Tidak Ada Opsi Kustomisasi dan Upgrade untuk Steam Machine dari Alienware

Steam Machine dari Alienware

Dalam konfirmasi beberapa varian Steam Machine selama perhelatan Consumer Electronic Show (CES) 2014 yang lalu, Steam Machine dari Alienware adalah salah satu yang menarik banyak perhatian. Selain datang dari merk yang sudah populer di kalangan gamer PC, Steam Machine dari Alienware juga memiliki desain yang lebih elegan dan cantik dibanding Steam Machine dari pabrikan lainnya. Tetapi bagi kamu yang sudah siap-siap untuk mendapatkan Steam Machine dari Alienware tampaknya harus memikirkan ulang rencanamu, karena Alienware mengungkapkan bahwa mereka tidak memberikan opsi kustomisasi ataupun upgrade bagi Steam Machine tersebut.

Alienware sudah mengkonfirmasikan, bahwa mereka akan merilis Steam Machine paling tidak setiap tahun, untuk membuat daur hidup yang mirip dengan konsol. GM dari Alienware, Frank Azor sendiri memastikan, bahwa Steam Machine dari mereka akan mirip dengan konsol dari Sony dan Microsoft, yang artinya hardware dalam Steam Machine ini akan terkunci, tidak bisa dikustomisasi maupun di-upgrade seperti Steam Machine dari pabrikan lainnya. Artinya juga, jika kamu ingin memainkan game dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari spesifikasi Steam Machine yang sudah kamu beli, tidak ada jalan lain selain membeli Steam Machine Alienware yang baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Steam Machine dari Alienware

Lebih lanjut, Azor mengungkapkan bahwa daur hidup dari Steam Machine ini akan lebih cepat dibandingkan konsol. “Untuk daur hidup, konsol selalu meng-update-nya setiap lima, enam atau tujuh tahun. Kami akan meng-update Steam Machine ini setiap tahun,” ungkapnya seperti dikutip dari PCR. “Tidak ada opsi untuk kustomisasi. Kamu juga tidak bisa meng-update-nya,” lanjut Azor. “Platform ini akan terus berevolusi sejalan dengan game yang membutuhkan resource semakin besar,” lanjutnya.

Azor juga menyarankan gamer yang ingin mendapatkan Steam Machine yang bisa dikustomisasi untuk memilih produk lain dari mereka. “Jika kamu benar-benar ingin mengkustomisasi Steam Machine Alienware, mungkin untuk mengganti graphic card atau memasang CPU baru, mungkin akan lebih baik untuk menggunakan Alienware X51,” pungkas Azor.

Steam Machine dari Alienware
Alienware X51

Satu kebijakan menarik dari Alienware, mengingat Steam Machine dari pabrikan lain justru menawarkan fleksibilitas kustomisasi dan upgrade hardware untuk Steam Machine mereka. Alienware justru meniru konsep dan daur hidup dari konsol dengan mengunci hardware serta merilis Steam Machine secara berkala. Belum ada jadwal rilis resmi dari Steam Machine Alienware ini, namun kabarnya mereka sudah berancang-ancang untuk merilisnya sekitar bulan September tahun ini juga.

[Sumber: PCR]


SHARE
Previous articleAnalisa Pertumbuhan Video Game Dunia 2013 (Part 2)
Next articleFIFA Online 3 Siap Meluncur di Indonesia Februari 2014 Mendatang!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.