Inilah Bayaran Seorang Aktor/Aktris Bermain dalam Film Superhero

Superhero

Bicara tentang film superhero, sepertinya tidak akan ada habisnya. Dengan perkembangan film saat ini dimana Marvel dan DC tengah sibuk untuk mengangkat satu per satu jagoannya, film superhero menjadi ladang yang subur untuk para aktor dan aktris yang terpilih untuk mendapatkan bayaran yang fantastik. Penasaran seberapa besar mereka dibayar untuk bermain dalam film superhero? Inilah bayaran yang didapat oleh aktor dan aktris tersebut:

Christopher Reeve Kantongi $250.000 untuk Film Superman I dan II
Diantara semuanya, almarhum Reeve berada diposisi terakhir. Setelah mengalahkan lebih dari 200 aktor yang ikut audisi untuk peran Superman, Reeve akhirnya berhasil mendapatkan peran tersebut dan mendapat bayaran sebesar $250.000 untuk bermain di dua film Superman yaitu, Superman (1978) dan Superman II (1980) yang syutingnya dilakukan secara bersamaan. Kabarnya, ia mendapatkan bayaran total $3,7 juta untuk semua film Superman yang ia mainkan.

Michelle Pfieffer Mendapatkan $3 Juta dari Batman Returns
Posisi dua dari bawah diduduki oleh Michelle Pfieffer yang mendapat bayaran sebesar $3 juta untuk bermain sebagai Catwoman dalam film Batman Returns (1992). Ia mendapatkan bayaran $2 juta lebih banyak dari yang ditawarkan kepada aktris Annette Bening. Pfieffer akhirnya terpilih setelah Bening yang mendapat tawaran lebih awal untuk peran tersebut akhirnya tersingkir setelah ia positif hamil.

Jennifer Garner Kantongi $3 Million dari Film Elektra
Selanjutnya ada aktris Jennifer Garner. Setelah bermain sebagai Elektra di film Daredevil di tahun 2003, Jennifer kembali memainkan peran tersebut di spin-off nya di tahun 2005. Kabarnya, Jennifer mendapat bayaran sebanyak $3 juta untuk masing-masing film. Sayangnya, film Elektra tersebut gagal dipasaran. Meski begitu, ia akhirnya menikah dengan Ben Affleck, lawan mainnya dalam film Daredevil dan dikaruniai tiga orang anak. Setelah film tersebut, Jennifer lebih banyak menghabiskan waktunya bermain di film-film indie.

Nicolas Cage Kantongi $7.5 Juta Untuk Bermain di Ghost Rider: Spirit of Vengeance
Nicolas Cage kantongi bayaran sebesar $7,5 juta untuk kembali bermain sebagai Johnny Blaze/Ghost Rider di Ghost Rider: Spirit of Vengeance. Tak seperti di film Ghost Rider pertama yang berhasil menuai sukses, film kedua ini justru gagal dipasaran. Setelah itu, Cage tidak lagi tertarik untuk bermain sebagai Johnny Blaze, jika film ini akan dibuat kelanjutannya.

Ryan Reynolds Peroleh $9 Juta di Film The Green Lantern
Meski Ryan Reynolds sangat tertutup mengenai tarifnya sebagai seorang aktor, namun mantan suami Scarlett Johansson ini diketahui memperoleh bayaran sebesar $9 juta untuk peran Hal Jordan yang ia mainkan dalam film The Green Lantern (2011). Sama seperti Ben Affleck dan Jennifer Garner, Reynolds juga menikahi lawan lainnya dalam film tersebut, Blake Lively, di tahun 2012.

Tak hanya bermain di film superhero DC, Reynolds juga bermain di film superhero Marvel, X-Men Origins: Wolverine, sebagai Deadpool. Kabarnya, Reynolds akan kembali memainkan peran tersebut dalam film Deadpool, yang sampai saat ini masih belum diketahui kejelasan dari proyek film tersebut.

Wesley Snipes Peroleh Sekitar $10 Juta Untuk Blade II
Sulit untuk diketahui angka pasti tentang berapa Snipes dibayar untuk masing-masing film Blade. Namun menurut informasi dari pajak, Snipe melakukan pelanggaran pajak penghasilan, ia diketahui mendapatkan pemasukan lebih dari $10 juta, hanya untuk Blade II (2001) saja. Mungkin angka tersebut tidak hanya bayarannya sebagai aktor, karena dalam trilogi Blade, ia juga berperan sebagai produser. Dan perlu dicatat, film terakhirnya, Blade Trinity, yang ia mainkan bersama Jessica Biel dan Ryan Reynolds, menjadi film yang gagal di pasaran.

