Playstation 4 Interview: Astrid Alifia Ramadhina

Di sela-sela kesibukannya menangani event launching perdana PlayStation 4 (PS4) di Indonesia pada tanggal 9 Januari 2014 kemarin, Sony Product Marketing MDR IC- Recorders and Game Business, Astrid Ramadina, menyempatkan waktunya untuk berbincang-bincang dengan Duniaku.net mengenai konsol teranyar dari Sony ini.

Banyak gamer di luar sana yang masih bingung dengan harga PS4 di Indonesia. Sebenarnya berapa harga resmi yang dipatok oleh pihak Sony Indonesia sendiri ?

Ada 2 jenis. Untuk PS4 yang (dijual) dengan aksesoris PS Camera harganya adalah Rp. 7.399.000, sedangkan untuk PS4 non-camera adalah: Rp. 6.999.000

Harga resmi yang dikeluarkan pihak Sony pusat untuk PS 4 adalah US$ 399. Namun mengapa terdapat perbedaan harga yang cukup signifikan ketika dirilis di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia yang menjual PS4 dengan harga RM 1799 dan Singapura yang menjual dengan harga 636 Dollar?

Ya itu pasti, karena pihak Sony kan juga harus memperhitungkan biaya Pajak, Bea Cukai, dsb.

Apakah ada garansi resmi dari pihak Sony apabila PS4 yang sudah kita beli ternyata mengalami error? Kalau ada, apa saja yang di-cover oleh garansi tersebut ?

Yang jelas, kalau misalkan kerusakannya berasal dari pabrik, misalkan baru beli lalu ketika dihidupkan PS4-nya error, pembeli bisa langsung ke Sony untuk menukarkannya dengan konsol yang baru. Sedangkan kalau kerusakannya berasal dari pembeli, maka pembeli harus mengecek terlebih dahulu di bagian mana kerusakannya. Dan jika sudah menemukan di bagian mana rusak / error nya, maka pembeli dapat langsung membawa PS4-nya ke pihak Sony Authorized Service Center di tempatnya masing-masing.

Bagaimana dengan garansi regional Asia Tenggara? Apakah garansi tersebut berlaku juga bagi PS4 di negara Asia Tenggara lain? Contoh, membeli PS4 di Malaysia tapi servis-nya di Indonesia?

Jawabannya hampir sama dengan pertanyaan sebelumnya. Namun tentunya yang diprioritaskan adalah pembeli yang membeli PS4 di Indonesia.

Seperti yang kita tahu, pihak Sony juga merilis Bundle Edition Battlefield 4 dan Killzone: Shadow Fall serta beberapa bundle-bundle lainnya. Apakah bundle-bundle tersebut bersifat terbatas (limited edition) ?

Yap, semua bundle tersebut persediannya sangat terbatas.

Beberapa bundle-bundle plus juga dirilis di region lain. Apakah pihak Sony Indonesia atau Sony Asia berencana untuk merilis bundle ini juga?

Belum ada konfirmasi / rencana pasti mengenai hal ini. Namun yang jelas, beda region ya beda bundle.

Masih mengenai bundle. Sony juga merilis bundle PS4 dengan tambahan TV LED Sony Bravia. Bisa dijelaskan ke gamer kira-kira tipe TV apa yang bisa dipilih oleh gamer untuk memainkan PS4-nya dan berapa harganya?

Sebenarnya itu tergantung dari masing-masing gamer. Namun kalau boleh saya sarankan, ada baiknya gamer memilih TV LED Sony Bravia 46 Inci ke atas yang W Series. Itu kisaran harganya sekitar 12 Juta Rupiah.

Sony juga akan menyediakan aksesoris PS4 untuk wilayah Asia Tenggara lainnya. Apakah ada perbedaan harga dengan harga di negara / region lain? Lalu bagaimana dengan game serta bundle-nya ?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk perbedaan harga pasti ada. Dan untuk game serta bundle-nya, kami belum mendapat info / konfirmasi lagi dari pihak Sony pusat atau Sony Indonesia sendiri.

Apakah pihak Sony nantinya akan tetap kontinyu menyediakan game-game PS4 lainnya di Indonesia?

Itu pasti. Namun semuanya kembali bergantung pada jadwal serta konfirmasi dari pihak developer.

Apa langkah-langkah yang akan dilakukan pihak Sony Indonesia untuk mempromosikan game-game PS4 tersebut?

Yang pasti kami akan mempromosikannya melalui berbagai media dan seperti biasa kami akan mengadakan event Game Trial untuk mengetes serta mempromosikan game-game tersebut.

Bagaimana dengan ekspektasi Sony Indonesia terhadap perilisan PS4 di Indonesia? Apakah ada target tertentu dari pihak Sony Indonesia sendiri?

Pastinya kami berharap konsol ini bisa sukses terjual di Indonesia dan kami juga berharap, mudah-mudahan animo dari masyarakat Indonesia terhadap PS4 ini juga besar.

Apakah nantinya PS4 juga akan tersedia di seluruh outlet Sony di seluruh Indonesia?

Sebelumnya saya mau mengkoreksi dulu. Sebutan kami bukan outlet melainkan Sony Center saja. Dan so far terdapat 7 Sony Center di seluruh Indonesia dan rencana ke depan kami akan menambah 3 Sony Center lagi. Namun untuk dimana lokasi Sony Center selanjutnya serta apakah nantinya Sony Center ini akan hadir di seluruh Indonesia, itu semua tergantung dari keputusan Sony pusat.

Kami mendengar PS Vita TV juga akan dirilis secara resmi di Singapura pada pertengahan Januari nanti. Bagaimana dengan Indonesia apakah PS Vita TV juga dirilis di Indonesia?

Ya bener banget itu. PS Vita TV akan dirilis di Singapura dan di Indonesia pada tanggal 16 Januari 2014.


SHARE
Previous articleCES 2014: Asus PadFone mini Dengan Konsep 2-in-1 Kini Hadir Lebih “Ekonomis”
Next articleOmniCorp Pamerkan RoboCop dalam Presentasi CES 2027
Singer, Radio Announcer, Journalist and Entertainment Savvy and Project Manager@ duniaku.net