Reicast, Emulator Sega Dreamcast Untuk Android Dirilis di Google Play Store

Reicast-2

Bagi gamer klasik, salah satu yang bisa memberi “kepuasan” bagi mereka adalah memainkan ulang game-game dari mesin game lama. Hal itu bisa didapatkan melalui emulator. Jika dulu emulator identik dengan PC, seiring perkembangan tekmologi mobile, hampir semua mesin game klasik, baik itu konsol dan handheld bisa diemulasikan dan dijalankan gamenya melalui gadget mobile terpopuler seperti iOS dan Android.

Namun karena sifatnya yang open source, pengembangan aplikasi emulator di Android berjalan lebih cepat. Seperti kemarin kami mendapati satu emulator baru untuk Android masuk daftar Google Play Store, yaitu Reicast, emulator Dreamcast yang diklaim berkerja dengan baik untuk Android.

Reicast sebenarnya menjadi pengembangan yang lebih baik dari Nulldce (bisa kamu unduh dari tautan berikut)emulator Dreamcast lainnya yang sudah eksis sejak tahun 2012 lalu, namun lebih banyak tersebar secara underground. Versi pertama Reicast yang sudah masuk Play Store masih mendapat label Alpha, namun melihat trailer yang dirilis developer, mereka bisa menjalankan Tony Hawk’s Pro Skater 2 dengan lancar.

Reicast-3

Sebelum kamu mencoba mengunduh aplikasi ini melalui Google Play, kamu perlu memastikan kebutuhan minimal hardwarenya. Developer mengatakan mereka meminta setidaknya prosesor dari keluarga ARM Cortex-A9 dengan dua core prosesor, dan minimal 1Ghz+ untuk bisa menjalankan game Dreamcast melalui emulator ini dengan lancar ketika menggunakan Reicast.

Kebutuhan lainnya lebih berkisar pada software. Kamu membutuhkan BIOS Dreamcast agar emulator ini bisa bekerja. Dan file tersebut perlu ditempatkan di /sdcard/dc/data/dc_boot.bin. Kemudian flash Dreamcast ditempatkan di /sdcard/dc/data/dc_flash.bin.

Sejauh ini meskipun baru Alpha, Reicast berjalan dengan lancar, dan sebagian besar game yang dicoba tidak mengalami lag. Game seperti Crazy Taxi, Soul Calibur, Metropolis Street Racer, Marvel vs Capcom dan lebih banyak lagi. Untuk sebuah Alpha, memang masih ada bug, dan mungkin developer bisa memberi solusi pada interfacenya yang kurang memaksimalkan ukuran layar, namun dengan banyak game yang sudah di-support serta berjalan dengan baik, Reicast seharusnya bisa menjadi alternatif mereka yang ingin bernostalgia dengan game-game terbaik Dreamcast, seperti Power Stone, Phantasy StarJet Set Radio atau mereka yang berharap bisa memainkan kembali Shen Mue secara mobile melalui Android.

Unduh Reicast versi Android melalui Google Play Store

reicast – running revolt on android

reicast – running thps2 on Android

Sumber: Reicast


SHARE
Previous articleBioWare Sudah Selesaikan Prototype Mass Effect 4?
Next articleNintendo Direct: Mainkan Demo Khusus Bravely Default
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.