George Clooney Peroleh $10 Juta Untuk Perannya Sebagai Bruce Wayne dalam Film Batman and Robin
Clooney merupakan aktor ketiga yang bermain sebagai Batman sejak karakter ini diadaptasi di layar lebar tahun 1989, dan menggantikan pemeran sebelumnya, Val Kilmer. Dan di film Batman and Robin (1997), ia diketahui mendapat bayaran sebesar $10 juta pada waktu itu. Tapi sayang, film ini justru merupakan film Batman terburuk sepanjang sejarah filmnya. Sampai saat ini banyak yang mengatakan bahwa “Nipple Batsuit” merupakan hal yang sangat tidak berguna.

Michael Keaton Peroleh $10 Juta di Batman Returns
Masih dengan film Batman, Michael Keaton dibayar sebesar $10 juta setelah setuju untuk bermain kembali sebagai Bruce Wayne di sekuelnya, Batman Returns (1992). Ia menerima tawaran tersebut setelah mendapatkan kenaikan gaji yang signifikan dari film Batman yang pertama.

Ia juga sempat ditawari gaji sebesar $14 juta untuk kembali memainkan peran tersebut di Batman Forever arahan sutradara Joel Schumacher. Namun karena tidak sejalan lagi dengan misi dari franchise ini, Keaton akhirnya menolak tawaran tersebut. Peran Bruce Wayne pun akhirnya jatuh pada aktor Val Kilmer.

Ben Affleck Kantongi $12.5 Juta dari Film Daredevil
Tak seperti Elektra yang gagal, film Daredevil (2003) berhasil mencuri perhatian para penikmat film, khususnya para penggemar superhero Marvel. Dan untuk perannya sebagai Matt Murdock, pengacara buta dari Hell’s Kitchen, yang menyamar sebagai Daredevil di malam hari, Affleck membawa pulang uang sebesar $12.5 juta.

Halle Berry Juga Kantongi $12,5 Juta dari Film Catwoman
Di tahun 2004, Halle Berry kemungkinan adalah aktris dengan bayaran tertinggi di Hollywood. Ia mengantongi uang sebesar $12,5 juta dari film Catwoman, yang ternyata gagal total dipasaran. Bahkan, atas perannya di film tersebut, Berry mendapat penghargaan dari Golden Razzie sebagai aktris terburuk.

Sylvester Stallone Mendapat $15 Juta dari Judge Dredd
Sly mendapatkan bayaran yang fantastik dari film Judge Dredd (1995), yaitu sebesar $15 juta. Film ini sendiri kemudian dibuat ulang di tahun 2012 oleh sutradara Pete Travis, dengan memasang aktor Karl Urban (Star Trek Into Darkness) sebagai pemeran utamanya.

Keanu Reeves Bawa Pulang $15 Juta Untuk Dua Sekuel The Matrix
Sepertinya Keanu Reeves membuat keputusan yang tepat dengan menerima tawaran bermain sebagai Neo film The Matrix (1999). Bagaimana tidak, ia tercatat mendapatkan bayaran sebesar $10 juta saat bermain di film pertama, dan mendapat masing-masing $15 juta di dua film selanjutnya, The Matrix Reloaded dan The Matrix Revolutions, yang sama-sama dirilis di tahun 2003.

Marlon Brando Bawa Pulang $16 Juta dari Superman
Berbeda dengan Christopher Reeve, Marlon Brando mendapat bayaran jauh lebih besar darinya meski ia bukan pemeran utama dalam film tersebut. Total, ia mendapat pemasukan sebesar $16 juta dari film tersebut.

Tobey Maguire Kantongi $17.5 Juta dari Spiderman 2
Awalnya Tobey Maguire dapatkan bayaran sebesar $4 juta untuk perannya sebagai Peter Parker di film Spiderman (2002). Namun di tahun 2004, bayarannya naik secara signifikan menjadi $17,5 juta, ditambah penawaran untuk bermain di film ketiga. Di tahun 2007, ia mendapat bayaran sebesar $15 juta untuk kembali bermain sebagai Peter Parker di Spiderman 3.

