Samsung Siapkan Versi Ekonomis Galaxy Note 3 Lite Dengan Prosesor Enam Core

Galaxy-Note-3-Lite-2
Galaxy Note 3 Lite di sebelah kiri, ternyata tidak terpaut begitu banyak dari segi ukuran dibandingkan Galaxy Note 3.

Galaxy Note 3 masih menikmati masa kejayaannya, dan menjadi phablet yang paling hot hingga saat ini. Namun bagi mereka yang masih mempertimbangkan budget, harga yang ditawarkan Samsung itu mungkin terlalu tinggi, meskipun saat ini Galaxy Note 3 sudah berada di angka yang rasional. Untuk mereka yang masih keberatan dengan nilai phablet tersebut, Samsung dirumorkan bakal menawarkan solusi dengan versi “lebih kecil” dari Galaxy Note 3.

Galaxy-Note-3-Lite-3

Masih ingat dengan rumor yang berhembus pertengahan tahun lalu, bahwa Samsung emnyiapkan Galaxy Note 3 dengan beberapa ukuran layar? Ya, tampaknya kabar tersebut bisa menjadi kenyataan. Awal Desember 2013 lalu muncul kabar jika Samsung mencari alternatif untuk memangkas biaya produksi Galaxy Note 3. Menurut sumber kami, mereka akan menggantikan material AMOLED menjadi LCD, dan memasarkannya dalam sebuah produk baru yang belakangan dikenal sebagai Samsung Galaxy Note 3 Neo/Lite.

Galaxy-Note-3-Lite-4

Awalnya versi lebih kecil tersebut akan menggunakan layar yang sama dengan Galaxy Note 3, namun Lite yang kemudian muncul dengan kode nama SM-N750 (Galaxy Note 3 sendiri mandapat label SM-N9000) itu dikabarkan akan menggunakan layar 5.55-inchi, atau sama dengan Galaxy Note II yang sampai saat ini juga masih menjadi favorit. Dengan posisinya sebagai versi downgrade seperti halnya varian mini dari Galaxy S3 atau S4, maka ada perubahan spesifikasi untuk Samsung Galaxy Note 3 Lite ini.

Beberapa sumber kami menyebutkan jika Samsung akan menggunakan dimensi layar yang sama seperti Galaxy Note II, yaitu 5.55-inchi dengan resolusi HD 720p, dan ternyata material layarnya tetap Super AMOLED (sama seperti jenis layar Galaxy Note II), dengan kamera 8-megapixel (yang lagi-lagi sama seperti phablet 2012 tersebut), bahkan baterai 3,100 mAh, RAM 2 GB dan internal 16GB-nya pun juga kita dapati dalam Galaxy Note II.

Galaxy-Note-3-Lite-5

Yang jelas, Galaxy Note 3 Neo juga berbeda dengan Galaxy Note II berprosesor Snapdragon 600, yang beberapa waktu lalu juga muncul dalam daftar Postel Indonesia. Karena untuk Neo, Samsung menggunakan chipset dan prosesor yang berbeda. Diketahui di balik layar Neo tersimpan chipset Exynos 5260 Hexa-Core SoC, yang terdiri dari dua core prosesor 1.7GHz yang dipadukan dengan empat core 1.3GHz Cortex-A7, menghasilkan konfigurasi prosesor baru, Hexa Core (enam core) dan dipadukan dengan GPU ARM Mali-T624. Chipset ini juga memiliki fitur Heterogeneous Multi-Processing (HMP), yang artinya keenam corenya bisa bekerja bersamaan ketika dibutuhkan.

Galaxy-Note-3-Lite-6

Dengan clock speed yang lebih kuat dari empat core 1.6GHz Exynos dalam Galaxy Note 2, kinerja Lite melunjak cukup jauh, meskipun tetap di bawah Snapdragon 800 dalam Galaxy Note 3. Seperti terihat pada beberapa hasil bechmark yang juga kami sertakan di artikel ini, hasil bechmark AnTuTu Lite mencapai angka 29 ribuan, dan itu berada di level Snapdragon 600 yang digunakan Samsung untuk Galaxy S4 versi LTE. Di sisi eksternalnya sendiri, Samsung akan mengadopsi lapisan kulit sintetis yang sama seperti Galaxy Note 3, dan keseluruhan Lite lebih kecil dan tipis dari Galaxy Note II.

Galaxy-Note-3-Lite-7

Seperti yang bisa kamu lihat melalui beberapa foto tidak resmi di artikel ini, secara desain Galaxy Note 3 Lite sama persis dengan kakaknya yang lebih besar, Galaxy Note 3. Teknologi S-Pen yang sama juga kamu dapati melalui Lite, dengan setting tekanan dan sensitivitas S-Pen yang sama. Galaxy Note 3 Lite juga akan ditawarkan dalam dua versi, HSPA+ (SM-N750) dan LTE (SM-N7505). Layar 5.55-inchi 720p HD (1280×720) Super AMOLED, kerapatan 265PPI, 2GB RAM, kamera utama 8-megapixel yang mampu merekam video Full HD 1080p, kamera sekunder 2.1-megapixel dengan opsi video full HD, 16GB internal storage, slot MicroSD hingga 64 GB, baterai 3,100-mAh. Oh ya, port USB dalam Neo juga mendapatkan upgrade, kini mendukung USB 3.0 seperti pada Galaxy Note 3, dan langsung menjalankan Android 4.3.

Galaxy-Note-3-Lite-8

Galaxy-Note-3-Lite-9

Samsung sepertinya akan mengkonfirmasikan pertama kali Galaxy Note 3 Neo/Lite ini selama event Mobile World Congress 2014 yang akan berlangsung mulai 24 Februari mendatang.

Sumber: Sammobile


SHARE
Previous articleKonami Konfirmasikan PES 2015 untuk PS4!
Next articleAgate Studio Selenggarakan Event Siege of Osaka dalam Sengoku Ixa
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.