Beberapa Kota di Indonesia Siap Ramaikan Global Game Jam 2014!

Global Game Jam

Membuat game secara bersama-sama dalam waktu singkat atau yang lazim disebut dengan Game Jam seringkali diadakan di berbagai kota di seluruh dunia, tak terkecuali dengan Indonesia. Mungkin masih segar dalam ingatanmu pada tahun 2013 lalu, dimana developer game asal Jogjakarta dan sekitarnya pernah mengadakan sebuah event game jam bernama Jogja Game Jam 48 Hours (JGJ48). Nah, kali ini Game Jam akan kembali diadakan, tetapi bukan hanya di satu kota saja, melainkan di seluruh dunia secara serentar lewat Global Game Jam (GGJ) 2014!

GGJ sendiri pertama kali diselenggarakan pada tahun 2009 lalu. Konsepnya simpel, dimana game developer di seluruh dunia bersama-sama mengembangkan game non stop selama 48 jam. Mereka tidak berkumpul dalam satu tempat yang megah, melainkan di satu tempat di negara atau kota masing-masing yang disebut dengan site. Setiap negara boleh memiliki lebih dari satu site untuk memudahkan developer mencapai site yang paling dekat dengan lokasi mereka saat itu. Developer yang terdiri mulai dari game designer, programmer, artist, hingga composer berkumpul dan saling berkolaborasi untuk menciptakan sebuah game dalam waktu dua hari tersebut.

Nah, untuk tahun ini gaung GGJ sampai juga di Indonesia, dimana ada beberapa kota yang siap menghelat acara ini, seperti Jakarta, Bandung, Jogyakarta, Surabaya dan Bali. Masing-masing kota sudah menunjuk tim panitia, dan siap menggelar GGJ pada tanggal 24 hingga 26 Januari 2014 yang akan datang. Siapa saja yang berdomisili di dekat kota-kota tersebut boleh ikut berpartisipasi. “Tidak ada syarat yang khusus. Asal bisa spare waktu 48 jam silahkan ikut, newbie maupun pro boleh ikut. Yang awam juga boleh,” ujar panitia regional Jogjakarta, Frida Dwi atau yang akrab disapa dengan UBe kepada Duniaku.net.

Global Game Jam
Suasana game jam dalam JGJ48 lalu

Selain mendaftar di masing-masing regional, peserta juga diharuskan mendaftar di situs resmi GGJ sebelum mengikuti acara ini. “Nantinya peserta wajib daftar di situs GGJ. Yang form lokal untuk koordinasi biar mudah,” lanjut UBe. Selain Jogjakarta, Surabaya juga sangat antusias menyambut GGJ kali ini. “Untuk peserta, kita menargetkan 20 hingga 30 orang yang ikut,” ujar Eka Pramudita, panitia untuk regional Surabaya. Eka juga menambahkan, bahwa acara dalam GGJ di regional Surabaya nantinya tidak hanya mengikuti standar dari GGJ saja. “Untuk acara sendiri kita tidak bakal jauh beda dari pakem GGJ, cuma nanti akan kita usahakan untuk bisa ada isi materi secara live conference dengan teman-teman dari regional lain,” lanjutnya.

Nantinya, site untuk pelaksanaan GGJ di masing-masing kota akan terus di-update di website resmi GGJ. Sampai berita ini ditulis, kota-kota dari Indonesia ini masih berstatus pending approval. Namun untuk pendaftaran peserta per regional, beberapa panitia regional sudah menyiapkan form pendaftarannya.

Kamu memiliki komunitas sendiri dan kotamu tidak ada dalam daftar di atas? Kamu juga bisa membuat site sendiri dengan langsung mendaftarkan kota atau komunitasmu untuk mengikuti GGJ di website resminya. Namun sebelum itu kamu juga harus memperhatikan syarat-syarat site yang ditentukan oleh panitia pusat serta membaca panduannya. Ayo bersama-sama mengembangkan game selama dua hari penuh bersama dengan developer game seluruh dunia!


SHARE
Previous articleCEO PopCap, Dave Roberts Pensiun
Next articleCES 2014: Dua Archos Helium Bayangi Kemampuan Motorola Moto G
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.