Mengenal Lebih Dekat Lyto Mobi, Platform Game Mobile Baru dari Lyto

Lyto Mobi

Dua publisher Indonesia sudah mengumumkan aktivitas mereka yang terjun sebagai publisher game mobile. Kreon lewat divisinya Kreon Mobile sudah lebih dulu meluncurkan GemStore pada akhir bulan lalu dengan dua game awal. Langkah ini akan segera diikuti dengan Lyto, yang siap juga meluncurkan platform Lyto Mobi dalam waktu dekat. Selain menyediakan game untuk konsumsi pasar mobile, keduanya juga memiliki misi untuk memajukan industri game di Indonesia dengan menghadirkan game-game dari developer Indonesia. GemStore siap mempublikasikan dua game yang menjadi jawara GemFest 2013 lalu, Wafer Factory dan GoGoGong, sedangkan Lyto Mobi siap menjadikan Faunia Paw, jawara IGS 2013 lalu sebagai salah satu game awalnya.

Nah, kali ini Duniaku mendapatkan kesempatan untuk berbincang-bincang dengan Christian Lyman, Director dari Lyto Mobi. Christian banyak berbicara mengenai latar belakang pembentukan Lyto Mobi, bagaimana strategi mereka memasuki pasar game mobile di Indonesia, hingga terbukanya kesempatan bagi developer Indonesia untuk bekerja sama dengan mereka. Yuk kita simak bersama!

Duniaku (D): Apa yang mendasari Lyto untuk merilis Lyto Mobi ini?

Christian (C): Kita melihat bahwa trend mobile game yang saat ini semakin berkembang dan memiliki potensi besar di masa depan dunia game secara global. Saat ini makin banyak game mobile yang berkualiatas dihasilkan oleh para developer game termasuk juga developer game dari Indonesia. Lyto melalui berbagai kesempatan diskusi bersama developer gameIndonesia melihat bahwa Indonesia memiliki potensi dan bakat besar dalam pasar global mobile game namun developerIndonesia mengalami kesulitan dalam mempublikasikan game hasil kreasi mereka. Lyto Mobi ini bisa menjadi solusi  untuk mempublikasikan potensi besar game-game buatan developer Indonesia.

D: Menurut Lyto sendiri, seperti apa pangsa pasar game mobile di Indonesia?

C: Pangsa pasar game Indonesia sangat besar dan mayoritas gamer Indonesia suka bermain game di smartphone mereka. Kehadiran smartphone Android dan IOS ini juga melahirkan banyak sekali gamer baru terutama segmen gamer casual. Kita mengatakan bahwa mereka adalah gamer baru karena  gamer baru ini pada awalnya mungkin tidak memiliki hobby gaming ataupun sudah lama pensiun game karena kesibukan sehari-hari. Namun karena penggunaan smartphone sudah menjadi life style sehari-hari dan banyak interaksi dari sesama temannya dalam bermain game sehingga diapun ikut mencoba untuk bermain game mobile di smartphonenya tersebut.

Lyto Mobi

D: Fitur apa saja yang akan ditanamkan dalam Lyto Mobi nantinya, selain menyediakan game?

C: Lyto Mobi nantinya akan merupakan publisher mobile game di Indonesia. Selain meyediakan game, kedepannya kita juga memberikan fitur SNS (pertemanan) yang nantinya bisa digunakan dalam invite teman bermain game bersama, list achievement, leaderboards dan sebagainya

D: Untuk item atau game yang berbayar, bagaimana dengan sistem pembayarannya? Adakah kerja sama dengan pihak lain untuk payment gateway-nya?

C: Pada dasarnya semua game di Lyto Mobi adalah free, namun kami juga ingin berusaha memberikan kemudahan bagi gamer yang ingin melakukan in-game purchase dengan memberikan berbagai solusi pembayaran yang cocok dengan gamer. Kita pastinya akan bekerjasama dengan berbagai payment gateway. Untuk lanching nanti, Lyto Mobi akan menggunakan MyGame-On yang sangat mudah didapatkan gamer seluruh Indonesia.

D: Salah satu game pertama Lyto Mobi adalah Faunia Paw yang dikembangkan oleh Artoncode. Apakah nanti ke depannya Lyto juga akan rutin mempublikasikan game-game buatan developer Indonesia?

C: Tentu, Lyto Mobi bersama dengan para developer game Indonesia mengemban tanggung jawab besar memajukan game Indonesia secara lebih maksimal. Kami merasa bahwa developer Indonesia memiliki kemampuan untuk bersaing dengan developer asing di kategori mobile.

D: Bagaimana cara developer agar bisa merilis game-nya di Lyto Mobi?

C: Developer game bisa menghubungi Tim Marketing Lyto di www.lyto.net/contact dan memberikan demo gamenya kepada kami.

D: Selain Faunia Paw, game apa saja yang akan tersedia ketika Lyto Mobi rilis nantinya?

C: Sudah banyak game mobile yang sudah didaftarkan ke Lyto Mobi tapi tentunya kita  akan merilis game-game tersebut  sesuai dengan jadwal dan planning kami.

D: Apakah ada standar khusus bagi developer Indonesia untuk game yang bisa dipublikasikan di Lyto Mobi dan bagaimana Lyto menetapkan standar tersebut?

