Michael Thomasson, Gamer dengan Jumlah Koleksi Terbanyak di Dunia!

Michael Thomasson

Seberapa banyak koleksi game-mu di rumah? Ada berapa jumlah konsol atau handheld yang kamu miliki? Itu tidak ada artinya dibandingkan dengan apa yang dimiliki oleh Michael Thomasson. Pria berusia 43 tahun asal New York ini adalah pemegang rekor baru gamer dengan jumlah koleksi game terbanyak di seluruh dunia versi Guinness Book of World Records. Bayangkan saja, dia memiliki sekitar 10.607 judul game dalam berbagai format!

Thomasson mengaku mendapatkan koleksi pertamanya saat dirinya masih berusia 12 tahun. Pada saat itu, dia mendapatkan satu kopi game Cosmic Avenger yang dirilis untuk konsol Colecovision. “Saya memiliki game dalam format cartridge, laser disc. Selain itu, saya juga memiliki game berbasis VHS,” ungkap Thomasson seperti dikutip dari AP saat diwawancarai di tengah-tengah koleksinya yang berada di rumahnya. Selain game, tentu saja Thomasson juga memiliki berbagai macam konsol yang digunakan untuk memainkannya. Bukan hanya konsol populer seperti keluarga Xbox dan PlayStation saja yang dimilikinya, namun juga beberapa konsol yang mungkin kurang familiar di telinga kita, sebut saja Casio Loppy yang didesain khusus anak perempuan yang dirilis di Jepang, atau Pippin yang pernah dirilis oleh Apple.

Tentu saja, mengoleksi game dari konsol yang kurang populer tentu saja memiliki resiko, salah satunya adalah kualitas game-nya yang buruk. “Semua game-nya mengerikan,” komentarnya mengenai game untuk Pippin. “Hal tersebut (Pippin) adalah hal yang paling tidak menyenangkan di rumah ini,” lanjutnya. Jalan Thomasson untuk mengumpulkan game-game ini sebenarnya menemui banyak hambatan. Dia sebenarnya mulai mengumpulkan koleksi sejak mendapatkan game pertamanya di usia 12 tahun. Setelah itu, dua kali dia menjual koleksinya, pertama pada tahun 1989 karena dia membutuhkan uang untuk membeli Sega Genesis, yang kedua pada tahun 1998 kala dia membutuhkan uang untuk biaya pernikahannya.

Setelah dua kali menjual koleksi, Thomasson pun mulai kembali mengumpulkan game secara perlahan-lahan. Jika di rata-rata, setiap hari dia mengumpulkan dua judul game dan menghabiskan sekitar US $3.000 setiap tahun hanya untuk hobinya ini. Saat ini, Thomasson mengungkapkan bahwa nilai total koleksinya ini sudah mencapai US $700.000 hingga US $800.000 atau lebih dari Rp 8 Milyar!

Michael Thomasson

Apakah Thomasson memainkan semua game tersebut? Ternyata tidak. Ayah dari seorang putri berumur 5 tahun bernama Anna ini sehari-hari merupakan guru Animasi 2D dan Game Design di Canisius College, Buffalo. Selain itu, dia juga merupakan seorang Game Designer, dan penulis untuk beberapa majalah dan buku. “Mungkin saya hanya bermain game sekitar tiga jam setiap minggunya, jika saya beruntung,” ungkapnya.

Rekor dari Thomasson ini memecahkan rekor dunia yang sebelumnya dipegang oleh Richard Lecce yang pertama kali mencatatkan namanya pada tahun 2010 lalu. Pada tahun tersebut, dia mencatatkan namanya dengan jumlah koleksi “hanya” 8.616 game, atau sekitar 3.000 judul lebih sedikit dibandingkan Thomasson. Lecce pun mengaku, saat ini jumlah game-nya juga terus bertambah, namun dia tidak mengetahui secara pasti berapa jumlah game yang dimilikinya sekarang.

[Sumber: AP,Kotaku]


SHARE
Previous articleLiputan Pembukaan Hexion 2013
Next articleLotus Juice Berencana Mengadakan Pertunjukan Solo di Indonesia
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.