Samsung Galaxy Tab3 Lite Dikonfirmasikan, Bakal Ditawarkan di Harga 2 Jutaan!

Galaxy-Tab3-Lite-3

Samsung menambah anggota Galaxy Tab mereka dengan Galaxy Tab3 Lite. Kata “lite” bisa berarti versi yang lebih kecil, atau yang spesifikasinya lebih rendah dari sebelumnya. Samsung mengajukan solusi kedua untuk pengguna entry level di kelas bawah. Dengan dimensi layar  7-inchi, tablet ini mengajukan kombinasi hardware prosesor dual-core processor, RAM 1 GB dan resolusi 600 x 1024-pixel melalui OS Android 4.2 Jelly Bean. 

Meskipun pas-pasan, namun spesifikasi yang mereka ajukan masih cukup mumpuni untuk fungsi-fungsi dasar Android. Melengkapi prosesor dual-core 1.2 GHz dari chipset Marvell PXA986, serta didukung GPU Vivante GV1000 yang sama seperti saudara 7-inchinya yang sudah eksis sejak pertengahan tahun lalu. Jatah memory RAM 1 GB pun seharusnya tidak akan membuatnya ngos-ngosan ketika menjalankan mayoritas aplikasi Android di Play Store. Melengkapinya ada layar LCD 7-inchi WSVGA (1024 X 600), internal storage 8GB, bisa diperbesar melalui micro SD hingga 32 GB, serta baterai 3600-mAh dengan klaim waktu pengoperasian ketika memutar video bisa aktif hingga 8 jam.

Galaxy-Tab3-Lite-4

Galaxy Tab3 Lite juga memiliki kamera utama 2-megapixel, modul WiFi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, Bluetooth 4.0, USB 2.0 dan GPS + GLONASS. Meskipun sensor kameranya dibatasi hanya 2-megapixel saja, namun Samsung menjanjikan akan ada banyak opsi memotret, mulai Smile Shot, Shoot & Share hingga Panorama Shot. Sedangkan kamera depan yang kamu temui dari Galaxy Tab 3 7.0 dibuang di sini, jadi kamu harus puas dengan satu kamera saja. Apa lagi yang hilang? Port IR blaster yang sebelumnya ada di sisi kanan pada Galaxy Tab 3 (versi WiFi) pun juga absen di sini. Oh ya, kapasitas baterainya juga lebih kecil.

Galaxy-Tab3-Lite-1

Tablet dengan dimensi 116.4 x 193.4 x 9.7mm dan berat 310 gram ini belum diungkapkan berapa harganya, dan kapan akan dirilis. Mereka hanya memastikan jika versi Lite dengan kode nama SM-T110 yang akan ditawarkan dengan pilihan warna hitam dan putih, serta ada versi WiFi dan 3G  ini akan dipasarkan secara global. Indonesia sendiri kemungkinan besar juga akan kebagian, karena pengajuan sertifikat penjualannya sudah diajukan oleh Samsung sejak Desember 2013 lalu.

Di luar sana Galaxy Tab 3 varian terendah yang layarnya 7-inchi sudah dijual di rentang harga US $150, dan bisa jadi versi lite ini akan ditawarkan di bawahnya. Seandainya masuk Indonesia Samsung mampu memasarkannya di bawah harga 2 jutaan, pasti akan menjadi pilihan yang menarik, mengingat brand Samsung cukup kuat di negara kita. Apalagi untuk casing belakangnya, versi lite ini menganut material yang sepertinya mirip kulit sintetis pada Galaxy Note 3.

UPDATE: Samsung sudah membuka pre-order Galaxy Tab3 Lite di Rusia dengan harga RUB6,990, atau sekitar Rp. 2,5 jutaan untuk versi WiFi, sedangkan untuk versi 3G ditawarkan RUB9,900, atau sekitar Rp. 3.5 jutaan. Sepertinya harganya tidak terlalu “LITE” ya!

Galaxy-Tab3-Lite-5

Spesifikasi Galaxy Tab3 Lite (7”)

  • Network: Versi Wi-Fi atau versi 3G (HSPA+ 21/5.76)
  • Prosesor: 1.2 GHz Dual Core
  • Memory: 1GB
  • Internal storage: 8GB dengan micro SD (hingga 32GB)
  • Layar: 7-inch WSVGA (1024 X 600)
  • OS: Android 4.2 (Jellybean)
  • Kamera: 2 Megapixel
  • Codec Video: MPEG4, H.263, H.264, VP8, VC-1, WMV7/8, Sorenson, Spark, MP43
  • Memutar Video: 1080p@30fps
  • Codec Audio: MP3, AMR-NB/WB, AAC/AAC+/eAAC+, WMA, OGG(Vorbis), FLAC, PCM, G.711
  • Fitur tambahan Samsung: Samsung Apps, Samsung Kies, Samsung TouchWiz, Samsung Hub (MR), ChatON, Samsung Link, Samsung Voice, Dropbox, Polaris Office, Flipboard
  • Google Mobile Service: Chrome, Search, Gmail, Google+, Maps, Play Books Play Movies, Play Music, Play Store, Hangouts Voice Search, YouTube, Google Settings
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11 b/g/n/ (2.4GHz), Wi-Fi Direct, BT4.0, USB2.0
  • GPS: A-GPS + GLONASS
  • Sensor: Accelerometer
  • Dimensi: 116.4 x 193.4 x 9.7mm, 310g (versi WiFi)
  • Baterai: 3,600mAh

[cb type=”company”]Samsung Electronics[/cb]

Sumber: Samsung


SHARE
Previous articleDuniaku Globe: Porn in Game, Is it Necessary?
Next articleVideo Gameplay Titanfall Versi Alpha Bocor di Dunia Maya!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.