CES 2014: Sony Perkenalkan Layanan Streaming Game PlayStation Now

PlayStation Now

Sony juga tidak mau ketinggalan dalam Consumer Electronic Show (CES) 2014 ini dengan memperkenalkan layanan streaming game yang mereka sebut dengan PlayStation Now. Singkatnya, PlayStation Now ini adalah sebuah layanan yang diberikan oleh Sony bagi mereka yang ingin memainkan game-game PS3 dan PS2 dengan memanfaatkan teknologi streaming di berbagai macam device Sony, mulai dari tablet Xperia, TV Bravia, PS4, PS3 hingga PS Vita. Untuk mewujudkan layanan ini, Sony siap memanfaatkan secara penuh teknologi layanan cloud Gaikai yang sudah mereka akuisisi pada tahun 2012 lalu seharga US $380 juta.

Dengan menggunakan layanan ini, gamer dapat membeli game secara satuan yang ingin di-streaming ke device, atau mengakses keseluruhan library game yang dimiliki Sony dengan menggunakan sistem pembayaran langganan setiap bulan. Namun sayang, sampai saat ini Sony belum mengkonfirmasikan berapa yang harus dibayarkan jika ingin mendaftar langganan PlayStation Now. PlayStation Now nantinya juga akan memiliki fitur-fitur yang dimiliki oleh setiap game, mulai dari multiplayer hingga trofi yang bisa didapatkan.

Layanan ini tentu menjawab keinginan dari para pemilik PS4 yang mengeluhkan tidak adanya backward compatibility untuk memainkan game-game PS3. Selain itu, Sony juga mengungkapkan bahwa streaming game nantinya bisa dihentikan di satu device, lantas dilanjutkan di device lain jika diinginkan. “Aksesibilitas dari PlayStation Now contohnya adalah gamer yang memainkan PS4 di ruang tamu bisa melanjutkan permainannya di PS3 yang diletakkan di kamarnya,” ungkap Sony dalam pernyataan di CES 2014. “Atau pengguna PS Vita bisa menikmati akses secara instan ke sebuah game di manapun ada koneksi Wi-Fi, lantas bisa memindahkannya ke layar TV Bravia dan memainkan game yang sama saat sudah mencapai rumah,” lanjut pernyataan tersebut.

PlayStation Now

Nantinya, Sony mengungkapkan bahwa PlayStation Now tidak hanya mendukung device buatan Sony saja, akan tetapi terbuka untuk digunakan device lainnya. “Kami senang untuk menghadirkan pengalaman hiburan yang hanya bisa didapat dari PlayStation melalui layanan streaming game baru ini,” ungkap CEO PlayStation, Andrew House dalam konferensi persnya. “PlayStation Now memungkinkan pengguna untuk ikut dalam dunia PlayStation, baik dia merupakan penggemar lama PlayStation, ataupun pengguna yang belum pernah memiliki PlayStation,” lanjutnya.

PlayStation Now

PlayStation Now menurut rencana akan dirilis di US pada pertengahan tahun ini juga, dengan didahului fase beta yang hadir bulan ini juga. Sayang, Sony belum mengkonfirmasikan lebih jauh, apakah nantinya layanan ini juga akan bisa dinikmati oleh pengguna dari region lainnya. Selain konfirmasi, dalam CES 2014 ini Sony juga menyediakan demo PlayStation Now untuk para pengunjung. Dalam demo ini, pengunjung bisa memainkan beberapa game eksklusif PS3 seperti Beyond Two Souls, God of War Ascension, The Last of Us, dan Puppeteer menggunakan PS Vita dan TV Bravia.

[Sumber: CVG/Polygon/PSBlog/Gamespot]


SHARE
Previous articleManga Spin-off Rurouni Kenshin Hadirkan Karakter Antagonis
Next articleRoad to IGS 2014 PES League ID Final
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.