CES 2014: Xperia Z1 Compact dan Xperia Z1S Lengkapi Pilihan Android Waterproof Sony

Xperia-Z1-Compact-2

Pertama kali kami mendengar nama dari Sony Xperia Z1s awal Oktober lalu, hingga kemungkinan Sony Indonesia akan merilisnya di pasar lokal karena sertifikatnya yang diajukan ke Postel Indonesia. Dan kini selama CES 2014, Sony Mobile resmi mengkonfirmasikan smartphone tersebut, yang ternyata sedikit meleset dari dugaan awal (yang menyebutkan Xperia Z1s adalah versi mini dari Xperia Z1). Ternyata Xperia Z1s sama seperti Xperia Z1, namun untuk operator tertentu di Amerika. Namun versi mini dari Xperia Z1, kini disebut Xperia Z1 Compact, juga diumumkan selama CES 2014 yang berlangsung di Las Vegas mulai hari ini.

Xperia-Z1-Compact-6

Untuk Xperia Z1 Compact, layak mendapat predikat sebagai smartphone mini berkekuatan maxi, dan cocok bagi mereka yang mengejar racikan hardware premium namun tidak ingin ribet dengan ukuran yang besar. Tidak seperti Samsung Galaxy S4 mini atau HTC One mini yang meskipun membawa nama flagship-nya dan ternyata kekutannya dipangkas, Xperia Z1 Compact masih membawa racikan hardware dan fitur unggulan Xperia Z1. Hanya bentuknya saja yang mengecil, dengan layar 4.3-inchi pada resolusi HD 720p.

Xperia-Z1-Compact-3

Di salamnya, kamu masih mendapati chipset yang sama, Snapdragon 800, 2GB RAM, kamera utama 20.7-megapixel, NFC, dan internal storage 16GB. Sony juga langsung membekalinya dengan Android 4.3 Jelly Bean, lengkap dengan interface khusus Sony. Untuk menjaga aspek kompaknya dan juga fitur anti airnya, Sony memilih baterai tanam dengan kapasitas 2300mAh.

Xperia-Z1-Compact-4

Sony belum mengungkapkan kapan pastinya Xperia Z1 Compact akan dirilis dan berapa harganya, hanya disebutkan bulan depan smartphone mini ini bakal hadir di pasaran. Namun dari beberapa press image yang dirilis, ada empat pilihan warna, yaitu Black, White, Pink, Lime, dan Yellow. Berikut kami berikan beberapa bagian spesifikasi Xperia Z1 Compact.

Xperia-Z1-Compact-5

  • Dimensi: 127 x 64.9 x 9.5-mm, berat 137-gram
  • Layar: 4.3-inchi dengan teknologi Triluminous dan X-Reality Engine, material IPS, pada resolusi 720×1280-pixel, menghasilkan kerapatan 341-ppi
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 800; prosesor quad-core Krait 400 pada kecepatan 2.2GHz, GPU Adreno 330, dan 2GB RAM
  • OS: Android 4.3 Jelly Bean (dengan rencana upgrade menjadi 4.4 KitKat tidak lama setelah dirilis)
  • Kamera: 20.7-megapixel, optik Carl Zeiss, sensor Exmor RS dan engine BIONZ, mendukung optical image stabilization, autofocus, flash LED, kamera depan 2-megapixel
  • Merekam video: Kedua kamera bisa merekam video dengan kualitas 1080p pada 30fps
  • Internal Storage: 16GB, bisa diperbesar melalui slot microSD hingga 64GB
  • Konektifitas: NFC, A-GPS+GLONASS, WLAN (2.4/5Ghz) a/b/g/n/ac, microUSB 2.0 (MHL), BlueTooth 4.0 LE
  • Baterai: 2,300 mAh
  • Fitur lain: FM Radio, sertifikat IP55 dan IP58 untuk anti air dan debu, di kedalaman air 1.5 meter selama 30 menit.

Xperia-Z1-Compact-7

Xperia-Z1-Compact-8

Sony juga menyediakan beberapa aksesoris khusus yang kompatibel dengan flagship mini mereka ini. Termasuk di sana magnetic charging dock dan stereo bluetooth headset. Tentu saja Xperia Z1 Compact juga kompatibel dengan aksesoris orisinal Sony lainnya, seperti lensa eksternal QX100 dan juga smart watch SmartWatch 2.

Xperia™ Z1 Compact – the best of Sony in a compact waterproof* smartphone

Sony Xperia Z1s

Xperia-Z1s-1

Sedangkan untuk Xperia Z1s, yang awalnya kami duga sebagai versi Barat dari Xperia Z1F yang hanya beredar di Jepang, yang juga dirumorkan menjadi Xperia Z1 mini, ternyata tidak lebih menjadi versi dengan brand T-Mobile dari Xperia Z1. Perbedaan dibandingkan Xperia Z1 yang juga sudah dijual di Indonesia adalah adanya tulisan T-Mobile sebagai identitas, bekerja di jaringan 4G LTE T Mobile, internal storage-nya yang digandakan menjadi 32 GB, serta dibundling dengan konten hiburan eksklusif, enam film gratis dari Sony Video Unlimited dan gratis 60-hari layanan Sony Music Unlimited. Sayangnya versi T-Mobile ini hanya tersedia dalam warna hitam saja.

Xperia-Z1s-2

Selebihnya, kamu masih mendapatkan layar LCD 5-inchi dengan kualitas full HD 1080p, chipset Snapdragon 800, 2GB RAM, Android 4.3, kamera utama 20.7-megapixel, serta fitur yang menjadi fitur andalan flagship Sony, anti debu dan air. Xperia Z1s akan tersedia mulai 13 Januari secara online, dan melalui toko-toko retail T-Mo mulai 22 Januari. Harga kontraknya sendiri US $22 per bulan selama 24 bulan (atau total US $528, sekitar Rp. 6,4 jutaan). Namun jika ada yang membeli T-Mobile Xperia Z1s dan juga PlayStation 4 bersamaan, Sony bersedia memberikan hingga US $100.

Xperia-Z1s-3

Berhubungan dengan konsol PlayStation 4, Xperia Z1s dan juga Xperia Z1 Compact masuk dalam jajaran smartphone yang mendukung aplikasi PlayStation App dan kamu bisa menjadikannya sebagai kontroler opsional untuk PlayStation 4. Sedangkan opsi PlayStation Mobile memberikan akses katalog game mobile dari Sony yang menawarkan banyak game indie, atau game-game lawas PSOne. Bahkan keduanya juga kompatibel dikendalikan menggunakan kontroler Dualshock 3 untuk aktivitas gaming yang lebih nyaman.

Xperia Z1ˢ — The world’s best camera in waterproof smartphone

[cb type=”company”]Sony Mobile[/cb]

Sumber: Sony (Z1 Compact), (Z1s)


SHARE
Previous articleMirror War Boot Camp Recruits
Next articleGame Preview: Tantra Online 2
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.