Review Sonic and All-Stars Racing Transformed, Layak Menjadi Kart Racing Terbaik

Sonic-Racing-Transformed-3

Hanya tiga bulan setelah Sega merilis Sonic & SEGA All-Stars Racing untuk Android, mereka mengenalkan sekuelnya, Sonic and All-Stars Racing Transformed. Bedanya, jika sebelumnya iOS mendapatkannya lebih dahulu, maka untuk sekuelnya ini Sega merilisnya bersamaan. Yah, sedikit lebih lambat sih, karena versi iOS-nya hadir 2 Januari, sedangkan di Android baru muncul di Play Store pada 3 Januari. Sama seperti All-Stars sebelumnya untuk mobile, game ini sekadar port, dan untuk konsol sudah eksis setahunan lalu. Namun Sega menambahkan satu fitur khusus mobile yang bisa jadi menjadi satu-satunya daya jual game ini, khususnya bagi penggemar Sega dan Shenmue.

Sonic-Racing-Transformed-9

Seperti yang kami tuliskan sebelumnya, Sega memasukkan Ryo Hazuki, bintang utama serial Shenmue menjadi karakter playable baru. Jelas dia akan menjadi magnet tersendiri bagi penggemarnya, atau yang sudah memainkan versi konsol dan handheld-nya, meskipun ada indikasi Ryo itu pun akan tersedia nanti sebagai karakter DLC. Hanya dia satu-satunya yang membuat kami penasaran untuk memainkan game yang ditawarkan seharga US$4.99 ini di Play Store dan App Store. Alasan tersebut kami tujukan khususnya untuk versi Android game ini, yang ternyata banyak membawa bug yang sejauh ini belum ada solusinya.

Sonic and All-Stars Racing Transformed memang sedikit membawa konsep baru game kart racing casual, dengan kendaraan yang digunakan karakter bisa berubah bentuknya dari mobil, perahu atau pesawat bergantung pada keadaan lintasan yang mereka lalui (karena Mario Kart 7 sudah melakukannya lebih awal, walaupun tidak untuk semua kendaraan). Contohnya Ryo, dia mengendarai kabinet arcade yang akan berubah, dari mobil berbentuk kabinet game klasik OutRun, lalu kapal berbentuk kabinet game Hang-On, dan pesawat dari kabinet arcade Space Harrier. Mekanis gameplay-nya sendiri masih sama seperti prekuelnya, dengan menitikberatkan pada penggunaan gerakan drift selama racing.

Sonic-Racing-Transformed-5

Ada 13 lintasan yang disediakan, dan track tersebut mengambil tema dunia dari game-game Sega. Karena perbedaan layout dan karakteristik setiap lintasan, maka kendaraan yang digunakan salah satu dari 11 pilihan karakter All Stars Sega dalam game ini akan berubah wujudnya serta kontrolnya seiring keadaan lintasan yang mereka lalui. Perubahan wujud tack tersebut berasal dari bagian track yang mengalami damage, sehingga ada rute baru terbuka. Kemudian seperti tipikal game racing go kart semacam ini, kamu juga disodori banyak power-up selama racing, serta lintasan yang memiliki beberapa rute alternatif untuk membantumu menyalip karakter lain.

Memang Sega tidak menyebutkan game ini sebagai port, namun siapa pun pasti akan mengira kita mendapatkan kualitas dan kuantitas yang sama seperti versi konsol dan handheld-nya. Namun ternyata hanya ada 13 lintasan dan 15 karakter saja yang disediakan, dengan 4 karakter yang langsung playable dari awal. Kita bandingkan dengan versi 3DS, yang menurut Sega juga dibangun khusus dari nol dengan engine yang berbeda dengan versi lainnya. Jika diasumsikan versi mobile sama dengan versi 3DS, maka seharusnya ada 33 karakter yang akan tersedia. Kemudian lintasannya juga kurang di versi mobile ini. Untuk versi 3DS-nya, Sega memberikan 16 track. Namun dibandingkan prekuelnya, track dalam game ini jauh lebih baik, seperti dengan pilihan lintasan bernuansa Afterburner di udara dan juga kapal induk, atau track dari Panzer Dragoon yang mengagetkanmu dengan naga yang tiba-tiba terbng dan menghancurkan lintasan tersebut. Setidaknya mereka memberi nostalgia tersendiri bagi pemain game klasiknya.

Sonic-Racing-Transformed-6

Karakter yang bisa kamu mainkan dalam versi mobile ini antara lain, Sonic the Hedgehog, Miles “Tails” Prower, Amy Rose, Knuckles the Echidna, Doctor Eggman, Shadow the Hedgehog dari Sonic Adventure 2, Amigo dari serial Samba de Amigo, Gum dari Jet Set Radio, B.D. Joe dari Crazy Taxi, Joe Musashi dari Shinobi, Ulala dari Space Channel 5, AGES yang merupakan karakter baru game ini, Wreck-It Ralph, Metal Sonic dari Sonic the Hedgehog CD, serta Ryo Hazuki dari serial Shenmue. Membeli game ini otomatis memberimu VIP pack, dengan empat karakter yang bisa kamu gunakan, sekaligus akses mode Grand Prix dan Multiplayer. Karena itulah game ini akan langsung meminta akun iTunes dari awal permainan. Dengan menyelesaikan event tertentu di mode World Tour, kamu berkesempatan membeli karakter menggunakan ring.

