Screenshot Perdana Final Fantasy VI Mobile

ffvi1

Square Enix menggoda fans Final Fantasy klasik dengan screenshot remake Final Fantasy VI mobile (iOS dan Android). Meski belum ada informasi apapun tentang gameplay maupun fitur tambahan, setidaknya dua screenshot ini sudah menunjukkan bagaimana kira-kira wujud Final Fantasy VI remake.

Game yang terakhir kali diremake pada tahun 2006 ini tampaknya kabarnya akan dirilis pada akhir Desember 2013. Itu berarti beberapa minggu lagi. Tentu saja, akan lebih bagus jika Square Enix menambahkan beberapa fitur baru dan merilisnya di kuartal pertama 2014.

ffvi2

Final Fantasy VI pertama kali dirilis pada tahun 1994 untuk SNES. Karya Hironobu Sakaguchi ini dianggap sebagai Final Fantasy klasik terbaik. Bahkan oleh beberapa orang masih dianggap sebagai Final Fantasy terbaik sepanjang jaman. Awalnya dirilis dengan judul Final Fantasy III untuk pasar Amerika Serikat, kemudian di-remake dengan judul yang benar untuk PlayStation di tahun 1999. Versi ‘Advance’ yang memberikan beberapa dungeon baru dirilis di GameBoy Advance pada tahun 2006. Selain itu game ini juga pernah beberapa kali dibangkitkan dalam versi digital di PSN (untuk PSP dan PS Vita) di tahun 2011 dan Virtual Console (Wii dan Wii U) yang juga di tahun 2011.

Kita bisa melihat dari tampilan screenshotnya, versi mobile ini akan lebih halus. Menghilangkan gaya sprite klasik seperti di versi asli maupun GBA. Sayangnya tidak semua orang suka dengan gaya pastel ini. Silakan nilai sendiri perbandingan tampilan versi orisinil (SNES, dan port PlayStation), versi Advance (GBA), dan versi Mobile (iOS/Android) berikut:

ffvioriffviorigbaffviomobile

Sampai dengan naskah ini ditulis, saya masih berharap Square Enix akan membuatkan remake 3D ala Final Fantasy III dan IV (juga The After Years). Namun tampaknya harapan itu harus pupus, mengingat Final Fantasy V juga belum pernah diremake dengan gaya begitu.

Belum ada kepastian soal harga, saya yakin Square Enix akan mematok harga sekitar $18.00, seperti harga Final Fantasy remake versi mobile lainnya. Overpriced? Bisa jadi. Namun saya tetap akan beli (bukan hanya download dan install .apk-nya) demi melihat bajingan ini tertawa terbahak-bahak dalam tampilan terbaru:

kefka


SHARE
Previous articleQeon Menunda Jadwal CBT Clash of Gods Hingga Februari 2014 Mendatang
Next articleMelihat Detail Edisi Terbatas Sword Art Online: Hollow Fragment
Mengawali karier menulisnya pada tahun 1997 sebagai kontributor rubrik game majalah Mentari Putera Harapan. Namanya mulai dikenal setelah dia turut membidani lahirnya majalah game pertama di Indonesia, Game Master. Begitu banyak majalah yang lahir dari buah pemikirannya. Sebut saja Game Master, 3D Magazine, Ultima Nation, hingga Zigma dan Omega. Tidak hanya dikenal sebagai jurnalis dan konseptor, GrandC juga seorang penulis cerita. Saat ini dia banyak disibukkan dengan pengembangan Vandaria, dunia fiksi ciptaannya.