Instagram Menjadi Jejaring Sosial Paling Ramai di Sepanjang 2013

Instagram

Menurut survei yang diterbitkan oleh GlobalWebIndex, Instagram menjadi jejaring sosial yang paling cepat pertumbuhannya sepanjang 2013 lalu, dengan pengguna aktifnya yang meningkat menjadi 23% selama enam bulan terakhir, meskipun keseluruhan posisinya masih di belakang Facebook, YouTube, Google+, Twitter dan LinkedIn, yang sampai saat ini masih menduduki posisi lima besar jejaring sosial terpopuler.

Instagram-User-1

Penelitian yang dilakukan Global Web Index tersebut mendapatkan sampel dari 170,000 pengguna dari 32 negara. Hasilnya meunjukkan jika Facebook masih menjadi jejaring sosial yang paling banyak digunakan, dengan jumlah akun beberapa kali lebih besar dibandingkan jejaring sosial lainnya. Posisi kedua dan ketiga diduduki Google+ dan YouTube, meskipun jumlah yang tercatat pada keduanya agak rancu, mengingat Google selalu menyatukan semua layanan mereka bisa diakses dengan satu akun yang sama. Posisi selanjutnya diduduki Twitter dan LinkedIn. Agak ke bawah juga masuk nama-nama baru dengan konsep yang hampir sama karena berbasis sharing foto, yaitu Pinterest dan Instagram, yang sama-sama memulai debutnya pada tahun 2010.

Instagram-User-2

Instagram-User-3

Berdasarkan grafik tersebut, dalam hal pertumbuhan pengguna aktif, Instagram menjadi yang terbesar, 2 kali lebih besar dari LinkedIn, dan bahkan 10x dari Twitter. Sedangkan ketika melihat bagaimana situs-situs tersebut diakses, perangkat mobile memberi kontribusi terbesar. Hampir 66% responden mengatakan mereka menggunakan smartphone untuk mengakses media sosial, sedangkan PC dan tablet berada di posisi kedua dan ketiga mencakup 64% dari keseluruhan user.

Sumber: GlobalWebIndex


SHARE
Previous articleKurang dari Seminggu, Infectonator Survivors Berhasil Menembus Steam Greenlight!
Next articleMicrosoft Butuhkan 75 Prototype Sebelum Putuskan Desain Akhir Xbox One
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.