Sebelum Mainkan Demo Playable Freedom Wars, Sony Memberikan Guidenya

Freedom-Wars-1

Meskipun masih saja dianggap ketinggalan dibandingkan rivalnya Nintendo 3DS, namun akhir-akhir ini Sony berhasil mengangkat handheld mereka PS Vita menjadi salah satu mesin favorit penggemar RPG dengan banyaknya pilihan RPG baru. Selain itu, masih ada juga franchise orisinal baru yang memulai debutnya di mesin Sony tersebut, seperti Freedom Wars.

Pertama kali terungkap pertengahan Mei 2013 lalu, Freedom Wars merupakan game action yang dikembangkan oleh tim internal SCE Japan Studio dengan dukungan Shift (dikenal sebagai developer serial God Eater 2), serta Dimps (pengembang asli serial Budokai, juga menangani Saint Seiya: Brave Soldiers), secara eksklusif untuk PS Vita dan rencananya akan dirilis di Jepang pertengahan 2014 mendatang. Bukan kali ini saja studio first party Sony bekerjasama dengan pihak ketiga. Sebelumnya mereka bekerja sama dengan Marvelous AQL dan Comcept untuk mengembangkan Soul Sacrifice.

Freedom-Wars-2

Kabar terakhir yang kami terima, Sony akan membuat game ini playable untuk pertama kalinya selama event Jump Festa 2013 yang berlangsung pada 22 – 23 Desember ini. Untuk mendukung demo playable tersebut, Sony merilis video trailer baru melalui website game ini berisi panduan “how-to-play” yang akan dijelaskan oleh maskot game ini, yang bernama “Propa.” Dari trailer tersebut kembali kami mendapatkan beberapa gambaran seperti apa Freedom Wars. Mulai lauyar pre-mission dimana kita akan mengatur weapon, gear dan item lain, kemudian perintah pada partner selama permainan serta memberi mereka Accessory sebelum bertarung. Trailer tersebut juga menjelaskan beberapa perintah dasar pertarungan, seperti bagaimana mengendalikan karakter, berlari, menghindar dengan berguling, mengatur sudut pandang kamera atau juga untuk melihat map dan menu.

Freedom-Wars-3

Selain itu, video ini juga menunjukkan pada kita bagaimana Prisoner menggunakan salah satiu perlengkapan karakter, Thorn Whip. Cambuk multifungsi ini bisa digunakan untuk mengambil item, membantu selama aktifitas platforming, menarik musuh, atau memulihkan rekan setimmu yang terkapar. Kemudian untuk navigasi senjata, kamu bisa men-switch selama permainan dengan tombol atas dan bawah. Beberapa jenus senjata dan karakteristiknya juga dijelaskan melalui trailer. Seperti senjata jarak dekat yang idel untuk pemain yang sudah ahli karena resiko penggunaannya lebih besar, sedangkan senjata jarak jauh seperti assault rifle dan rocket launcher yang selain lebih mudah digunakan, juga aman karena membuat karakter menjaga jarak. Lebih jelasnya bisa kamu lihat trailer tutorial sepanjang 11 menit di bawah ini.

Freedom Wars mengambil setting di Bumi dengan atmosfer “pasca kiamat” pada tahun 102013. Saat itu permukaan dunia digambarkan sudah hancur dan tidak layak menjadi tempat hidup. Karena itulah manusia memilih tinggal di kota bawah tanah, yang mereka sebut sebgaai Panopticon, sembari terus mencari cara untuk bisa kembali hidup di permukaan. Game ini mengangkat tema masalah ledakan penduduk, sehingga sebuah solusi ekstrim dilakukan untuk menekannya: setiap orang yang ditemukan melakukan tindak kriminal langsung dianggap bersalah, tidak peduli apakah mereka memang bersalah atau tidak, dan dipaksa bertarung dengan monster raksasa sebagai hukumani. Monster yang dikenal sebgaai “Abductors” (juga kamu lihat dalam trailer tersebut, disebut demikian karena mereka menangkap penduduk), akan mengurangi tingkat kriminal orang yang dianggap bersalah tadi.

Karena itulah, dari awal permainan karakter utamamu sudah mendapat label status Criminal penjara jutaan tahun dari lahir, dan diharuskan melawan Abductor. Ketika kamu bermain multiplayer, kamu juga bisa melihat berapa tahun status kriminal karakter pemain lain. Makin sedikit tahunnya, maka mereka dipastikan karakter kuat yang sudah berhasil membantai banyak Abductor.

Dua protagonis yang membantu karakter utama. Uwe "Sakamoto" Cabrera, dikenal sebagai valiant veteran, dan Aries, seorang wanita misterius yang selalu membantu karakter utamamu.
Dua protagonis yang membantu karakter utama. Uwe “Sakamoto” Cabrera, dikenal sebagai valiant veteran, dan Aries, seorang wanita misterius yang selalu membantu karakter utamamu.

Untuk gameplay, banyak yang menganggap mekanis permainanya mirip serial Monster Hunter. Memang belum dijelaskan banyak secara detail sistem pertarungannya, dan kita berharap melalui Jum Festa ada update lebih banyak mengenai hal ini. Untuk mode permainan, kamu bisa bermain baik secara online atau offline, ada mode koperatip atau kompetisi dengan pemain hingga delapan orang. Dan seperti yang kami jelaskan sebelumnya, setiap karakter akan memiliki AI Android mereka sendiri untuk membantunya (membuat total karakter menjadi 16 ketika game dimainkan bersama-sama oleh 8 pemain). Game ini juga akan memanfaatkan fasilitas sensor GPS PS Vita yang kita kenal melalui aplikasi near untuk membantu menentukan lokasi kita selama permainan multiplayer.


SHARE
Previous articleSetting yang Luas Dalam Screenshot Awal The Legend of Heroes: Sen no Kiseki 2
Next articleIndonesia Sabet Runner Up dalam Dragon Nest World Championship 2013!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.