Memang tidak semuanya langsung tersedia dari awal, karena kamu perlu memainkan mode baru untuk mobile, yaitu World Tour (yang menawarkan banyak challenge melalui 13 lintasan utamanya, seperti harus berada di posisi pertama, melakukan drift melalui checkpoint, dll) dan juga Grand Prix untuk bisa membuka mereka. Atau, kamu bisa membelanjakan uang nyata dengan membelinya sebagai in-app purchase jika malas grinding lebih lama untuk bisa segera membuka Knuckles atau Shadow misalnya, yang dijual dengan harga US $4.99. Sedangkan karakter lainnya dijual US $9.99. Sega menyebutkan, akan ada lebih banyak All-Stars (karakter versi konsol dan handheld lainnya) yang mereka sediakan, dan bisa ditebak jika mereka bisa kamu buka lebih cepat melalui in-app purchase.

Sonic-Racing-Transformed-7

Untuk versi iOS-nya kami tidak mendapatkan kendala, karena bisa dimainkan dengan lancar. Bahkan sudah disediakan mode multiplayer yang mendukung 4-player baik secara online atau lokal. Untuk Android, mode tersebut belum tersedia, dan Sega hanya menuliskan “coming soon” saja! Kemudian yang paling parah, ternyata bukan penulis saja yang mengalami masalah tidak bisa menjalankan game ini langsung dari awal mengklik ikon gamenya di Android. Ketika mengecek halaman review game ini di Play Store, hampir semua memberi respon negatif karena tidak bisa menjalankannya di Android mereka. Memang penulis hanya mencobanya di dua smartphone dengan chipset Snapdragon 600 serta Snapdragon 800 saja, namun keduanya gagal menjalankan game ini meskipun semua data yang mencapai 800 MB sudah lengkap diunduh.

Kami lebih suka memainkannya di iOS yang bebas bug, walaupun tetap jumlah karakter dan track-nya dibatasi. Dan seperti kami tuliskan di atas, game ini tidak bebas in-app purchase, walaupun ditawarkan dengan harga US $4.99. Selama permainan kamu mendapatkan dua pilihan mata uang, ring dan star, dan untuk star yang lebih berharga, bisa langsung kamu beli dengan mata uang asli (mulai $0.99 hingga $14.99). Ring, yang bisa saja dikumpulkan jika kamu tidak malas grinding dan bermain dengan baik, bisa digunakan untuk membeli power-up, pass untuk masuk ke event, dan menyelesaikan task-task kecil lain selama permainan. Sedangkan untuk star, kamu bisa menggunakannya untuk memasuki race yang tingkat kesulitannya tinggi (hanya tingkat kesulitan terendah yang bisa kamu akses dari awal), dan mendapatkan lebih banyak bonus power-up. Kamu juga bisa merubah ring menjadi star, dengan 12,000 ring untuk 12 star.

Sonic-Racing-Transformed-8

Keseluruhan menurut kami sekuel ini lebih baik dari seri sebelumnya. Memang kami keberatan dengan sodoran in-app purchase yang begitu dalam, dan terasa memberatkan, khususnya bagi mereka yang malas grinding. Namun jika kamu bermain dengan baik dan banyak mendapatkan mata uang selama permainan, semua elemen yang dikunci bisa didapatkan dengan gratis. Yang paling mengecewakan hanya versi Android-nya. Sampai saat ini penulis masih belum bisa memainkannya, dan sejauh ini juga Sega belum memberikan update untuk mengatasi kompatibilitas versi Android-nya, atau membuka mode multiplayernya yang juga cukup seru dimainkan meski secara lokal. Seandainya versi Android-nya sudah fix, dan semua fitur yang dikunci dari awal permainan sudah terbuka, Sonic & All-Stars Racing Transformed layak mendapat predikat sebagai game kart racing terbaik untuk kelas mobile.

  • Dapatkan Sonic and All-Stars Racing Transformed versi iOS melalui Apple iTunes / App Store. Membutuhkan iOS minimal versi 7.0.
  • Dapatkan Sonic and All-Stars Racing Transformed versi Android melalui Google Play Store. Membutuhkan Android minimal versi 4.0 Ice Cream Sandwich.

Sonic and All-Stars Racing Transformed – Official Mobile Trailer 


SHARE
Previous articleGratis Nonton Aston Villa VS Chelsea di Villa Park Stadium dari FIFA Online 3!
Next articleSelami Imajinasi dan Kebebasan dalam The Secret Life of Walter Mitty

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.