Samsung Game Pad Ditawarkan 1.3 Jutaan, Ubah Galaxy Note 3 Menjadi Handheld Game!

Samsung-Game-Pad-2

Sejak akhir Oktober 2013 lalu, Samsung Mobile Indonesia mendaftarkan satu produk yang akan direncanakan mereka bawa ke Indonesia. Produk dengan kode SAMSUNG – EI-GP20 itu hanya disebutkan sebagai Game Pad. Mendengar namanya, kami langsung teringat aksesoris Game Pad-nya Galaxy S4, yang berfungsi sama seperti tipikal kontroler bluetooth untuk mendukung permainan game mobile melalui smartphone. Namun menunjuk kode EI-GP20, Game Pad yang disiapkan Samsung tersebut ternyata untuk Galaxy Note 3. Dan mulai minggu depan, Samsung Inggris akan mulai menjual aksesoris Samsung Game Pad baru yang khusus mereka buat untuk phablet tersebut.

Samsung-Game-Pad-3

Samsung Game Pad menjadi aksesoris resmi Samsung untuk Galaxy Note 3, dan berfungsi memberi dudukan bagi phablet tersebut, sembari kita dihadapkan pada tombol-tombol fisik ala kontroler game untuk memudahkan memainkan game mobile. Ukurannya didesain pas untuk Note 3, meskipun kami juga yakin seperti tipikal kontroler blutooth lainnya, Game Pad bisa juga digunakan untuk smartphone Android lain.

Samsung-Game-Pad-5

Untuk kontroler dengan berat 195 gram ini, Samsung menawarkan dua tombol trigger di punggung, d-pad delapan arah, dua stick analog, 4 tombol utama, dan juga beberapa tombol lain khusus untuk game mobile. Proses pairing dilakukan melalui NFC, dan kemudian koneksi dijalankan menggunakan Bluetooth 4.0. Digunakan Bluetooth versi terbaru tersebut juga menjamin selama proses pairing tidak membutuhkan banyak daya baterai, serta minimnya lag selama koneksi.

Samsung-Game-Pad-7

Samsung-Game-Pad-8

Dibandingkan Game Pad versi sebelumnya untuk Galaxy S4, yang terbaru ini warnanya hitam, jadi seharusnya lebih awet warnanya, dan tidak berkesan “mainan” seperti pada warna putih pada Game Pad Gaaxy S4. Kemudian di sisi desain, Samsung menambahkan tombol “Play”, yang berfungsi sebagai shortcut untuk mengakses portal game atau aplikasi Mobile Console, atau untuk berpindah antara tampilan game (otomatis game akan di-pause) ke aplikasi lain. Dengan jatah RAM 3 GB, multitasking seberat apa pun di Galaxy Note 3 sepertinya menjadi hal mudah ya!

Samsung-Game-Pad-9

Aplikasi Mobile Console yang antar mukanya bisa kamu lihat di atas, pada dasernya merupakan launcher yang berhubungan dengan kompatibilitas GamePad. Di sana kamu dapatkan game yang bisa dikendalikan dengan Game Pad, yang mana saat ini baru terdiri dari 35 game saja, termasuk di dalamnya game mobile kelas atas seperti Need For Speed, Asphalt 8: Airborne, Modern Combat 4: Zero Hour, Prince of Persia: The Shadow and the Flame. Mobile Console bisa kamu unduh langsung melalui pasar aplikasinya Samsung, atau dengan menekan tombol PLAY.

Samsung-Game-Pad-4

Game Pad kompatibel semua Android, namun beberapa fitur, seperti tombol ‘Play’ hanya eksklusif keluarga Samsung Galaxy. Semoga saja ke depannya game yang kompatibel dan mendukung Game Pad ini terus bertambah. Kemudian dengan didaftarkannya sertifikat Game Pad di Postel Indonesia, memang ada indikasi aksesoris ini akan dijual di negara kita. Namun sementara ini Game Pad baru dipastikan akan dijual di beberapa negara Eropa terlebih dahulu dengan harga £66.66, atau sekitar Rp. 1.3 jutaan!

Samsung-Game-Pad-10

Spesifikasi Samsung Smartphone GamePad

  • Compatibility: Android OS 4.1 more (Optimized for Samsung devices with Android 4.3 more)
  • Connectivity: Bluetooth® v3.0, NFC (Samsung devices with Android 4.3 more)
  • 3.0 class 2, HID
  • Control Keys: D-Pad (8 way), 2 Analog Sticks, 4 Action buttons and 2 Trigger buttons, Select button and Start button, PLAY button (Samsung devices with Android 4.3 more)
  • Dimension: 137.78 x 86.47 x 31.80mm, 195g
  • Battery: Rechargeable 160mA
  • Color: Black

[nggallery id=920]

Sumber: Samsung


SHARE
Previous articleAda yang Berminat dengan Xbox One 100 Jutaan Berlapis Emas 24 Karat?
Next articleTeaser Trailer Dawn of the Planet of the Apes!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.