Pokemon Bank Dihilangkan Sementara dari eShop oleh Nintendo

Pokemon Bank dihilangkan

Tanggal 25 Desember 2013 Nintendo dan merilis Pokémon Bank di Jepang. Tapi dua hari kemudian Pokemon Bank dihilangkan sementara dari Nintendo eShop.

Nintendo dan The Pokemon Company yang mengkonfirmasikan perihal Pokemon Bank dihilangkan sementara dari Nintendo eShop. Hal ini bukan berarti ada masalah dengan fitur layanan Pokemon Bank-nya, tapi lebih ke arah jaringan Nintendo dan server eShop yang tidak mampu menampung banyaknya orang yang mengakses, baik di Jepang maupun di barat. Hal ini bisa terjadi karena tepat pada hari itu adalah libur Hari Raya Natal, sehingga banyak orang yang berbondong-bondong mengakses Nintendo eShop untuk mengunduh Pokemon Bank, dan juga banyak pemain yang ingin membuat Nintendo Network ID (terkait dengan update firmware terbaru 3DS).

Pokemon Bank dihilangkan

Karena Pokemon Bank dihilangkan sementara dari Nintendo eShop, otomatis para pemain tidak bisa mengunduhnya lagi dan bagi yang sudah mengunduh tidak bisa mengaksesnya. Masih belum jelas kapan Pomemon Bank dan Poke Transporter akan kembali difungsikan oleh Nintendo. Berkaitan dengan hal tersebut, Nintendo dan The Pokemon Company menunda perilisan Pokemon Bank di Amerika Utara dan Eropa dengan tanggal yang belum pasti, yakni TBD (To Be Decided). Hal tersebut berlaku untuk kedua region itu tadi. Selain itu mereka juga menjelaskan bahwa trial gratis penggunaan Pokemon Bank selama 30 hari yang sebelumnya diregistrasi oleh penggunanya akan kembali dari awal ketika kedua fitur itu dikembalikan ke Nintendo eShop.

Sepertinya bukan hanya Nintendo saja yang mengalami masalah di server ketika libur Hari Raya Natal. Microsoft juga mengalami hal tersebut, seperti yang diberitakan oleh Polygon.

Pokemon Bank dihilangkan

Seperti yang kita tahu, Pokemon Bank menjadi sebuah aplikasi dan jasa yang memungkinkanmu untuk menyetor, menyimpan, mengambil, dan mengatur semua Pokemon-mu dalam kotak-kotak (Box) privat di internet. Pokemon Bank adalah jasa layanan berbayar, dengan biaya tahunan untuk bisa mengaksesnya setiap saat. Fitur ini mulai diperkenalkan melalui Pokemon X &Y.

Aplikasi dan jasa layanan Pokemon Bank ini membutuhkan biaya tahunan yang memungkinkan jasanya tersedia dalam waktu lama, yakni sebesar 4.99 US$ (sekitar Rp. 60,500). Bahkan dikabarkan kalau Pokemon Bank ini akan diaplikasikan untuk judul-judul game Pokemon berikutnya.

Pokemon Bank dihilangkan

Pokemon Bank dihilangkan

Saat mengunduh Pokemon Bank, kamu juga bisa mengunduh aplikasi yang berkaitan yakni Poké Tansporter dengan gratis. Ketika kamu memasukkan copy game Pokemon Black Version, Pokemon White Version, Pokemon Black Version 2, atau Pokemon White Version 2 ke 3DS milikmu, kamu dapat menggunakan Poké Tansporter ini untuk mentransfer Pokemon dari game-game tersebut ke Box online-nya masing-masing. Dan kemudian, kamu dapat dengan mudah mentransfer para Pokemon tersebut ke data permainan Pokemon X atau Y milikmu dengan Pokemon Bank. Asyik bukan?

[ Sumber : Serebii, Siliconera, Polygon ]