Meme Paling Populer Sepanjang 2013

Di penghujung tahun 2013 ini kami menyempatkan diri untuk menengok ke belakang, melihat berbagai meme baru yang bermunculan. Mari kita bahas beberapa meme yang pantas mendapat predikat paling populer sepanjang tahun ini.

Meme Paling Populer Sepanjang 2013

Meme Paling Populer Sepanjang 2013

Wikipedia mendefinisikan meme sebagai "an idea, behavior, or style that spreads from person to person within a culture." Ini berarti meme adalah sebuah tindakan yang dapat ditransmisikan ke satu pikiran ke pemikiran lain, dalam berbagai bentuk, yang kemudian mereplika diri sendiri, termutasi, dan berkembang memperkaya budaya (dalam hal ini budaya pop).

Di penghujung tahun 2013 ini kami menyempatkan diri untuk menengok ke belakang, melihat berbagai meme baru yang bermunculan. Kami melihat beberapa meme yang pantas mendapat predikat meme paling populer sepanjang tahun. Sorry, Ridiculously Photogenic Guy dan Bad Luck Brian, kalian dikalahkan oleh meme baru yang jauh lebih lucu dan adorable.

Yap, "Doge" yang biasanya digambarkan dengan wajah bingung seekor anjing Shiba Inu, secara resmi telah menjadi top meme di KnowYourMeme untuk 2013. Harlem Shake yang menggemparkan tahun lalu dengan 1 miliar view di YouTube dalam 40 hari tetap tak bisa menyamai daya tarik anjing lucu ini.

Mari kita lihat beberapa meme paling populer sepanjang 2013 ini:

Meme Paling Populer Sepanjang 2013

Doge

Doge adalah bahasa slang dari "dog". Meme ini pertama kali muncul di Tumblr, dan kemudian meledak di Reddit dan 4chan.

Doge menggambarkan tentang pemikiran dari seekor anjing (shiba). Belakangan doge tak hanya diasosiasikan dengan anjing, namun dengan pola pemikiran bodoh. Bodoh, karena anjing hanya memiliki intelejensi serupa dengan anak berusia 2 tahun. Mungkin itu pula sebabnya 'pikiran' doge tertulis dengan font comic sans yang bodoh.

Meme Paling Populer Sepanjang 2013

Meme Paling Populer Sepanjang 2013

Meme ini begitu populer, sampai-sampai YouTube membuat easter egg khusus tentang doge. Coba saja ketikkan 'doge meme' di kolom search YouTube.

Meme Paling Populer Sepanjang 2013

Harlem Shake

Menurut Urban Dictionary, Harlem Shake adalah ‘An eccentric upper body dance move that involves the shaking of the upper torso and shoulders.’ Ini adalah gaya dance yang dikenalkan di tahun 1981 oleh Al Bm di Harlem, New York. Konon dance ini memberi banyak pengaruh kepada artis hip-hop New York, macam P. Diddy, Jadakiss, dan Cam’ron.

Harlem Shake meledak pada bulan Februari 2013 ketika TheSunnyCoastSkate dan PHL_On_NAN mengunggah video parodi Harlem Shake mereka di YouTube. Hanya dalam waktu 24 jam, video ini telah ditonton 300.000 views.

Pada minggu kedua di bulan Februari, lebih dari 4.000 video Harlem Shake diunggah di YouTube. Ini menunjukkan begitu populernya meme ini. YouTube bahkan mengumumkan "The Harlem Shake Has Exploded".

Wrecking Ball

Single kedua Miley Cyrus di album Bangerz ini menjadi perhatian dunia, apalagi setelah aksinya yang kontraversial di MTV Video Music Award 2013.

Meskipun video klip Wrecking Ball melejit di YouTube, klip ini direspon sangat negatif oleh kritikus. Pada hari video itu dirilis, New York Daily News menyebut video itu terlalu seronok. Hari berikutnya, Fox News menayangkan sejumlah tweet negatif dari fans yang kecewa dengan video tersebut. Pada tanggal 10 September, pengguna Vine bernama Frank McDonald mengunggah parodi pertama Wrecking Ball. Nah, pada saat itulah meme ini lahir.

Pada minggu-minggu berikutnya parodi Wrecking Ball bermunculan di puluhan situs dan blog pop culture, termasuk Billboard, Chicago Now, Adweek, The Pet Collective, CollegeHumor, Mashable, Heavy, sampai dan AOLOn. Simak beberapa di antaranya dalam video kompilasi berikut.

