Profil Komunitas: Indo Star Trek

Kapten Kirk, Mr. Spock, Data, Klingon… bagi gamers yang besar di era 80-90 an pasti familiar dengan nama-nama ini. Yap bener banget ini adalah nama-nama karakter serial televisi sci-fi yang terkenal di seantero jagat raya, Star Trek. Serial televisi yang pertama kali mengudara pada tanggal 8 September 1966 ini, dalam sekejap langsung menarik perhatian seluruh masyarakat di dunia melalui plot serta penokohan karakternya yang sederhana namun sangat dalam. Atas kesuksesannya ini, maka tidaklah heran apabila serial tv ini langsung mempunyai fanbase-nya sendiri yang biasa dipanggil dengan sebutan: Trekkies. Jumlah Trekkies di masing-masing negara berjumlah hampir jutaan orang. Di Indonesia sendiri, jumlah trekkies hampir mencapai ratusan ribu orang. Oleh karena itu untuk dapat menampung seluruh trekkies yang ada, maka dibentuklah  suatu komunitas yang di dalamnya beranggotakan pecinta Star Trek / Trekkies. Di Indonesia, komunitas ini lebih dikenal dengan nama: Indo Star Trek

Komunitas Indo Star Trek didirikan pada tanggal 15 April 2006 oleh Ismanto Hadi (Commander Manto), dkk sebagai wadah bagi para pecinta Star Trek di seluruh Indonesia. Komunitas ini mempunyai 1000 anggota di seluruh indonesia dengan range usia antara 9-50 tahun ke atas. Dan uniknya dalam memanggil sesama anggota mereka menggunakan istilah kepangkatan yang ada di seri tv Star Trek. Selain untuk alasan pembeda / lebih unik daripada komunitas lainnya, hal ini ditujukan agar tidak ada kecanggungan ketika memanggil anggota lain dengan sebutan “mas”, “mba”, “pak” atau gelar panggilan formal lainnya. Adapun panggilan kepangkatan tersebut dikelompokkan lagi sesuai usianya:

Usia 0-9 Tahun: Kadet

Usia 10-19 Tahun: Ensign (baca: Ensin)

Usia 20-29 Tahun: Letnan

Usia 30-39 Tahun: Commander

Usia 40-49 Tahun: Kapten

Usia 50 Tahun ke atas: Admiral

Komunitas Indo Star Trek secara rutin mengadakan event-event setiap bulan-nya seperti:

Talkshow

Nonton Bareng

Membuat buku bergenre Sci-Fi

Mengadakan games petualangan luar angkasa yang biasa disebut: Starship Bridge Simulation

Star Fleet Academy yaitu: “Sekolah” /”Les” Star Trek yang diadakan di @America, Pacific Place Jakarta

Selain event-event yang telah disebutkan di atas, Indo Star Trek juga kerap mengadakan “acara besar” setiap tahunnya seperti: Star Trek Day yang diadakan tiap bulan September di @America serta First Contact Day atau hari lahirnya grup ini yang diadakan pada tanggal 15 April tiap tahunnya.

                 Ismanto Hadi A.KA Commander Manto

Menurut Commander Manto, pada tahun 2014 mendatang, Indo Star Trek telah menyiapkan beberapa event menarik seperti: Star Fleet Academy 2014, Starship Bridge Simulation (SBS) pada tanggal 17 Januari 2014 serta Movie Talk yang nantinya akan membahas film Star Trek Into Darkness selain itu ia menambahkan kalau ia beserta teman-teman Indo Star Trek lainnya berencana mengadakan event Star Trek: 50th Anniversary dengan menghadirkan salah satu aktor / aktris Star Trek.

Manto menambahkan kalau ia juga mempunyai keinginan untuk membuka admin baru di kota lain. “So far kita sudah mempunyai admin di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Jogjakarta, kalau ke depannya nanti ada member Indo Star Trek yang mau mengurus / menjadi admin di kota / propinsi lain, silahkan saja” tukasnya. Ia juga berharap agar Komunitas Indo Star Trek dapat terus maju dan selalu menjadi lebih terdepan dari komunitas lainnya.

Wah ternyata seru juga ya komunitas yang satu ini.. Nah makanya bagi gamers yang juga mengaku Trekkies, jangan ngaku kalau kalian Trekkies, kalau belum gabung  Indo Star Trek. Untuk info lebih lanjut mengenai komunitas ini silahkan kunjungi:

Website: indo-startrek.org

FB: Indo Star Trek

Twitter: @indostartrek

Milis: groups.yahoo.com/group/indo-startrek


SHARE
Previous articleDeretan Concept Art Menarik dari film 300
Next articleEye Candy: Concept Art Ryse dari Ilustrator Game of Thrones
Singer, Radio Announcer, Journalist and Entertainment Savvy and Project Manager@ duniaku.net