Game Mobile Terbaru: Rube Works, Demolition Duke, Magic Rampage, Dark Parables, Need for Speed Network

Rube-Works-3

Ada beberapa game mobile baru dirilis seminggu belakangan. Mulai yang casual, puzzle, action side-crolling, adventure hingga companion app untuk game konsol dan PC. Berikut kompilasi game mobile terbaru yang bisa kalian jadikan referensi sebelum mengunduh dan memainkannya.

Rube Works: Rube Goldberg Game

Rube-Works-2

Sebagai seorang kartunis sekaligus penemu, Reuben Garrett Lucius Goldberg, atau yang lebih dikenal sebagai Rube Goldberg, memiliki beragam mesin atau gadget kompleks dengan satu fungsi yang sebenarnya sederhana, dan dia kenalkan melalui banyak program televisi edukasi dan juga disisipkan dalam banyak episode serial animasi anak-anak. Gadget tersebut seharusnya juga cocok diwujudkan dalam sebuah game puzzle pengasah otak. Sayangnya, selama ini tidak banyak game yang memasukkan gadget Rube Goldberg, hingga Unity Games (yang beberapa waktu lalu juga kami ulas melalui Archangel) menghadirkan Rube Works: The Official Rube Goldberg Invention Game untuk Apple iOS pada 13 November 2013 lalu. Kemudian 15 Januari 2014 kemarin Unity Games merilisnya untuk Android.

Rube-Works-4

Dikembangkan oleh Electric Eggplant dengan Kalani Games dan di bawah pengawasan langsung dari HRG (Heirs of Rube Goldberg), perusahaan yang dijalankan oleh keluarga Rube Goldberg, game ini mampu menghadirkan banyak puzzle Rube Goldberg dengan baik, dan cocok selain menjadi media edukasi, juga untuk menguji seberapa jauh kemampuan otak bisa memecahkan puzzle-puzzle melalui alat-alat aneh Rube Goldberg yang begitu kompleks. Walaupun hadir belakangan, namun versi Android tetap lebih murah dan lengkap. Jika versi iOS-nya dijual dengan harga Rp. 29,000, maka untuk Android kamu bisa menebusnya dengan harga US $1,96, atau sekitar Rp. 23 ribuan. Itu pun lengkap dengan semua update menjadi 18 level yang diberikan untuk versi iOS-nya pada pertengahan Desember 2013 lalu.

  • Dapatkan versi iOS Rube Works: The Official Rube Goldberg Invention Game melalui Apple App / iTunes Store. Membutuhkan iOS minimal versi 5.1 dan jatah storage 88.3 MB.
  • Dapatkan versi Android Rube Works: Rube Goldberg Game melalui Google Play Store. Membutuhkan Android minimal versi 4.0 dan jatah storage 63 MB.

Demolition Duke

Demolition-Duke-1

Membaca kata demolition, kita bisa langsung menyimpulkan jika game satu ini melibatkan sesuatu yang harus dihancurkan. Dalam game ini, kamu mendapat bekal peledak yang ditempatkan pada beberapa titik penting sebuah bangunan, dan kemudian menghancurkannya.  Atau, pada beberapa bagian game akan memberimu tugas menghancurkannya dengan syarat khusus, seperti hanya boleh menggunakan dua peledak dan batasan waktu, atau menggunakan peledak dengan tipe tertentu. Game ini juga mengajukan sedikit unsur fisika, seperti terlihat bagaimana ketika bangunan tersebut hancur, atau ketika ada tugas selain menghancurkan bangunan — memasukkan bola basket ke dalam keranjang dengan menggunakan bom yang terbatas, atau meledakkan sebuah boneka crash test dummy dan memantulkannya ke area target.

Ada 17 jenis bom yang disediakan terbatas, dan alat peledak tersebut bisa dipulihkan kembali persediaannya dengan mebelinya menggunakan coin dan bill yang didapatkan selama berhasil meledakkan beragam struktur. Atau jika mau lebih cepat, kamu bisa membelinya melalui in-app purchase. Tantangan fisika seperti di bagian mana kamu harus menempatkan alat peledak memang menantang dan terkadang susah dipahami, namun Gamelion selaku developer tetap menawarkan petunjuk (yang juga perlu membelinya melalui IAP) untuk mempermudah selama menyelesaikan  150 level yang ditawarkan! Game ini baru tersedia untuk Android, ditawarkan gratis, dan dengan batasan persediaan peledak untuk keseluruhan game, maka jangan heran jika IAP akan terus membayangi. Kecuali kamu mau menunggu sekitar 15 menit untuk mengisi persediaan. Oh ya, game ini dipenuhi juga dengan iklan yang bisa tampil hingga satu layar penuh pada gadget-mu.

  • Dapatkan versi Android Demolition Duke melalui Google Play Store. Membutuhkan Android minimal versi 2.3 dan jatah storage 24 MB.