C: Lyto Mobi tidak menerapkan rules yang rumit bagi developer ketika ingin integrasi dengan system platform Lyto Mobi. Namun untuk menjaga kualitas, kita tentu akan menyeleksi tiap judul game yang masuk. Kabar baiknya yaitu banyak game dari developer Indonesia yang sudah memiliki kualitas yang sangat baik sehingga tidak tertutup bahwa Lyto mobi akan banyak sekali berisi game-game buatan developer Indonesia.

D: Apakah Lyto nantinya tertarik mengembangkan sendiri game-game untuk Lyto Mobi ini?

C: Saat ini Lyto tetap fokus ke publishing terlebih dahulu.

D: Strategi apa saja yang disiapkan oleh Lyto Mobi untuk menjaring gamer mobile di Indonesia?

C: Lyto Mobi akan mengadakan berbagai macam campaign marketing baik secara online maupun offline

D: Apa target jangka pendek dan jangka panjang dari Lyto Mobi?

C: Target kita saat ini yaitu ingin agar gamer Indonesia bisa lebih mudah bermain berbagai game mobile khususnya game  asli Indonesia. Kedepannya kita berharap bahwa Lyto Mobi bisa dengan bangga membawa game-game asli Indonesia ke pangsa pasar Global (International)

D: Mobile sepertinya akan menjadi tren bagi para publisher untuk memasarkan game kedepannya. Apa yang akan membuat Lyto Mobi berbeda dengan yang lain?

C: Lyto Mobi fokus ke game-game berkualitas yang cocok dengan gamer Indonesia saat ini

D: Apakah Lyto Mobi dikembangkan untuk menarget pasar Indonesia saja? Adakah rencana untuk menarget pasar global? 

C: Tentu ada namun saat ini kita ingin fokus ke Indonesia terlebih dahulu. Jika pangsa pasar di Indonesia sudah mantap dan kualitas juga semakin baik, maka kita secepatnya akan menarget pasar Global.

Lyto Mobi

D: Kapan Lyto Mobi akan mulai diluncurkan ke pasar?

C: Game Faunia PAW rencananya akan dipublish ke gamer Indonesia di awal tahun 2014. Dan untuk system platform Lyto Mobi sendiri masih kami terus kembangkan agar bisa lebih maksimal dan user friendly bagi gamer dan juga bagi developer Indonesia.

D: Apa pandangan Lyto terhadap perkembangan industri game mobile terutama di Indonesia?

C: Kita melihat dalam beberapa sudut pandang:

  1. Kita akan melihat pasar asli end user Indonesia terlebih dahulu. Jika dibandingkan dengan Negara lain, mungkin Indonesia sedikit telat penetrasi terhadap game mobile namun kita harus bisa menganalisa bahwa pasar Indonesia pada dasarnya sangat unik, masyarakat Indonesia terkenal ramah dan suka ngobrol (chatting) sehingga Blackberry sempat sangat dominan . Namun semenjak 2 tahun terakhir ini, masyarakat Indonesiapada umumnya mulai familiar dengan smartphone iOS dan Android yang menawarkan berbagai fitur baru yang canggih dan memiliki library game yang sangat luar biasa banyak. Apalagi dengan BBM yang sudah bisa cross platform ini akan membuat masyarakat Indonesia melirik smartphone ios dan android yang pada akhirnya melahirkan life style baru dan segmen gamer baru yaitu gamer mobile. Yang termasuk dalam kategori game mobile ini selain kita para pengguna smartphone, sebenarnya anak-anak yang masih kecil yang selalu menenteng dan bermain casual game dalam iPadnya juga masuk hitungan gamer mobile.
  2. Kehadiran pangsa pasar mobile yang baru ini tentunya menggairahkan pelaku Industri Game Indonesia terutama para developer game untuk lebih serius mengembangkan game mobile dimana sebelum game mobile, developer game Indonesia sempat fokus di web based (flash game). Saat ini kurang lebih ada sekitar 100 developer game Indonesia.
  3. Industri game Indonesia bisa dikatakan sejak dahulu kala mendapatkan posisi anak tiri alias kurang stategis karena minim dukungan terutama dari opini masyarakat konvensional maupun pemerintah yang mengganggap game sebagai hal yang negatif dan anti sosial. Akan tetapi, karena barometer trend online game yang semakin populer dan pesatnya penetrasi pasar perangkat mobile, kita akhirnya melihat ada secercah harapan dari Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif yang belakangan ini sangat aktif dan mulai menunjukkan dukungannya terhadap industri game Indonesia sebagai bagian dari kesatuan Ekonomi Kreatif yang dibidani oleh kemenparekraf kita
  4. Dengan adanya kolaborasi dari semua elemen industry game Indonesia yang saling bergandeng tangan inilah yang pada akhirnya akan maksimal membangkitakan potensi Industri Game Indonesia terutama mobile game.

D: Terima kasih buat waktunya! Sukses terus buat Lyto Mobi dan juga industri game di Indonesia!


SHARE
Previous articleQueen Gorgo dalam Poster Karakter 300: Rise of an Empire
Next articleSamsung Galaxy Core Advance, Dengan Fitur Khusus Untuk Pengguna Berusia Lanjut
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.