CES 2014: Open Automotive Alliance Dibentuk Untuk Membawa Android ke dalam Mobil

Open-Automotive-Alliance-2

Akhir Oktober 2013 lalu kami mendengar kabar jika Hyundai dan KIA bakal menyiapkan seri kendaraan baru yang dianggap lebih “cerdas” karena memasukkan Android sebagai salah satu bagian sistem hiburan dan navigasinya. Dan selama CES 2014, tampaknya ide smart car tersebut makin serius digarap oleh produsen otomotif dengan Google serta nVidia yang bekerjasama dengan beberapa produsen otomotif membentuk Open Automotive Alliance.

Open Automotive Alliance merupakan usaha kolaborasi yang bertujuan untuk membawa salah satu sistem operasi mobile terpopuler Android ke dalam mobil. Google dan nVidia yang menggagasnya sudah bekerjasama dengan beberapa produsen otomotif besar, seperti General Motors, Honda, Audi, dan Hyundai untuk mewujudkan ide tersebut.

Open-Automotive-Alliance-3

Seperti press release yang dituliskan melalui websitenya, tujuan Open Automotive Alliance adalah untuk membawa platform Android ke perangkat yang juga selalu mobile — dalam hal ini, mobil. Beberapa aspek yang masuk dalam usaha memasukkan Android ke dalam mobil lebih pada kustomisasi perlengkapan standarnya, yang nantinya akan menarik produsen smartphone dan tablet Android terlibat di dalamnya. Demikian fitur seperti sarana hiburan dan komunikasi dalam mobil saat terwujud nanti menggunakan Android, serta bisa memanfaatkan integrasi dengan dashboard, dan memungkinkan pengendaranya mengenakan perangkat wearable seoerti smart glass, smart watch atau smart ring.

Open Automotive Alliance memang belum terwujud nyata selama CES 2014 ini, dan semoga saja tahun ini sudah ada produsen otomotif yang menampilkan penerapan hardware Android tersebut melalui mobil baru yang mereka produksi.

Sumber: Open Automotive Alliance


SHARE
Previous articleDaftarkan Dirimu untuk Mengikuti Global Game Jam Jakarta 2014!
Next articleTecmo Koei Tengah Menyiapkan Atelier Ayesha Plus untuk PS Vita
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.