Daftarkan Dirimu untuk Mengikuti Global Game Jam Jogjakarta 2014!

Global Game Jam

Menyusul Jakarta, Jogjakarta menjadi site (tempat penyelenggaraan) kedua Global Game Jam (GGJ) 2014 dari Indonesia yang sudah mendapatkan persetujuan dari panitia pusat GGJ. Global Game Jam Jogjakarta 2014 akan diselenggarakan secara serentak dengan site-site lain di Indonesia dan dunia, tepatnya pada tanggal 24 Januari hingga 26 Januari 2014 yang akan datang. Untuk site-nya sendiri, Jogjakarta akan menggunakan tempat yang sama seperti pelaksanaan JGJ48 yang dilaksanakan tahun lalu, yaitu di Jogja Digital Valley (JDV) Sagan, Jalan Kartini No. 7 Sagan Jogjakarta.

Pengalaman dalam menyelenggarakan Game Jam sebelumnya dalam JGJ48 tentu menjadi modal positif bagi Jogjakarta untuk mengarungi GGJ kali ini. Selain mengembangkan game selama 48 jam bersamaan dengan site lainnya, GGJ Jogjakarta juga akan diisi dengan acara lain, seperti Meetup GameLan yang akan diisi oleh dua pembicara, yaitu Agro Rachmatullah (Meibi Studio) yang membawakan materi “Membangun studio game di Jepang” dan Yogi Aditya (Hinocyber) yang membawakan materi “Post Mortem : Kitaria Defense Online

Global Game Jam Jogjakarta

“Tidak ada syarat yang khusus. Asal bisa spare waktu 48 jam silahkan ikut, newbie maupun pro boleh ikut. Yang awam juga boleh,” ujar panitia regional Jogjakarta, Frida Dwi atau yang akrab disapa dengan UBe kepada Duniaku.net. UBe juga menambahkan, bahwa selama menjalani 48 jam di JDV nantinya peserta juga akan mendapatkan beberapa fasilitas standar yang menunjang aktivitas mereka dalam mengembangkan game. Sama seperti site lain, jika kamu berada di Jogjakarta dan sekitarnya kamu bisa mengikuti site Jogjakarta dengan melakukan tiga langkah berikut ini:

UBe juga mengungkapkan harapannya dengan keikutsertaan Jogjakarta dalam GGJ 2014 kali ini. “Harapannya sih semua peserta bisa dapet ngerasain serunya bikin game, dan mulai develop game mereka sendiri,” ujarnya. Mungkin kamu masih memiliki pertanyaan, seperti apa sih GGJ nantinya? “Dalam GGJ, beberapa developer berkumpul bersama di satu tempat, setiap peserta boleh memiliki latar belakang berbeda-beda (programmer, art, musik, designer, story, dll). Setiap peserta datang sebagai individu dan bukan sebagai team/kelompok. Lalu pada hari-H akan diumumkan sebuah tema dimana setiap peserta harus membuat game menggunakan tema tersebut,” jelas Kris Antoni, panitia GGJ regional Jakarta yang juga menjabat sebagai CEO dari Toge Productions. “Setelah tema diumumkan, setiap peserta boleh membentuk team. Proses pembentukan team bisa berbeda-beda untuk setiap site, tergantung jumlah peserta dan kultur atau kebiasaan di site tersebut. Setelah team dibentuk, peserta bisa langsung membuat game dengan batas waktu 48 jam,” lanjutnya.

Kamu berada di Jogjakarta dan sekitarnya? Ingin bertemu teman-teman developer game dan mengembangkan game bersama-sama dengan mereka? Ayo daftarkan dirimu sekarang juga!


SHARE
Previous articleLEGO Persiapkan Seri The Simpsons Tahun ini
Next articleSkor Review Famitsu Edisi 1309 Hanya Memiliki Satu Juara
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.