Lumia Dengan OS Android Masih “Hidup,” Kini Dikenal Sebagai Normandy!

Nokia-Android-2

Pertengahan September lalu sempat muncul rumor jika Nokia diam-diam mengembangkan proyek smartphone ber-OS Android. Saat itu Nokia Lumia dengan OS Android tersebut baru dikenal dengan kode nama “Mountain View.” Namun karena rencana akuisisi divisi hardware Nokia oleh Microsoft, banyak yang menyangsikan jika rencana tersebut akan terealisasi. Benarkah?

Kabar terbaru yang kami dapatkan, rupanya Nokia tidak menghentikan agenda Moutain View, dan saat ini Lumia dengan OS Android tersebut mendapatkan julukan baru dengan kode nama “Normandy”. Perangkat baru mereka ini disebut-sebut akan menjadi pengembangan Android yang lebih eksklusif, seperti bagaimana Amazon memoles keseluruhan OS Android untuk tablet Kindle-nya.

Kabar yang saat ini beredar, para pegawai di Nokia sudah mendapat informasi jika Nokia ber-OS Android tersebut akan dirilis tahun depan, dan saat ini status pengembangannya makin dipercepat. Sumber kami juga menyebutkan jika “Normandy” bakal diposisikan sebagai versi Asha dari Android yang kita kenal, menawarkan hardware ekonomis yang masih mampu menjalankan tipikal aplikasi dan layanan Android yang eksis hingga saat ini. Hal itu juga mengindikasikan jika Normandy sekadar coba-coba saja, serta akan ditujukan untuk pasar negara berkembang yang masih sensitif terharap harga gadget.

Penampakan Normandy yang sempat dibocorkan oleh akun Twitter Evleaks!

Jika benar rencana pengembangan Normandy ini masih terus berjalan, yang menjadi pertanyaan apakah Microsoft yang saat ini sudah diambang kepemilikan divisi hardware Nokia akan mengijinkannya. Jika Normandy benar di-ACC, jelas banyak yang menyambut kabar ini, terutama mereka yang kangen merasakan kembali kualitas built sebuah Nokia, dengan OS Android tentunya.

Sumber: The Verge


SHARE
Previous articleGemscool Siap Selenggarakan Grand Final Point Blank Super Cup!
Next articleWarner Bros. Akhirnya Rilis Trailer Pertama Godzilla
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.