Review Brave Frontier, Berasa Mainkan Puzzle & Dragons dengan Cover Baru

Brave-Frontier-2

Grand Gaia, a land hidden away by the gods
Legends speak of a great power hidden there…
Lucius’ Gate, doorway to Grand Gaia
And what awaits beyond…

Setelah suksesnya Puzzle & Dragons, kita seakan terpaku dengan gamenya GungHo tersebut karena mampu menarik puluhan juta pemain dan pendapatan harian yang masuk kata fantastis untuk ukuran sebuah game mobile. Dan di tengah semarak Puzzle & Dragons yang sebenarnya mencampur adukkan konsep gameplay banyak game mobile yang sudah ada dengan elemen collectible ala Pokémon, pertengahan Juli 2013 lalu di Jepang sebuah studio baru bernama Alim muncul ke permukaan mengkonfirmasikan Brave Frontier, game yang juga sama ditawarkan sebagai RPG berbasis game sosial (harus online, terkoneksi dengan akun jejaring sosial, dalam hal ini Facebook) dengan gaya visual karakternya (ada lebih dari 200 pilihan) yang digambarkan sangat imut, serta menjual mekanis pertarungannya yang berbeda dibandingkan tipikal game sosial di Jepang.

Brave-Frontier-3

Studio yang berbasis di Tokyo tersebut sebenarnya juga nama baru. Terdaftar mulai Maret 2013 lalu, dan mereka mendapatkan pendanaan dari gumiB-Dash, serta Fuji Startup. Yang menarik dari beberapa perusahaan pendukung Alim adalah Fuji Startup yang dioperasikan oleh Fuji TV, jaringan televisi terbesar di Jepang. Meskipun Alim belum terlihat memanfaatkan kekuatan para penyandang dananya, namun Brave Frontier yang ditawarkan secara gratis (free-to-play), serta kamu bebas memainkannya bergantian melalui satu akun dengan platform yang berbeda baik di iOS atau Android (platform-free), sudah membuktikan bahwa konsep gameplay yang seakan mengembalikan gamer pada masa keemasan RPG klasik melalui mekanis pertarungan turn-based serta banyaknya unsur RPG yang disisipkan ke dalamnya.

Brave-Frontier-4

Di iOS dan Android, Brave Frontier mendapatkan rata-rata rating 4.5, dan pada 14 Januari 2014 lalu, Gumi, tim berbasis di Singapura yang membawa game tersebut ke versi internasional, menyebutkan jika sejak dirilis pada awal Desember 2013, Brave Frontier sudah diunduh lebih dari 500 ribu kali.

Apa yang membuat Brave Frontier terasa berbeda dari tipikal game sosial Jepang lainnya yang juga terus bermunculan akhir-akhir ini adalah gameplay, yang mengingatkan kami pada Valkyrie Profile. Ya, meskipun banyak yang menyebutkannya mirip dengan Puzzle & Dragons, namun di sini kamu tidak perlu berhadapan dengan kotak yang dipenuhi dengan permata, dan mengamati mana yang cocok untuk disamakan warnanya sehingga karakter bisa menyerang musuh.

Brave-Frontier-14

Sekilas konsepnya memang sama dengan game sosial mobile yang hingga saat ini menjadi benchmark tersebut, karena kamu juga bisa menangkap serta evolusikan lebih dari 200 karakter atau monster-monster imut. Pertarungannya pun juga melibatkan elemen alam yang cocok menjadi basis serangan pada musuh yang elemennya bertolak belakang, untuk menghasilkan damage yang lebih besar. Kamu mengendalikan summoner yang bertugas menyelamatkan Grand Gaia dari ancaman kekuatan jahat. Dengan kemampuan summon, kamu bisa memanggil banyak karakter (sejauh ini disebutkan hingga 200, meskipun penulis sendiri baru mampu men-summon di angka puluhan) legendaris tersebut, atau bisa juga mengevolusikan mereka. Setidaknya beberapa elemen game ini sama dengan game benchmark-nya.

Lanjut ke halaman 2….