CES 2014: LG Ikut Menawarkan Smart Watch Mereka Sendiri Melalui Lifeband Touch

LG-Heart-Rate-Earphones-3

Setelah Sony dan Samsung, akhirnya LG ikutan terjun dalam bisnis wearable device dengan mengkonfirmasikan smart watch mereka sendiri selama CES 2014. Inilah LG Lifeband Touch, yang esensinya adalah perangkat bluetooth berbentuk jam berlayar OLED, dan difokuskan untuk mereka yang ingin memanfaatkan perangkat pendukung aktivitas olah raga.

LG-LifeBand-Touch-3

LG memang mencoba solusi berbeda dari sekadar jam tangan cerdas seperti yang diajukan produsen smart watch, dan Lifeband Touch meng-cover baik keperluan fitness tracking sekaligus untuk menampilkan notifikasi dari smartphone / tablet utama secara remote. Sebagai smart watch, fungsi utamanya adalah sebagai jam. Namun karena diproduksi oleh LG, maka ada beberapa fungsinya yang hanya eksklusif aplikasi milik LG, seperti aplikasi diet dan olahraga, meskipun kamu bisa menggunakannya tanpa dukungan aplikasi tersebut, atau memilih banyak aplikasi olahraga yang bertebaran untuk Android dan iOS, seperti MyFitnessPal, MapMyFitness, dan RunKeeper.

LG-Heart-Rate-Earphones-2

Lifeband Touch bakal melacak berapa langkah yang sudah diambil penggunanya, seberapa jauh jaraknya, dan kalori yang dibakar, dan menggunakan layar OLED untuk menampilkan data yang sudah terkumpul. LG pun juga memadukannya dengan headphone Heart Rate Earphones yang memiliki sensor optic untuk mendeteksi detak jantung (juga diproduksi LG), sehingga Lifeband Touch ini pun bisa bertambah fungsinya untuk mengukur detak jantung (keduanya bisa dioperasikan secara terpisah). Jika dihubungkan dengan smartphone / tablet Android atau iOS yang sudah dilengkapi Bluetooth 4.0 (jadi tidak semua perangkat bisa berhubungan dengannya), maka Lifeband Touch Bisa juga menampilkan notifikasi panggilan atau pesan masuk, sekaligus juga mengendalikan musik yang diputar  

LG-LifeBand-Touch-2

Lifeband Touch juga belajar dari pengalaman beberapa smart watch lain, seperti Galaxy Gear-nya Samsung. Di sini LG membuat materialnya anti air. Keseluruhan bahannya adalah plastik fleksibel dengan bagian strap-nya terbuat dari karet, dan memiliki sensor gerakan untuk melacak gerakan. Melalui data yang didapatkan dari gerakan pengguna, Lifeban Touch bakal mengkalkulasikan seberapa jauh pengguna sudah berjalan atau berlari, menentukan periode waktu untuk melakukan olah raga lagi, membaca seberapa banyak kalori yang sudah dibakar, dan memberi informasi berapa banyak langkah yang sudah diambil. Data tersebut akan dikirimkan aplikasi companion milik LG untuk dianalisa ulang.

LG-LifeBand-Touch-4

 

Jika digunakan tanpa aplikasi pendukung, LifeBand Touch akan menampilkan laporan tersebut langsung melalui layar OLED, yang warnanya monochrome dan diposisikan di satu-satunya tombol pada smart watch ini. Walaupun layarnya sederhana, namun kamu masih bisa berinteraksi dengannya, seperti disentuh atau menyapukan jari untuk melihat antar mukanya.

LG belum mengungkapkan kapan jam tangan cerdas mereka ini bakal dirilis. Namun sudah diketahui harganya. LG akan menawarkannya dengan harga US $179 atau sekitar Rp. 2,3 jutaan (lebih murah dari kompetitor terdekatnya), dan tersedia dalam tiga ukuran (harganya sama), yang menunjukkan jika jam tangan ini ukurannya tetap, tidak bisa dimodifikasi ukuran strap-nya.

LG-Heart-Rate-Earphones-1

Sedangkan untuk Heart Rate Earphones, LG juga menjualnya dengan harga US $179.99. Seperti Lifeband Touch, aksesoris yang sejatinya berupa headset bluetooth ini juga bakal bisa dihubungkan dengan perangkat Android atau iOS. Headphone ini menggunakan teknologi dari PerformTek, yang bisa melacak sinyal aliran darah melalui telinga. Sehingga Heart Rate Earphones ini masih bisa difungsikan seperti tipikal headphone sambil penggunanya melakukan aktivitas olah raga.

[cb type=”company”]LG[/cb]

Sumber: LG Newsroom


SHARE
Previous articleCity of Steam: Choose Your Class Wisely
Next articleCES 2014: Valve Perkenalkan Beberapa Varian Steam Machine!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.