Unity Tambahkan Dukungan untuk Mengembangkan Game di PS Vita

Unity

Salah satu engine multiplatform populer di kalangan developer game, Unity merilis update baru di pertengahan Januari ini. Setelah memberikan dukungan untuk PS3, Unity versi 4.3 kembali memberikan dukungan untuk handheld milik Sony, PS Vita. Artinya, developer game nantinya bisa menggunakan engine ini untuk mengembangkan game di PS Vita, tentu saja setelah terdaftar sebagai salah satu developer resmi PlayStation.

Developer yang sudah terdaftar bisa menggunakan Unity untuk mengembangkan game di PS Vita plus memanfaatkan hardware yang dimiliki PS Vita seperti kamera, dua tombol analog, sensor gerakan hingga touchpad bagian belakangnya. Unity untuk PS Vita ini juga mendukung integrasi dengan PlayStation Network, sehingga kamu bisa mengimplementasikan fitur-fitur PSN ke dalam game yang kamu kembangkan, mulai dari fitur Friends, Matchmaking hingga Trophies.

Unity

“Seperti platform lain yang kami dukung, Unity untuk PS Vita memperkenankanmu untuk mengembangkan game satu kali, tanpa harus menulis kode kembali dari awal. Cukup build dan jalankan di development kit PS Vita,” tulis pernyataan resmi dalam blog mereka. “Bukan hanya itu, kamu sekarang juga bisa membuat baik game 2D maupun 3D dengan Unity 4.3, menganimasikan segalanya dengan sistem animasi natif Mecanim, dan mengimplementasikan grafis yang keren. Dan semua itu bisa langsung kamu jalankan di development kit PS Vita-mu dengan iterasi yang cepat!,” lanjut posting tersebut.

Dukungan untuk PS Vita ini merupakan bagian dari kerja sama antara Unity dengan Sony. Kilas balik pada bulan Maret 2013 lalu, sang CEO David Helgason mengkonfirmasikan bahwa Unity akan memberikan dukungan penuh untuk konsol dan handheld Sony, mulai dari PS3, PS4, PS Vita dan PlayStation Mobile. Tentu saja, dukungan untuk PS Vita ini semakin memudahkan developer untuk mengembangkan game secara multiplatform. Unity sendiri sudah memberikan contoh Stick It to The Man yang dikembangkan secara multiplatform menggunakan engine ini. Setelah hadir untuk PS3 dan PC melalui Steam, akhirnya menggunakan update baru ini, sang developer Zoink! bisa membawa game ini untuk dinikmati di PS Vita juga.


SHARE
Previous articleKembangkan Safarimu Sendiri di Harvest Moon: Linking the New World
Next articleDreamWorks Rilis Featurette dan Dua Poster Terbaru Need for Speed
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.