Setelah Jam Tangan dan Kacamata Cerdas, Muncul Tren Wearable Device Baru, Smart Ring!

Smarty-Ring-3

Makin banyak saja perangkat wearable device cerdas yang mampu terhubung dengan smartphone dan tablet di masa datang. Beberapa yang sudah familiar kita dengar seperti berbentuk jam tangan cerdas alias smart watch, atau kacamata multifungsi yang mulai dikenalkan oleh Google melalui Google Glass.

NFC-Ring-1

 

Perangkat wearable juga makin berkembang, bahkan kini bisa masuk sebagai bagian perkembangan mode. Seperti jenis barunya ini, smart ring. Agustus lalu NFC Ring mengawali kisah baru perangkat wearable dengan wujud cincin. Menggalang pendanaan melalui crowfunding terbesar Kickstarter, NFC Ring berhasil mencapai target hanya dalam 3 hari saja, bahkan pada penutupannuya, dana yang terkumpul hingga lebih dari 8x dari target, mencapai lebih daru US $375,000, atau sekitar Rp. 4.7 milyar, jauh dari target awal sekitar Rp. 500 jutaan! Jumlah yang sangat besar, apalagi melihat fungsi cincin ini yang paling masuk akal, ketika dikenakan di jari, bakal mempermudah penggunanya membuka kuncian sebuah smartphone atau tablet, yang tentunya juga harus memiliki NFC.

Smarty Ring

Smarty-Ring-5

Selain NFC Ring, kini ada lagi perangkat wearable serupa yang lebih hi-tech, yaitu Smarty Ring. Saat ini cincin tersebut juga menggalang pendanaan melalui Indiegogo, dan membawa konsep cincin yang bisa berhubungan dengan smartphone / tablet beberapa tingkat lebih tinggu. Smarty Ring ini pun lebih cocok disebut sebagai smartwatch, namun dibentuk seperti cincin. Dan jelas, karena bentuknya yang sangat mini seukuran cincin, kemampuannya pun jauh dari smartwatch lainnya seperti yang ditawarkan Sony, Samsung atau Qualcomm. Lihat saja video perkenalannya di bawah.

Melihat sekilas presentasi video di atas, kita bisa melihat fungsi cincin yang satu ini jauh lebih advance dari NFC Ring yang diperlihatkan sekadar untuk membuka kunci suatu smartphone atau tablet. Dari video tersebut bisa disimpulkan Smarty Ring memiliki layar LED, speaker mungil, hingga terkoneksi dengan perangkat Android dan iOS melalui modul Bluetooth 4.0. Layarnya akan terus menyala menunjukkan jam, selain juga beberapa ikon notifikasi dan bahkan bisa digunakan untuk mengendalikan musik.

Smarty-Ring-4

Fungsi jam Smarty Ring juga disebutkan bisa menampilkan beberapa zona waktu, stopwatch, sekaligus timer, menerima atau menolak panggilan masuk, mengirim perintah untuk mengaktifkan kamera, dan otomatis berbunyi ketika smartphone yang terhubung dengannya menjauh dari wilayah jangkauan Bluetooth-nya.

Cincin ini juga dibuat anti air, serta bisa di-charge secara nirkabel menggunakan papan charger custom (seperti terlihat pada gambar di bawah). Ukurannya bervariasi, mulai dari 5 (diameter 15.7mm) hingga 15 (diameter 23.83mm, dan itu seharusnya bisa cocok untuk semua jari mereka yang tertarik untuk mendukung pendanaan tersebut.

Smarty-Ring-2

Sampai saat ini Smarty Ring sudah berhasil melampaui target pendanaan mereka, yang hanya mematok US $40,000 di Indiegogo. Campaign tersebut sudah berhasil mengumpulkan US $276,551, atau 7 kali lebih besar dari target awalnya. Kamu yang berniat mendapatkannya, bisa menyumbang dan mendapatkan beberapa pilihan. Mulai basic “Tracker” tanpa adanya pengingat dan fungsi kontrol smartphone yang meminta jaminan US $50, atau model Clock dengan tambahan fungsi alarm dan waktu yang harganya $70, model Remote dengan kendali jam dan musik seharga $100, serta model tertingginya dengan semua fungsi tersebut, meminta janji dukungan sebesar US $175. Smarty Ring memperkirakan semua cincin bisa dikirimkan April 2014 mendatang.

Smarty-Ring-6

Bagaimana menurut kalian Citizen, setelah kacamata, lalu jam tangan, dan kini cincin pun dibuat makin cerdas. Perangkat wearable ini diciptakan bukan sekadar untuk membantu kita berinteraksi dengan gadget mobile modern, namun pada perkembangannya juga bisa menjadi bagian mode dan tren baru. Jam tangan cerdas seharga 2 jutaan, kacamata yang harganya bisa mencapai 10 jutaan namun mengantarkan semua notifikasi jejaring sosial langsung di depan mata, plus kini cincin dengan harga 2 jutaan yang ternyata juga mampu membantu penggunanya mengendalikan musik. Lama-lama perangkat wearable ini bisa menggantikan fungsi perhiasan berbahan logam mulia ya…

Sumber: Smarty Ring


SHARE
Previous articleKonfirmasi Collector’s Edition Lightning Returns: Final Fantasy XIII
Next articleGrand Theft Auto: San Andreas Sudah Dirilis, iOS Menjadi yang Pertama Mendapatkannya
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.