Scarlett Johansson Akan Mendapat Bayaran $20 Juta di The Avengers: Age of Ultron
Sama seperti Tobey Maguire, Scarlett Johansson juga mendapat kenaikan yang sangat signifikan dari perannya sebagai Black Widow. Karirnya dalam film-film Marvel sebagai Black Widow dimulai dari film Iron Man 2 yang dirilis tahun 2010 yang lalu, dan dalam film tersebut ia mendapat bayaran sebesar $400.000. Kini, setelah bermain di The Avengers Assemble tahun 2012 yang lalu, pendapatan Johansson melesat jauh di film kedua The Avengers. Diketahui bahwa Johansson akan mendapat bayaran sebesar $20 juta untuk perannya sebagai Black Widow di The Avengers: Age of Ultron (2015).

Hugh Jackman Peroleh $20 Juta dari X-Men Origins: Wolverine
Sukses memerankan karakter Logan/Wolverine dalam trilogi X-Men, Hugh Jackman pun pendapat filmnya sendiri di tahun 2009, X-Men Origins: Wolverine. Dalam film yang mengangkat kisah tentang awal mula kehidupan Wolverine hingga ia menjadi lupa ingatan ini, Jackman memperoleh bayaran sebesar $20 juta. Dan kabarnya, setelah kesuksesan yang diraih film keduanya kemarin, The Wolverine, Fox kini tengah mengembangkan film ketiganya, dimana Jackman akan kembali diduetkan dengan sutradara James Mangold.

Will Smith Kantongi $20 Juta dari Film Hancock
Bermain sebagai John Hancock, superhero alkoholik dan lupa ingatan di tahun 2008, Will Smith tercatat kantongi bayaran sebesar $20 juta. Film Hancock sendiri berhasil meraup pemasukan sebesar $620 juta di seluruh dunia.

Arnold Schwarzenegger Bawa Pulang $25 Juta dari Batman and Robin
Kembali lagi ke film Batman and Robin (2007). Meski ini merupakan film Batman terburuk, namun memerankan karakter Mr. Freeze dalam film tersebut, Arnold Schwarzenegger  pulang dengan membawa bayaran sebesar $25 juta. $15 juta lebih banyak dari apa yang didapat George Clooney.

Christian Bale Peroleh $30 Juta dari The Dark Knight
Awalnya, di Batman Begins, Bale dibayar lebih sedikit dari yang didapat George Clooney di film Batman & Robin. Tapi untuk film The Dark Knight yang dirilis tahun 2008, bayaran Bale naik menjadi $10 juta. Namun karena studio melihat prospek yang cerah dari The Dark Knight, bayaran Bale pun akhirnya menyentuh angka $30 juta.

Robert Downey Jr. Bawa Pulang $50 Juta dari The Avengers
Dan ternyata, bukan Robert Downey Jr. yang mendapat bayaran terbesar dalam film superhero Hollywood, ia hanya menduduki posisi kedua. Tahukah kamu, ia hanya mendapat bayaran $500.000 saat bermain di film pertama Iron Man (2008). Tapi pendapatannya naik seratus kali lipat saat ia kembali bermain sebagai Tony Stark di film The Avengers. Pendapatan Downey Jr. merupakan hasil kesepakatan dari persentase pendapatan film The Avengers, yang ternyata berhasil meraih sukses besar dan menjadi film ketiga terlaris sepanjang sama setelah Avatar (2009) dan Titanic (1997).

Jack Nicholson Kantongi $60 Juta Sebagai The Joker
Dan posisi pertama dipegang oleh aktor Jack Nicholson. Memilihnya sebagai pemeran The Joker, Warner Bros. harus setuju untuk membayar Jack Nicholson sebesar $60 juta, angka ini jauh melebihi apa yang didapat oleh Michael Keaton. Angka tersebut merupakan hasil dari persentasi pendapatan film, ditambah dengan kesepakatan khusus yang memberinya royalti atas semua barang dagangan.

Dan inilah deretan aktor dan aktris Hollywood dengan bayaran mereka yang fantastik. Dengan film bertema superhero yang saat ini tengah terus berkembang, bukan hal yang tak mungkin kalau nantinya kita akan menemukan aktor/aktris dengan bayaran yang lebih fantastik lagi.