Samsung Galaxy Core Advance, Dengan Fitur Khusus Untuk Pengguna Berusia Lanjut

Galaxy-Core-Advance-2

Samsung sudah mengkonfirmasikannya sejak pertengahan tahun 2013 lalu, dan di Indonesia baru hadir akhir Oktober 2013, namun sekarang Samsung sudah menyiapkan penerusnya. Inilah Samsung Galaxy Core Advance, versi upgrade Galaxy Core dengan layar yang lebih lega.

Karena sekadar upgrade minim, Core Advance masih membawa desain yang sama seperti pendahulunya, yang menurut penilaian kami membawa beberapa bahasa desain Galaxy S4. Menawarkan opsi dual-SIM, Core memang menarik menjadi alternatif selain Galaxy Grand yang ukurannya jumbo. Untuk Core Advance yang bidang layarnya meningkat dari 4.3 – 4.7-inchi ini, Samsung jelas ingin mengisi celah antara Core dan Grand (ukuran layar 4.5 dan 4.7-inchi tentunya), yang saat ini dihuni oleh banyak Android dari brand lain, seperti dari Lenovo, LG dan Sony.

Galaxy-Core-Advance-3

Meskipun layarnya membesar, sayangnya resolusi layar TFT Core Advance masih saja sama, WVGA alias 480 x 800-pixel dan kerapatan 218 ppi. Chipsetnya pun juga sama, dari Qualcomm Snapdragon S4 MSM8225 dengan dua core prosesor ARM Cortex-A5 yang clock speed-nya diset 1.2 GHz, digabungkan dengan 1 GB RAM, GPU Qualcomm Adreno 203 serta internal storage-nya 8 GB, denganm opsi memperbesar melalui slot microSD hingga 32 GB.

Smartphone yang menjalankan Android 4.2 Jelly Bean dan memiliki dimensi 133.3 x 70.5 x 9.7 mm dan berat 145 gram ini juga masih sama, kamera utamanya 5-megapixel, dan kamera depannya VGA. Tidak banyak ya perubahan, selain ukuran layar, kamu juga bisa berharap waktu aktif Core Advance lebih lama, karena baterainya meningkat 200 mAh menjadi 2,000mAh. Oh ya, sementara ini Core Advance juga baru dikonfirmasikan versi single SIM saja, dan tidak diketahui apakah akan ada varian dual SIM-nya.

Galaxy-Core-Advance-4

Apa memang tidak banyak perubahannya? Kalau melihat dari daftar spesifikasi di bawah memang tidak banyak. Namun di bagian features, di sana tertulis ada Voice Guidance (TTS, Voice Guided Camera, Text Reader). Untuk apakah ini? Jika melihat dari press release Samsung, disebutkan jika Core Advance ditujukan untuk pengguna yang lebih luas, dengan menawarkan fungsi yang mempermudah aksesibilitas pengguna yang mengalami kekurangan penglihatan, atau mereka yang sudah berusia lanjut. Karena itu ada opsi Optical Scan yang otomatis mengenali tulisan dari sebuah gambar dan membacakannya dengan keras ke pengguna, teknologi Light Sensing yang menggunakan kamera untuk mengenali arah datangnya cahaya dan kecerahan, hingga ada Instant Voice Recorder untuk mempermudah membuat pesan suara. Samsung juga melengkapi Core Advance dengan Screen Curtain, yang memungkinkan user memberikan perintah meskipun Core Advance dalam kondisi standby. Berhubungan dengan fitur multimedia, ada Voice Guided Camera untuk membantu user mengambil foto dengan memberi informasi seperti ada berapa banyak wajah yang terdeteksi dan dimana posisi mereka berdiri.

To extend the Galaxy experience to more users Galaxy Core Advance also provides convenient usability functions and enhanced accessibility features for disabled and visually impaired users. Key usability and accessibility features include Optical Scan that automatically recognizes text from an image and reads it aloud to the user, Light Sensing technology that uses the device’s camera to sense light direction and brightness, and Instant Voice Recorder that offers simplified access to make quick voice notes. The device is also equipped with Screen Curtain that enables users to operate commands on a black screen to ensure privacy and saves battery life, high quality TTS (Text-to-Speech) functionalities and Voice Guided Camera functions to help users take pictures by reading out the number of faces detected and their standing location.

[nggallery id=919]

Sejauh ini Samsung belum memastikan kapan dan berapa harga dari Core Advance ini. Hanya disebutkan hadir dalam dua warna yang sama seperti Core sebelumnya, Deep Blue dan Pearl White ketika dirilis awal tahun mendatang.

Spesifikasi Samsung Galaxy Core Advance

  • Network: HSPA 14.4/5.76 Mbps; GSM 850/900/1800/1900 MHz; HSDPA 850/900/1900/2100 MHz (EUR)
  • Processor: Dual Core 1.2 GHz
  • Dimensions: 133.3 x 70.5 x 9.7 mm, 145g
  • Display: 4.7” WVGA TFT
  • Memory: 1GB RAM + 8GB Internal Memory, microSD up to 64GB
  • Camera: 5MP AF + VGA
  • Battery: 2,000 mAh
  • OS: Android 4.2 Jelly Bean
  • Connectivity: Wi-Fi b/g/n/, 2.4 GHz; USB 2.0 H/S; NFC; BT 4.0; GPS + GLONASS
  • Features & Services: Sound & Shot, Group Play, S Translator, Easy Mode, S Voice, S Beam, Instant Voice Recorder, Voice Guidance (TTS, Voice Guided Camera, Text Reader), FM Radio

[cb type=”company”]Samsung Electronics[/cb]

Sumber: Samsung


SHARE
Previous articleMengenal Lebih Dekat Lyto Mobi, Platform Game Mobile Baru dari Lyto
Next articleHuawei Siapkan Honor 3X dan 3C, Android dual-SIM Berprosesor Octa Core
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.