DayZ Standalone Dirilis Melalui Steam, Satu Lagi Kiamat Zombie Diangkat Dalam Game

DayZ-2

Bagi kamu yang doyan game survival horror bertema zombie, kemarin akhirnya Bohemia Interactive resmi merilis DayZ (atau juga dikenal sebagai DayZ Standalone). Game multiplayer open world ini menjadi versi “stand-alone” dari mod game shooter ARMA 2. Sementara ini masih versi alpha untuk PC Windows, dan bisa kamu dapatkan melalui distribusi digital Steam.

DayZ-3

DayZ Standalone mengambil setting di Chernarus, lokasi fiksi yang sebelumnya menjadi bekas kekuasaan Soviet, dimana virus misterius telah merubah hampir semua populasi di sana menjadi undead, berwujud zombie yang sangat ganas. Karaktermu menjadi salah seorang survivor dengan persediaan yang terbatas, dituntut untuk mencari makanan, air, senjata dan obat-obatan sambil harus berhadapan dengan zombie, entah langsung menghabisinya, atau menghindarinya saja, atau bekerjasama dengan pemain lain untuk bisa selamat dari kiamat zombie.

DayZ-4

Seperti tipikal game zombie lainnya, kamu dituntut bertahan hidup di dalam wilayah seluas 230 km persegi. Semua persediaan seperti makanan, air, obat dan pakaian bisa ditemukan di dalam rumah, kandang atau kendaraan yang telah ditingalkan. Kamu bisa mengisi kembali health karakter dengan memakan makanan yang sehat. Ada juga makanan atau air yang kotor, dan berujung pada penyakit yang bisa dialami karakter (seperti kolera, disentri dan bahkan hepatitis). Di situlah peran obat datang, kamu bisa memulihkan kondisi karakter dengan obat-obatan.

DayZ-5

Satu mekanis penting dari DayZ adalah interaksi antar pemain, karena adanya fitur chat berbasis teks dan suara, serta adanya whisper channel, yang memungkinkan kita untuk saling berkomunikasi dengan pemain lain yang berdekatan jaraknya, tanpa pemain lain bisa mendengar apa yang kalian bicarakan. Developer juga mamasukkan radio, untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Selain itu, selama permainan kamu juga bisa membangun markas sendiri untuk menyimpan item.

DayZ-6

Beberapa fitur penting lainnya untuk versi Alpha ini disebutkan dalam change log Bohemia Interactive, seperti berikut ini:

  • Setting Chernarus 230 km persegi.
  • Hingga 40 pemain dalam satu server.
  • Profil karakter akan tetap terjaga.
  • Inventory untuk menyimpan item yang akan membantu selama proses crafting dan kustomisasi karakter.
  • Crafting untuk meningkatkan fungsi item atau equipment.
  • Kustomisasi Weapon dan clothing

DayZ-8

Sedangkan untuk update selanjutnya, developer berenana memasukkan banyak mekanis lainnya, seperti adanya kendaraan, binatang yang bisa ditemui sepanjang permainan, bisa mendirikan bangunan di tengah lingkungan, interaksi yang lebih dalam dengan lingkungan dan fitur crafting, mempermudah akses interface, meng-upgrade engine grafis dan physic-nya hingga akan mendukung mod dari para user. Developer menyebutkan untuk mencapai versi Beta dan mengimplementasikan semua mekanis baru tersebut membutuhkan waktu hingga satu tahun.

DayZ Early Access Launch Trailer

DayZ Standalone Test 15 November 2013

Sumber: DayZ, Untuk Membelinya


SHARE
Previous articleMiddle-earth: Shadow of Mordor Perlihatkan Kemampuan Wraith Karakter Utamanya
Next articleVTC Online Thumbs Us Event
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.