Valve Mulai Bagikan 300 Unit Steam Machine Versi Beta

Steam Machine versi Beta
Steam Controller

Seperti yang sudah dijanjikan saat konfirmasi perdana Steam Machine beberapa bulan lalu, akhirnya mulai akhir pekan kemarin Valve mulai membagi-bagikan versi beta-nya. Steam Machine versi beta ini dibagikan kepada sekitar 300 beta tester yang beruntung dan berdomisili di US. Yang unik, masing-masing unit diberikan penanda lewat sebuah lubang ventilasi yang ada di bagian atas badan konsol, yang menunjukkan nomor produksi dari Steam Machine tersebut. Lubang ventilasinya sendiri terdapat 300 buah, dan tester bisa menghitung berapa nomor produksi konsol yang diterima dengan mencari lubang ventilasi yang memiliki pinggiran berbeda.

Steam Machine Versi Beta
Lubang ventilasi yang menandakan nomor produksi

Steam Machine dibagikan kepada para tester lewat sebuah kemasan kayu yang eksklusif. Dalam packing kayu tersebut, tester mendapatkan satu unit Steam Machine, satu Steam Controller, dan beberapa kabel-kabel pendukung. Selain itu, terdapat juga sebuah buku manual untuk mulai mengoperasikan konsol (atau PC gaming) tersebut. Valve sendiri sudah mengkonfirmasikan, bahwa Steam Machine versi beta ini memiliki spesifikasi yang setara dengan PC high end, yang sepertinya menjadi perwujudan awal dari Steam Machine paling mahal yang akan masuk ke pasaran nantinya.

Steam Machine Versi Beta
Packing kayu dari Steam Machine
Steam Machine Versi Beta
Steam Machine dan Steam Controller

Berikut ini adalah spesifikasi Steam Machine versi beta yang sudah dikonfirmasikan oleh Valve:

  • GPU: beberapa unit menggunakan NVidia Titan, beberapa lainnya menggunakan GTX780, GTX760, dan juga GTX660
  • CPU: beberapa unit menggunakan Intel i7-4770, beberapa lainnya menggunakan i5-4570, atau i3
  • RAM: 16GB DDR3-1600 (CPU), 3GB DDR5 (GPU)
  • Storage: 1TB/8GB Hybrid SSHD
  • Power Supply: Internal 450w 80Plus Gold
  • Dimensions: Approx. 12 inch (30cm) x 12.4 inch (31cm) x 2.9 inch (7.3cm)

Steam Machine ini bersifat upgradeable, sehingga user bisa bebas mengganti-ganti hardware yang disematkan di dalamnya. Bahkan Valve menjanjikan kemudahan dalam meng-upgrade Steam Machine, sehingga siapapun bisa dengan mudah melepas dan memasang komponen di dalamnya. Bagi pengguna Steam yang sudah memiliki PC dengan spesifikasi sangat tinggi, nantinya Valve juga menyediakan Steam Machine low end, yang hanya digunakan sebagai perantara streaming konten dari PC ke perangkat televisi. “Terdapat banyak pengguna Steam yang sudah memiliki hardware hebat di rumah dalam bentuk PC yang powerful. Prototype yang kita bicarakan disini bukan berarti untuk menggantikannya. Beberapa user akan senang memiliki satu cara untuk menjembatani jarak di ruang tamu tanpa harus meninggalkan hardware yang sudah ada dan tanpa menghabiskan banyak uang,” ungkap Valve dalam pernyataan resminya.

Steam Machine Versi Beta
Kelengkapan Steam Machine versi Beta

Kabarnya, Valve siap menjual Steam Machine ini tahun depan. Steam Machine ini adalah salah satu perwujudan ambisi Valve untuk memasuki ruang keluarga, dan akan dipersenjatai dengan Steam OS yang juga memulai fase beta-nya bersamaan dengan perilisan Steam Machine tersebut.

[Sumber: Kotaku,[2]]


SHARE
Previous articleInterstellar, Film Terbaru Christopher Nolan Rilis Trailer Pertamanya
Next articleBlack Market, Kompilasi Cheat, Tips dan Guide Video Game
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.