Analisa Pertumbuhan Video Game Dunia (Part 1)

Analisa Pertumbuhan Video Game Dunia

Analisa Pertumbuhan Video Game Dunia

Industri video game telah berkembang dengan sangat pesat dalam 10 tahun terakhir. Industri yang awalnya dikaitkan dengan permainan anak-anak ini telah berevolusi menjadi industri hiburan segala usia dengan nilai mencapai puluhan milyar dollar. Menjadi lini industri yang sangat diperhitungkan, artikel ini akan menganalisa pertumbuhan video game dunia.

Pertumbuhan industri game awalnya termonopoli oleh developer hardware maupun software video game di Amerika, Jepang dan Eropa. Kemajuan teknologi yang cepat dan era globalisasi menciptakan kemudahan bagi siapapun untuk terlibat dan masuk ke pasar global. Bahkan di Indonesia, developer software video game, baik aplikasi maupun platform telah banyak ditemukan.

Analisa Pertumbuhan Video Game Dunia 2013 (Part 2)

Analisa Pertumbuhan Video Game Dunia 2013: Pembahasan mengenai pertumbuhan tiap segmen, termasuk mobile dan konsol dan proyeksi pasar di Indonesia kedepannya.
Baca Juga

Banyaknya developer berbakat indonesia, respon pasar yang baik dari sisi lokal maupun internasional membuat Indonesia dengan cepat menjadi salah satu negara yang paling dilirik dalam industri video game. Sejak awal memang pasar video game Indonesia banyak dikuasai asing melalui banyaknya penjualan konsol (meski sebagian besar game saat itu masih bajakan), game-game online buatan luar yang dibawa oleh perusahaan lokal maupun asing, serta aplikasi game dalam smartphone dan tablet yang dapat dengan mudah diunduh di berbagai platform. Kondisi tersebut memaksa developer lokal untuk  tidak dianakemaskan dengan standar ganda oleh konsumen. Mereka harus berkompetisi dengan developer asing secara langsung pada media video game apapun. Hasilnya, developer lokal secara langsung dipaksa untuk masuk ke pasar global dan membuktikan eksistensinya di seluruh dunia.

Dengan terbukanya platform pada smartphone, tablet dan konsol next generation, developer Indonesia harus siap untuk maju ke pasar yang lebih luas. Artikel ini akan membahas pertumbuhan video game secara global, baik dari segi penjualan hingga prediksi kondisi masa depan yang akan terjadi.

Analisa Pertumbuhan Video Game Dunia

Dalam salah satu studi Gartner pada Oktober 2013, tingkat pertumbuhan tahunan industri video game disebutkan ada pada angka 18.3% secara global. Mereka bahkan memprediksikan bahwa angka ini akan meningkat hingga USD 128 triliun pada tahun 2017 nanti. Pertumbuhan yang pesat diprediksikan akan terjadi pada seluruh platform video game, kecuali PC dan handheld.

Simak analisa pertumbuhan segmen mobile pada halaman berikutnya.

1
2
3
4

SHARE
Previous articleAksi Spidey di Foto Terbaru The Amazing Spider-Man 2
Next articleNapak Tilas Film-Film Terlaris Dunia
Memulai kariernya sebagai freelance majalah Ultima Nation, Dipta berkembang hingga menjadi penulis guide di majalah Optima. Ia sempat menghilang pada tahun 2003 untuk mempelajari film di Australia. Pada tahun 2008 Dipta kembali ke Indonesia dan memimpin GAMEZiNE selama kurang lebih 2 tahun. Ia juga sempat memperoleh penghargaan MURI sebagai Pencipta TCG Indonesia Pertama melalui karyanya Vandaria Wars.