Unflattering Beyonce

Meme semacam ini yang membuatku betah sekali browsing situs bercandaan macam 9gag. Kita mengenal Beyonce sebagai sosok artis yang cantik. Namun ketika tampil enerjik di Super Bowl XLVII, Beyonce menjadi bahan ketawaan seluruh dunia.

Meme Paling Populer Sepanjang 2013

Meme Paling Populer Sepanjang 2013

Buzzfeed pertama kali mem-post artikel berisi kompilasi gambar post-Super Bowl berjudul 'The 33 Fiercest Moments From Beyoncé’s Halftime Show'. Perlu diingat, artikel ini bukan untuk mengolok-olok Beyonce. Masalah baru timbul ketika pihak managemen Beyonce (dai Schure Media) meminta Buzzfeed menghapus gambar-gambar tersebut. Buzzfeed melakukannya, dengan menunggah email dari Schure Media. Masyarakat internet yang penasaran pun jadi ingin tahu, dan BAM!! Muncullah meme seperti berikut:

Meme Paling Populer Sepanjang 2013

Meme Paling Populer Sepanjang 2013

Meme Paling Populer Sepanjang 2013

Meme Paling Populer Sepanjang 2013

Moral of the story: Jangan mudah tersinggung dengan hal-hal kecil. Jangan sampai tindakanmu terhadap hal kecil itu malah mendatangkan hal besar yang tak kamu inginkan.

Hadokening / Vadering

Hadokening, atau dikenal juga dengan sebutan Makankosappo, populer pertama kali di Jepang, lewat user Twitter bernama @mkpiiii9. Ia menampilkan foto dirinya sedang menghempaskan beberapa orang.

https://twitter.com/mkpiiii9/statuses/316039228045787136

Tweet ini menyebar begitu cepat di Jepang, dan kemudian ditiru oleh banyak orang. Istilah Hadokening sendiri baru muncul di Reddit, dalam sebuah post berjudul “HADOKEN-ing. The latest craze in Japan." Post ini di-vote lebih dari 42.000 voters dengan 1.990 komentar dalam 24 jam. Buzzfeed, Vice Magazine, dan ABC News kemudian mengulasnya dalam berbagai artikel.

Meme Paling Populer Sepanjang 2013

Meme Paling Populer Sepanjang 2013

Serupa dengan Hadokening, di akhir Maret, seorang pengguna Twitter bernama Rob Martinez mengunggah fotonya sedang melakukan Force Choke, signature move Darth Vader. Foto ini juga begitu cepat menyebar dan menjadi sensasi internet.

Meme Paling Populer Sepanjang 2013

Meme Paling Populer Sepanjang 2013

Meme Paling Populer Sepanjang 2013

Anak Curhat di Taman

Lain di Jepang, lain pula di Indonesia. Bersama dengan boomingnya social media baru khusus smartphone bernama Path, booming pula meme Finding Neverland, yang disebut dengan istilah baru 'Anak Curhat di Taman'. Itu loh, komik strip tiga kolom tentang anak kecil dan om-om (Johnny Deep) di kursi taman.

Meme Paling Populer Sepanjang 2013

Mari kita simak beberapa komik lucu si Anak Curhat:

Meme Paling Populer Sepanjang 2013 Meme Paling Populer Sepanjang 2013 Meme Paling Populer Sepanjang 2013 Meme Paling Populer Sepanjang 2013 Meme Paling Populer Sepanjang 2013

LINE Meme

Lain Path, lain juga Line. Layanan chat dari Jepang ini juga melahirkan banyak komik meme lucu. Ini tidak mengherankan, pasalnya Line memang memiliki maskot-maskot lucu, seperti Brown si beruang cokelat dan Cony si kelinci putih. Stiker-stiker mereka yang lucu pun memacu kreativitas banyak orang untuk membuat meme yang lucu. Uniknya meme Line ini paling meledak di Indonesia. Hal ini pun di-endorse langsung oleh Line, yang membuat kompetisi komik lucu Line.

Meme Paling Populer Sepanjang 2013 Meme Paling Populer Sepanjang 2013 Meme Paling Populer Sepanjang 2013 Meme Paling Populer Sepanjang 2013

Simak juga video lucu ini:

Itu tadi beberapa meme pilihan Duniaku.net. Bagaimana denganmu? Apa ada meme lain yang menjadi favoritmu tahun ini?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU