CES 2014: Valve Perkenalkan Beberapa Varian Steam Machine!

Steam Machine - Alienware

Perhelatan Consumer Electronic Show (CES) 2014 minggu ini juga dimanfaatkan dengan baik oleh Valve, apalagi kalau bukan memperkenalkan lebih lanjut Steam Machine yang tengah mereka kembangkan. Seperti yang kita tahu, selain dikembangkan secara internal, Valve juga menggandeng beberapa pihak ketiga untuk mengembangkan pc gaming ini. Akhir tahun lalu, Valve sudah merilis versi beta dari Steam Machine untuk para beta tester yang sudah terpilih yang mereka kembangkan secara internal. Adapun Steam Machine yang dikembangkan bekerja sama dengan Xi3 Corporation, Piston juga sudah diperkenalkan tahun lalu.

Nah, dalam CES 2014 kali ini, Valve memperkenalkan lebih banyak lagi varian Steam Machine yang dikembangkan bersama-sama dengan pihak ketiga, seperti Alienware, Cyberpower, iBuyPower dan Digital Storm. Masing-masing Steam Machine ini dibanderol dengan harga berbeda-beda tergantung dari spesifikasi yang ditawarkan. Meskipun masing-masing Steam Machine ditawarkan dengan spesifikasi berbeda-beda, namun nantinya setiap Steam Machine ini bisa di-upgrade atau bahkan dikonfigurasi sendiri komponennya. Satu hal yang menjadi standar dari Steam Machine ini adalah sistem operasi yang digunakan, dimana semuanya menggunakan Steam OS yang juga dikembangkan oleh Valve, meskipun tidak menutup kemungkinan juga bisa menjalankan OS lain seperti Windows dan Linux. Gabe Newell, Presiden dari Valve sendiri mengungkapkan, bahwa sampai saat ini sudah ada lebih dari 250 game yang bisa dijalankan di atas platform Steam OS.

Berikut ini adalah beberapa varian Steam Machine yang diperkenalkan selama CES 2014 beserta harga dan spesifikasi awalnya seperti dikutip dari brosur milik Valve.

Steam Machine

Steam Machine

Steam Machine

Steam Machine

Steam Machine

Steam Machine

Selain beberapa Steam Machine di atas, masih ada beberapa Steam Machine buatan pihak ketiga yang masih belum mendapatkan spesifikasi dan harga resmi seperti Alienware. Dalam pernyataan resminya, Gabe Newell mengungkapkan bahwa Steam Machine dari Alienware ini akan menggambarkan seperti apa potensi penuh yang bisa dicapai oleh Steam Machine.

Steam Machine
Steam Machine dari Alienware

Terakhir, ada juga satu Steam Machine yang tidak sempat masuk dalam brosur milik Valve, yaitu Steam Machine yang dibuat oleh Maingear. Dibandingkan dengan Steam Machine buatan vendor lain, Steam Machine dari Maingear ini memiliki ukuran yang lebih kecil, namun tetap memiliki spesifikasi yang cukup tinggi. Berikut ini adalah spesifikasinya.

Steam Machine

Steam Machine

  • Prosesor: AMD A8-5575M, 4 threads, 2.1 –3.1 GHz
  • Video Card: AMD Radeon R9 M275X2P
  • Memory: 2 x SO-DIMM DDR3L, 1600/1333 MHz, Max.16GB
  • Hard Drive: 1 x mSATA slot support SSD up to 256GB, 1 x 2.5” HDD tray support SATA III 6Gb/s
  • Harga: TBA

Steam Machine

Steam Machine merupakan satu dari tiga berita besar yang diumumkan oleh Valve sekitar bulan September lalu. Dua konfirmasi lain adalah Steam OS yang menjadi sistem operasi Steam Machine, dan satu lagi adalah kontrolernya yang disebut dengan Steam Controller. Beragam variasi dari Steam Machine ini kabarnya akan mulai dirilis pada tahun ini juga.

[Sumber: Kotaku/VG247]


SHARE
Previous articleCES 2014: LG Ikut Menawarkan Smart Watch Mereka Sendiri Melalui Lifeband Touch
Next articleCity of Steam Will Be Available in Indonesia on January 2014!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.