Update Dark Souls II, Trailer Live Action dan Detail Mode Multiplayer

Dark-Souls-II-5

Hampir setahun setelah Dark Souls II dikonfirmasikan, dan makin banyak yang penasaran menunggu action RPG yang dikenal tidak memberi ampun pada gamer ini, dan yang diluar dugaan berhasil membawa formula khas Jepang tersebut bisa diterima secara global oleh gamer Barat.

Game yang dikembangkan oleh From Software untuk PC Windows, PlayStation 3 dan Xbox 360 ini sempat diragukan karena kehilangan sang sutradara Hidetaka Miyazaki yang sebelumnya menangani Demon’s Souls dan Dark Souls. Dia digantikan Tomohiro Shibuya dan Yui Tanimura, serta keduanya sudah memastikan tidak ada hubungan langsung antara Dark Souls dan Dark Souls II ini, bahkan karena perbedaanya signifikan, digambarkan jika sekuel ini adalah kutub sekatan, serta prekuelnya menjadi kutub utara. Gosip awal menyebutkan duo sutradara baru akan menurunkan tingkat kesulitan sekuel ini. Namun pada kenyataannya dari demo yang sudah dirilis, Dark Souls II lebih “brutal” dan “mematikan” bagi gamer.

Dark-Souls-II-1

Kami sudah mengulas beberapa fitur yang akan kamu temukan di dalamnya, seperti jenis kelas dalam game ini, dan juga impresi yang lebih dalam dari demo yang mereka berikan selama event E3 2013 lalu. Sedangkan beberapa bulan belakangan, developer sekadar memberikan bocoran beberapa mekanis yang akan kamu temui selama permainan. Contohnya Blue Phantom yang memungkinkanmu memasukkan dukungan pemain online selama permainan. Terakhir Namco Bandai merilis trailer live action yang berperan sebagai teaser untuk game ini, yang bisa kamu nikmati di bawah ini.

Dark Souls II Live Action Teaser

Sebelumnya kami menuliskan jika Dark Souls II lebih brutal dan mematikan, karena memang sepertinya developer membuang sisi kemanusiaan game ini. Mereka akan membuat kehidupan karakter, baik ketika masih hidup dan sudah menjadi undead, tetap saja menantang dan tidak terduga.

Dark-Souls-II-2

Dalam Dark Souls, terkadang kita akan merasa lebih aman ketika bermain dalam kondisi karakter undead, atau sudah tewas, karena pemain lain tidak bisa mengganggumu selama dalam kondisi undead. Hal itu tidak berlaku dalam Dark Souls II. Karena makin sering karakter tewas dalam sekuelnya ini ada penaltinya, HP maksimalmu akan berkurang hingga mencapai 50%. Makin sering tewas, makin menipis life bar karakter. Dan itu hanya bisa dipulihkan kembali ke wujud manusia, dan menggunakan item yang disebut Human Effigy. Penalti ini memberi ketegangan baru, di level yang sama seperti ketika mendapatkan wujud soul dalam Demon’s Souls, atau efek curse dalam Dark Souls.

Dark-Souls-II-3

Dark Souls II juga sedikit merubah metode bagaimana kita bisa memanggil teman untuk membantu dan bermain koperatip. Blue Phantom yang kamu summon ke permainanmu itu hanya bisa bergabung dalam waktu yang terbatas saja, dan waktu mereka ikut nimbrung dalam permainanmu akan bergantung pada seberapa kuat phantom tersebut. Makin banyak musuh yang sudah dihabisi oleh rekan phantom-mu, maka justru makin sedikit waktu mereka sebagai phantom untuk membantumu.

Dark-Souls-II-4

Kemudian pemain yang ingin di-summon untuk membantu pemain lain kini mendapatkan dua item agar bisa membuat proses tersebut terjadi, White Sign Soapstone dan Small White Sign Soapstone. Untuk yang kecil hanya bisa digunakan dalam jangka waktu yang singkat dan hanya di lokasi tertentu saja, sedangkan yang kedua sekaligus memberi karakter seperti Token of Fidelity jika berhasil membantu karakter lain yang men-summon.

Dark-Souls-II-6

Namun untuk gameplay multiplayer tersebut akan ada beberapa kelonggaran. Seperti noda darah dan pesa akan muncul lebih sering berkat arsitektur multiplayer-nya yang berbasis server tersendiri. Maka kini message tidak lagi memerlukan penggunaan soapstone. Sehingga kini sudah ada menu khusus untuk kamu bisa langsung menulis pesan ke pemain lain. Kemudian selama multiplayer juga akan ada pemain Covenant yang akan bergabung, dan mereka disebut The Way of Blue, yang otomatis bakal men-summon rekan phantom, Blue Sentinel, ketika mereka dikepung oleh black phantom — yang kini akan muncul lebih banyak selama permainan.

Dark-Souls-II-7

Ketika memainkan versi demo betanya yang dirils awal November lalu, kami mendapat beberapa ubahan di sisi antar mukanya. Mulai menu yang didesain lebih baik sehingga lebih banyak informasi bisa ditampuilkan agar kamu tidak perlu melakukan scroll layar lebih sering melalui layout berbasis grid. Hanya saja dengan kini sekuel ini memberi opsi kita meng-equip hingga 3 item  (sword, wand, shield, bow, dll.) untuk setiap tangan, dan hingga 10 item (Estus Flask, Life Gems, bone dan item consumable lainnya) dalam slot quick access inventory, interface tersebut tetap saja terlihat sangat padat. Versi beta kemarin juga menyediakan enam kelas karakter, yaitu warrior, soldier, sorcerer, temple knight, dual swordsman dan hunter. 

Dark-Souls-II-8

Beberapa hal baru yang ditawarkan selama versi beta multiplayer-nya dan menjadi indikasi akan hadir dalam versi finalnya yang akan dirilis 11 Maret 2014 mendatang adalah adanya item consumable baru untuk menyerang, Witching Urn, yang fungsinya seperti granat sihir, kemudian ada satu rapalan berbasis koperatip yang disebut War, yang fungsinya meningkatkan kekuatan serangan dan pertahanan karakter dan rekannya. Dark Souls II juga mengenalkan atribut baru untuk karakter, yaitu agility, yang mempengaruhi kecepatan gerakan, untuk menghindar, bertahan dan juga aksi lainnya. Kemudian atribut lainnya juga kini berpengaruh beda, seperti dexterity yang kini meningkatkan efek poison dan bleed.

Dark-Souls-II-9

Beberapa perubahan tersebut menunjukkan jika From Software masih belum puas memoles salah satu franchise suksesnya ini. Dan yang membuat kami memberi apresiasi khusus, konsep game ini awalnya lebih populer di Jepang. Namun developer mampu membuatnya juga menarik di mata gamer Barat, dan yang menjadi nilai jualnya justru tingkat kesulitannya yang tinggi. Penulis sendiri juga menantikannya karena sang komposer adalah musisi game favorit penulis, Motoi Sakuraba, nama yang pasti familiar bagi mereka penggemar serial RPG Tales.

Kelas Baru Dual Swordsman


SHARE
Previous articleMetal Gear Rising: Revengeance Siap Meluncur untuk PC!
Next articleCut the Rope 2 Hadir di iOS Dengan Harga Promo, Android Menyusul Awal Tahun 2014
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.