinya, kamu mendaptkan bidang 6.44-inchi dengan resolusi full HD 1080 x 1920-pixel, mesin utama Snapdragon 800, kombinasi kamera 8 dan 2-megapixel, 2GB RAM dan internal 16GB. Yang melegakan, tidak seperti GPE-nya LG, kamu masih mendapatkan slot micro SD di sini.

Sony-Xperia-Z-Ultra-GPE-2

Tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan smartphone raksasa yang slim (ketebalannya 6.5 mm) namun dengan baterai besar 3,050 mAh dan bersertifikat anti debu air ini, karena Google sudah menawarkannya melalui Play Store-nya, dan dijual secara unlocked dengan harga US $649, atau lebih rendah sekitar $50 dari Xperia Z Ultra yang biasa.

Asus Google Nexus 7 White 32 GB

Dan untuk melengkapi pasar digital Google untuk mereka yang lagi mencari tablet baru, hari ini Google merilis Nexus 7 edisi 2013 dengan pilihan warna baru, yaitu putih. Meskipun spesifikasinya masih sama seperti sebelumnya, untuk yang warna putih ini langsung mengajukan internal storage 32GB.

Sayangnya tidak seperti Nexus 7 warna hitam dengan internal 32GB, yang putih ini hanya ditawarkan dalam koneksi WiFi saja. Belum ada kabar apakah Google akan menawarkan yang versi 3G atau yang internalnya 16GB juga ada yang berwarna putih. Untuk 32GB Nexus 7 putih ini Google mematok harga US $269, dan diklaim bisa tersedia dalam 1 – 2 hari ke depan.

Asus-Nexus-7-White

Dibandingkan model pertamanya yang berwarna hitam, Nexus putih ini terlihat bersih di sisi belakang dan pinggiri kiri-kanannya. Sedangkan di sisi depan, khususnya bezel di sekitar layar masih tetap berwarna hitam. Spesifikasinya jika kamu lupa, ada layar 7-inchi dengan resolusi 1200 x 1920-pixel dan kerapatan 323-ppi. Chipset utamanya Snapdragon S4 Pro dengan empat inti prosesor yang kecepatannya 1.5GHz dengan 2GB RAM, dan juga didukung GPU Adreno 320, kamera epan 1.2 megapixel, kamera belakang 5 megapixel, baterai 3950 mAh dan mendukung wireless charging.

[cb type=”company”]LG[/cb]

[cb type=”company”]Asus[/cb]

[cb type=”company”]Google[/cb]

Sumber: LG, Play Store


SHARE
Previous articleMGS V: Ground Zeroes Dapatkan Jadwal Rilis, Plus Misi Eksklusif untuk Xbox
Next articleGet Ready for Qeon’s 4 Cool Events for Heva Online!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.