CES 2014: nVidia dan Epic Games Membawa Unreal Engine 4 Untuk Mobile

Tegra-K1

Selama CES 2014, nVidia mengkonfirmasikan chipset mobile terbarunya, nVidia Tegra K1. Penerus Tegra 4 tersebut akan ditawarkan dengan dua versi berbeda. Satu dengan prosesor quad-core Cortex-A15 31-bit serta GPU 192 CUDA core, dan yang lain dual-core ARMv8 64-bit serta GPU yang sama. Selain mengungkapkan GPU baru tersebut, nVidia juga akan bekerjasama dengan Epic Games untuk membawa engine grafis papan atas untuk konsol dan desktop Unreal Engine 4 ke platform mobile melalui Tegra K1.

Tegra-K1-1

Menurut CEO nVidia, Jen-Hsun Huang, kemampuan mobile dengan konsol consoles memang berbeda, namun mereka percaya Tegra K1 cukup kuat untuk menutup celah antara kemampuan proses grafis konsol dengan mobile. Kemudian dengan Unreal Engine menjadi salah satu engine yang paling banyak diterapkan dalam pengembangan game, maka port untuk mobile ini juga akan memudahkan pengembang juga mengalihkan content konsol atau desktop mereka ke perangkat yang menggunakan Tegra K1. Konfirmasi tersebut juga dibarengi dengan didemokannya Unreal Engine 4 melalui hardware Tegra, dan terlihat beberapa efek seperti light scattering, higher resolution texture, HDR lighting, serta global illumination yang bisa dijalankan dengan baik melalui platform mobile. Keseluruhan vers mobile ini akan membuat penampilan grafis game-game mobile menjadi lebih realistis.

Tegra-K1-2

Melalui pernyataan pada blog-nya, nVidia juga menjelaskan bahwa dengan diterapkannya engine konsol / desktop tersebut untuk mobile, secara signifikan akan mengurangi jeda waktu port game dari mesin game yang lebih advance ke platform mobile. Apalagi jika mengukur betapa lamanya waktu yang dibutuhkan Epic Games membawa Unreal Engine 3 ke mobile (delapan tahun) dalam bentuk Infinity Blade. Namun dengan Unreal Engine 4 yang baru dirilis untuk publik tahun 2012 lalu, pendiri Epic Games Tim Sweeney berkata jika saat ini mereka bisa membawa semua yang berjalan di PC atau konsol masa kini, menjalankannya juga pada Tegra K1.

NVIDIA Tegra K1 Demo: Unreal Engine 4

[cb type=”company”]nvidia[/cb]

Sumber: nVidia


SHARE
Previous articleOmega #122:ArcheAge, AyoDance, Omega Goty
Next articleDaftarkan Dirimu untuk Mengikuti Global Game Jam Jakarta 2014!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.