CES 2014: Samsung Konfirmasikan Galaxy Camera 2, Ada Peningkatan di Lensa dan Baterai

Galaxy-Camera-2-2

Consumer Electronics Show 2014 (CES 2014) bakal berlangsung kembali di Las Vegas mulai 7 hingga 10 Januari 2014. Sebelum event elektronik terbesar dunia tersebut berlangsung, para vendor sudah merilis press release produk yang akan mereka demokan. Seperti Samsung yang mengkonfirmasikan penerus kamera digital cerdas Samsung Galaxy Camera.

Galaxy-Camera-2-4

Samsung kembali meyakinkan kita bahkan konsep hibrida kamera point-and-shoot dan smartphone melalui Galaxy Camera memang sukses. Karena itulah mereka sudah menyiapkan penerusnya, Galaxy Camera 2. Terakhir Samsung menawarkan solusi fotografi mobile lainnya melalui Galaxy S4 Zoom. Namun S4 Zoom kurang cocok disebut sebagai perpaduan sempurna kamera digital dengan smartphone, karena fungsi smartphone lebih ditonjolkan di sana, dan lebih cocok disebut sebagai ponsel dengan sensor kamera besar. Selain itu, Samsung juga memiliki varian yang lebih cerdas dari line up kamera digital kelas atas Samsung NX, yang mendapatkan injeksi OS Android melalui Galaxy NX. Namun harganya belasan juta. Untuk Galaxy Camera 2 kali ini, setidaknya spesifikasi ada di atas Galaxy Camera serta Galaxy S4 Zoom, namun tetap jauh di bawak kelas profesional yang disasar Galaxy NX.

Galaxy-Camera-2-8

Galaxy Camera 2 yang akan menjalankan Android 4.3 Jelly Bean (dan juga akses Google Play Store) di atas mesin prosesor quadcore 1.6GHz dan RAM 2 GB ini kemampuan fotografinya diserahkan pada sensor BSI CMOS 16.3-megapixel, berukuran 1/2.3-inch, lensanya meningkat dan kini mampu melakukan 21x optical zoom (f/2.8-5.9, dibandingkan f/4.1 pada Galaxy Camera) serta juga dididukung optical image stabilization. Rentang ISO-nya antara 100-3200, dan ada opsi continuous shooting serta merekam video 1080/30p. Untuk penerangan, Samsung menyematkan flash Xenon model pop-up. Dan interaksi antar muka serta kendali fotografi diserahkan pada layar sentuh berukuran 4.8-inchi dengan resolusi HD pada material HD Super Clear Touch LCD (sebelumnya Super Clear Touch).

Galaxy-Camera-2-6

Spesifikasi lainnya yang akan melengkapinya seperti konektivitas melalui WiFi a/b/g/n, Bluetooth 4.0, dan NFC, dengan modul NFC-nya akan sangat berguna mendukung sistem share Tap & Go untuk memudahkan transfer foto berukuran besar melalui Galaxy Camera 2 dengan smartphone lainnya. Karena memiliki fungsi smartphone, Samsung pun menyediakan modul GPS yang mendukung satelit GLONASS. Hanya saja sejauh ini belum ada konfirmasi resmi apakah ada versi dengan koneksi 3G, karena yang akan dibawa selama CES 2014 nanti hanya versi WiFi saja. Oh ya, dibandingkan kakaknya, Galaxy Camera 2 ini juga memiliki kapasitas baterai yang lebih besar, yaitu 2,000 mAh. Semoga saja bisa menutupi kelemahan Galaxy Camera (dengan baterai 1,650 mAh) yang menurut kami sangat parah ketahanan baterainya.

Galaxy-Camera-2-9

Karena esensinya menjadi kamera point-and-shoot dengan kemampuan smartphone melalui OS Android, maka kamu mendapatkan beragam fungsi pemrosesan software fotografi di sini. Termasuk di dalamnnya yang disediakan Samsung, ada mode Beauty Face, Best Face, Panorama, dan beragam mode scene seperti waterfall, fireworks, dan sunset. Total ada 28 mode yang bisa dipilih melalui aplikasi camera yang disediakan Samsung. Selain itu, fitur baru dari Samsung untuk Galaxy Camera 2 antara lain, Selfie Alarm untuk menghasilkan 5 foto berurutan tanpa perlu melihat preview-nya di layar viewfinder, yang kemudian bisa dipilih mana yang terbaik ; dan juga Multi Motion Video yang bisa digunakan untuk merubah kecepatan peremakan video hingga 8x lebih cepat atau lambar; dan juga Remote Viewfinder untuk mengendalikan kamera ini melalui smartphone atau tablet, satu fitur yang sepertinya juga kami temui melalui lensa eksternalnya Sony.

Galaxy-Camera-2-5

Jika terasa kurang, kamu masih bisa mengunduh aplikasi kamera lainnya melalui Play Store. Mengakomodir kebutuhan storage hasil foto dan aplikasi yang kamu unduh, disediakan kapasitas internal storage sebesar 8GB (hanya tersisa sekitar 2.8GB saja), yang masih bisa diperbesar melalui micro SD hingga 64GB.

Samsung juga belum mengkonfirmasikan mengenai harga dan kapan Galaxy Camera 2 ini bakal dirilis. Namun yang pasti mereka pertama kali akan memamerkannya selama CES 2014, dan semua pembeli Galaxy Camera 2 juga bakal mendapat bonus tambahan space Dropbox sebanyak 50GB selama dua tahun.

Galaxy-Camera-2-14

[cb type=”company”]Samsung Electronics[/cb]

Sumber: Samsung