BBM Channel dan BBM Voice Akan Hadir Untuk BBM for iOS dan Android

BBM-iOS-Android-2

Sempat dilanda rumor akan dihentikan layanannya awal Desember lalu, namun ternyata itu pun sekadar hoax, layanan instant messaging BlackBerry, BBM untuk Android dan iOS kembali akan mendapatkan update baru. Mereka mengkonfirmasikan akan meningkatkan fitur layanan tersebut pada tahun 2014 mendatang, dengan harapan juga akan meningkatkan penggunanya. Dan fitur yang akan mereka terapkan adalah salah satu fitur unggulan yang mulai diaktifkan untuk BlackBerry bulan lalu, BBM Channel.

BBM-iOS-Android-3

Layanan BBM Channel memungkinkan kita untuk mencari dan berlangganan channel tertentu, memberi komentar dan membagikan post dengan teman, serta opsi untuk melakukan chat pribadi one-to-one dengan admin channel tersebut. User bisa membuat dan mengembangkan channel mereka sendiri, yang nantinya juga dilengkapi metrik untuk melacak jumlah trafik yang berhasil ditarik selama mengoperasikan channel tersebut. Semacam Plus Friends atau Official Accounts pada Kakao Talk dan LINE, dimana kamu bisa menemukan akun resmi artis atau brand tertentu, bisa di-follow untuk mendapatkan update resmi dari mereka.

BBM-iOS-Android-4

Melalui Channels tersebut, kamu mungkin saja memulai percakapan dengan orang asing, dengan membahas mengenai topik tertentu. Pengguna BBM, meskipun mereka yang tidak terdaftar di dala daftar kontakmu, bebas ebrgabung di dalam percakapan yang kamu ciptakan. Bisa juga disamakan dengan forum online, namun dilakukan dengan cara BBM. Dan kabar terbaru, BBM Channels akan muncul di tengah aplikasi BBM untuk iOS dan Android mulai tahun depan — sayang, tidak dipastikan kapan waktunya.

BBM-iOS-Android-1

Selain itu, BlackBerry juga mengungkapkan jika mereka akan memberikan fitur BBM Voice, yang memungkinkan para pengguna BBM untuk saling melakukan komunikasi suara satu-sama-lain, dengan gratis dan dari mana saja. Selain itu, BBM iOS dan Android juga bisa mengirim lebih banyak dari sekadar pesan teks, dengan dukungan sharing foto, catatan suara push-to-talk, dan bahkan membagikan koordinat lokasi. BlackBerry juga menyebutkan, mereka akan menambah jumlah emoticon default BBM untuk iOS dan Android. Dengan penambahan tersebut, setidaknya bisa makin menyetarakan fitur yang diajukan BBM dengan tipikal instant messaging lainnya untuk iOS dan Android yang lebih advance.

Selain itu, ke depannya BBM akan makin banyak ditawarkan sebagai instant messaging default untuk banyak Android. Yang sudah eksis dan dijual di pasaran adalah LG G Pro Lite. Semacam simbio yang saling menguntungkan. Perangkat Android tersebut mendapatkan promosi tidak langsung dengan BBM yang langsung built in, dan di sisi lain BlackBerry otomatis juga langsung berpotensi mendapatkan user baru dengan bundling tersebut.

Next up for BBM…

Sumber: BlackBerry


SHARE
Previous articleWhatsApp Messenger Klaim Mencapai 400 Juta Pengguna Aktif
Next articleSamsung Galaxy Tab 3 Game Edition Untuk Para Gamer Mobile
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.