Valve Berencana Menghapus Steam Greenlight

Steam Greenlight

Sudah sekian lama Steam Greenlight menjadi media bagi para developer independen yang ingin menembus ketatnya persaingan di Steam. Lewat Steam Greenlight, sebuah game berjuang untuk mendapatkan dukungan dari para komunitas, lantas game dengan dukungan yang banyak akan mendapatkan kesempatan dipublikasikan di platform game terbesar tersebut. Banyak game sukses yang lahir dari Steam Greenlight, bahkan salah satu game buatan developer Indonesia, DreadOut berhasil menjadi salah satu yang mendapatkan dukungan di Steam Greenlight dan kini tengah bersiap untuk dipublikasikan di Steam?

Namun, apa jadinya jika konsep Steam Greenlight ini dihapuskan oleh Valve? Itulah yang terbersit dari pernyataan Gabe Newell, presiden Valve dalam Steam Dev Days yang tengah berlangsung. Dalam acara yang tertutup untuk umum ini, Gabe mengungkapkan bahwa konsep Steam Greenlight jauh dari kata sempurna dan akan “menghilang” untuk selamanya. Kabar buruk bagi developer indie? Untungnya tidak, karena Gabe mengungkapkan bahwa Steam Greenlight dihapus bukan untuk selamanya, namun berevolusi untuk menjadi lebih baik lagi.

Steam Greenlight

“Tujuan kami adalah untuk menghilangkan Steam Greenlight,” ungkap Gabe dalam acara tersebut. “Bukan, bukan berarti Steam Greenlight tidak bermanfaat. Tetapi karena kami berevolusi (untuk lebih baik),” lanjut Gabe. Menilik kalimat dari Gabe ini, bisa jadi konsep yang selama ini ada di Steam Greenlight akan dihapuskan, namun nantinya akan digantikan dengan “evolusi” yang lebih baik untuk mewadahi para developer independen yang ingin menembus Steam, entah itu dengan konsep baru namun masih menggunakan nama Steam Greenlight, ataukah konsep crowdsource baru dengan nama yang baru pula.

Gabe memang tidak menjelaskan secara rinci bagaimana Steam akan berevolusi, termasuk untuk Steam Greenlight. Namun banyak pihak yang beranggapan, bahwa pernyataan Gabe ini nantinya akan diwujudkan dalam sebuah platform Steam yang lebih ramah untuk developer indie, terutama untuk mempermudah jalan mereka ketika akan mempublikasikan game di Steam. Dalam Steam Dev Days ini, Valve juga membagi-bagikan Steam Machine gratis bagi para developer untuk membantu mereka mengembangkan game untuk PC gaming (atau konsol) tersebut. Hal ini tentu membuka kemungkinan banyaknya game eksklusif yang akan membanjiri Steam Machine saat dirilis nantinya.

Sampai saat ini, Steam Greenlight sudah membuka jalan bagi 442 game untuk dipublikasikan di Steam. Dari jumlah tersebut, total sudah ada 177 game yang sudah berhasil dipublikasikan secara penuh. Apakah konsep baru untuk developer indie dari Valve nantinya akan menambah banyak jumlah ini? Kita tunggu saja!

[Sumber: Gamespot/Shacknews]


SHARE
Previous article20th Century Fox Usung Magic: The Gathering Ke Layar Lebar
Next articleReview Final Fantasy VI Android: Cukup Membuat Kami Mau Menekan “Buy” dan “New Game”
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.