Impresi Demo Bravely Default, JRPG Terbaik 3DS

bravely3

Demo Bravely Default versi US yang dirilis Nintendo minggu lalu membawa saya flashback ke masa-masa di mana game-game Squaresoft masih bagus. Di saat saya masih antusias memainkan Final Fantasy, menanti seri baru SaGa, dan terkesima dengan mahakarya bernama Chrono Trigger. Ya, meski baru demonya, game ini memiliki kualitas sebaik JRPG klasik khas Squaresoft.

Bravely Default sebetulnya bukan nama baru. Game ini adalah sekuel spiritual dari Final Fantasy: The 4 Heroes of Light, yang dirilis di tahun 2009 di Nintendo DS. Matrix Software, pengembang di belakangnya, sebelumnya juga menggawangi remake Final Fantasy III DS, Final Fantasy IV, dan The After Years untuk Wiiware dan mobile. Tak mengherankan jika ciri khas Bravely Default memang serupa dengan remake-remake Final Fantasy itu.

Tapi apalah artinya nama. Apalagi nama seaneh Bravely Default. Apa artinya? Eits, tunggu dulu. Rupanya Bravely Default bukan sembarang nama. Ini adalah gabungan nama dari mekanisme unggulan game ini: Brave dan Default. Dua hal ini yang membuat battle system Bravely Default terasa unik, meskipun masih saja menggunakan formula turn-based klasik.

bravely4

Secara fundamental, battle system game ini tak berbeda dengan Final Fantasy III maupun 4 Heroes of Light. Pemain memilih menu serangan, skill, magic, atau menggunakan item. Kemudian turn berjalan sesuai dengan kecepatan karakter dan lawan. Yang menarik, ada Brave Point di sini. Pemain dapat menggandakan turn dengan mengkonsumsi Brave Point. Ini disebut Brave. Sedangkan Default adalah pengganti Defense, yaitu karakter akan bertahan dan ini sekaligus mengisi stok BraVe Point. Sederhana, namun implementasinya luar biasa.

Di luar battle, pemain dapat mengkustom karakter dengan berbagai job, khas Final Fantasy. Demo ini menyediakan delapan job (selain job basic, Freelancer), seperti Knight, Black/White/Red Mage, Ninja, sampai yang unik macam Performer. Yang paling menyenangkan bagi saya adalah pemain bisa memadu-padankan berbagai skill pada job-job ini. Hal ini mengingatkan saya akan Final Fantasy Tactics, di mana support ability dapat dipasangkan ke job yang sedang aktif digunakan. Asyiknya lagi, di sini bukan hanya support ability saja, job command-nya pun bisa ditransfer. Dalam versi full-nya nanti akan ada lebih dari 24 job, yang ability-nya bisa di-mix-and-match.

bravely2

Demo Bravely Default dibuka dengan para jagoan yang baru sampai di kota Norende. Mereka mendapat tugas untuk merestorasi kota ini. Permainan dalam demo ini terbagi menjadi tiga hal. Pertama adalah eksplorasi, di mana pemain dapat menjelajah kota, menyelesaikan quest, membeli perlengkapan, hingga menjelajah world map dan dungeon. Kemudian ada aspek battle, seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Terakhir ada aspek restorasi kota Norende. Aspek ini cukup menarik dan orisinil, karena kota akan berkembang seiring dengan jalannya permainan. Yang cerdik, fitur StreetPass 3DS dimaksimalkan dalam fitur ini. Tiap kali ada teman StreetPass masuk, maka penduduk kota akan bertambah. Pemain juga bisa ikut menentukan pembangunan kota dengan memberikan tugas bagi penduduk kota. Pilihannya beragam, mulai dari meng-upgrade toko hingga membuka jalur baru.

bundel eksklusif Bravely Default

Demo Bravely Default tak hanya memberikan pengalaman bermain, namun juga memberikan reward bagi pemain yang memainkannya. Anggap ini sebagai DLC pembuka, di mana pemain bisa mencicipi game ini, menyelesaikan quest yang tidak ada di versi retailnya, kemudian men-transfer bonus reward yang diperoleh dari demo ke versi retailnya. Reward yang disediakan antara lain adalah item seperti Antidote, Potion, dan Hi-Potion, berbagai persenjataan, dan bisa men-transfer penduduk kota (maksimal 20 orang) ke versi retailnya. Menarik, bukan?

Berikut adalah daftar lengkap reward demo Bravely Default:

Played Demo Version
Requires: Start the Demo
Rewards: Antidote x2, Eye Drops x2, Echo Herbs x2

Norende Fully Restored
Requires: Maxed out Norende Town (Level 3 in all shops)
Rewards: Bronze Bangle x1, Phoenix Down x2

Melusine Reward
Requires: Kill Cave Boss
Rewards: Potion x3, Hi-Potion x1

Minotaur Reward
Requires: Kill Temple Boss
Rewards: Staff x1, Ether x1

Adamant. Shell Reward
Requires: Kill Forest Boss
Rewards: Rod x1, Ether x1

Dragon Reward
Requires: Kill Oasis Dragon Boss
Rewards: Bronze Helm x1, Leather Armor x1

Automaton Reward
Requires: Kill Post-Game Automaton Boss
Rewards: Broadsword x1, Buckler x1

Saya tidak sabar untuk menantikan versi retail Bravely Default yang terbit bulan Februari depan. Ini adalah JRPG klasik yang sudah lama saya tunggu-tunggu. Memang ini masih awal tahun, namun bisa jadi Bravely Default adalah game terbaik 3DS untuk tahun ini.


SHARE
Previous articleEvent Kado Akhir Tahun Gemscool
Next articleNikmati Cara Baru Menggabungkan Monster di Dragon Quest Monsters 2
Mengawali karier menulisnya pada tahun 1997 sebagai kontributor rubrik game majalah Mentari Putera Harapan. Namanya mulai dikenal setelah dia turut membidani lahirnya majalah game pertama di Indonesia, Game Master. Begitu banyak majalah yang lahir dari buah pemikirannya. Sebut saja Game Master, 3D Magazine, Ultima Nation, hingga Zigma dan Omega. Tidak hanya dikenal sebagai jurnalis dan konseptor, GrandC juga seorang penulis cerita. Saat ini dia banyak disibukkan dengan pengembangan Vandaria, dunia fiksi ciptaannya.