Magic Rampage

Magic-Rampage-1

Asantee Games merilis game terbaru mereka, Magic Rampage akhir Desember 2013 lalu. Developer Magic Portals, tersebut kembali menghadirkan game platformer yang adiktif dengan menggabungkan elemen Action RPG dengan mekanis hack ‘n’ slash. Jika kamu menyukai tipikal game platformer side-scrolling 16-bit seperti Super Mario World, MetroidThe Legend of Zelda (khususnya A Link to the Past), Castlevania dan Ghouls’n Ghosts, maka kamu akan menyukai Magic Rampage ini, yang menggabungkan banyak elemen franchise game lainnya untuk sebuah pengalaman baru. Seperti dengan mengajakmu mengawali game dengan menciptakan karaktermu sendiri, memilih dari beberapa preset untuk bentuk kepala, mata, warna dan bentuk tubuh.

 

Kemudian kamu memasuki dungeon yang sudah dikuasai penyihir jahat, bertarung melawan anak buah penyihir dalam tampilan side-scrolling, sambil memungut diamond, senjata dan benda sihir yang akan membantumu melawan semua musuh. Dari mengalahkan musuh kamu bisa mendapatkan gold, yang kemudian bisa digunakan untuk memulihkan karakter ketika tewas atau kehabisan health. Kontrolnya mudah, cukup sentuh kiri-kanan untuk menggerakkan karakter, serta kombinasikan dengan tombol lompat dan serang. Kamu menyerang musuh dengan melempar pisau. Critical hit bisa dicapai dengan menyerang musuh tepat di kepala. Kamu juga memiliki inventory untuk membawa item yang didapat dari musuh, atau membelinya sebagai bagian in-app purchaseMagic Rampage yang ditawarkan sebagai game gratisan ini juga terintegrasi dengan Google Play Game Services untuk melacak semua achievement yang sudah kamu capai, serta juga mencatat nilai leaderboard.

  • Dapatkan versi Android Magic Rampage melalui Google Play Store. Membutuhkan Android minimal versi 2.2 dan jatah storage 88 MB.

Dark Parables: Rise of the Snow Queen Collector’s Edition

Dark-Parables-Snow-Queen-1

Dark Parables merupakan seri game casual yang dikembangkan oleh Blue Tea Games dan diterbitkan Big Fish Games. Sepertti tipikal gamenya Big Fish Games, game mereka ini berbasis mekanis ‘Hidden Object’, dimana untuk melanjutkan permainan kamu perlu menemukan beragam obyek tersembunyi yang tersebar di sebuah lokasi permainan untuk membentuk suatu item tertentu, dan item itu sendiri biasanya juga memiliki peran ’cause and effect’ di lokasi lainnya dalam game. Setiap game di serial ini berbasis cerita dongeng, dan sejak saat ini sudah ada lima seri yang dirilis awalnya untuk PC, kemudian iOS, dan terakhir biasanya juga menyusul untuk Android. Game tersebut antara lain: Part 1 – Curse of the Briar Rose, Part 2 – The Exiled Prince, Part 3 – Rise of the Snow Queen, Part 4 – The Red Riding Hood Sisters dan Part 5 – The Final Cinderella. Untuk Dark Parables: Snow Queen CE sudah hadir sejak awal 2013 untuk PC, beberapa bulan kemudian menyusul untuk iOS, dan kemudian 9 Januari 2014 lalu untuk Android.

Dark Parables: Rise of the Snow Queen mengambil setting Bernese Alps, Swiss, dan kamu memerankan detektif yang harus berkelana masuk ke Snowfall Kingdom serta menyelidiki menghilangnya beberapa anak. Snow Queen yang diceritakan dalam legenda (yang sebenarnya Snow White, menderita kutukan cermin ibu tirinya), muncul dan meneror pedesaan di sekitarnya dengan kekuatan supernaturalnya. Tugasmu menyelamatkan anak-anak yang hilang dan menghentikan rencana putri salju jahat tersebut. Untuk versi CE alias Collector’s Edition ini akan ada tambahan bonus gameplay yang mengisahkan skenario yang diadaptasi dari cerita “Hansel and Gretel”, dan mengungkapkan asal usul Golden Child yang muncul selama Rise of the Snow Queen versi PC yang sudah hadir sejak akhir 2011 lalu. Dan seperti versi iOS, kamu bisa memainkannya gratisan. Namun untuk membuka konten collector’s-nya yang berisi gameplay tambahan, panduan memainkannya dan banyak wallpaper, kamu harus membayar US $2.99 atau Rp. 29 ribu (US $6.99 untuk versi tablet).

  • Dapatkan versi iOS Dark Parables: Rise of the Snow Queen Collector’s Edition melalui Apple App / iTunes Store. Membutuhkan iOS minimal versi 4.3 dan jatah storage 1.01 GB.
  • Dapatkan versi Android Dark Parables: Rise of the Snow Queen Collector’s Edition melalui Google Play Store. Membutuhkan Android minimal versi 2.3 dan jatah storage 445 MB.

Need for Speed Network

Need-for-Speed-Network-1

Need for Speed Network bukan sebuah game, melainkan aplikasi pendukung yang diberikan Electronic Arts untuk para gamer Need For Speed (khususnya Rivals). EA merilisnya pertama kali pertengahan November 2013 lalu untuk iOS, dan menyusul 17 Januari 2014 ini untuk Android. Aplikasi ini awalnya kita kenal sebagai Need for Speed Most Wanted companion app, namun menjelang dirilisnya Need for Speed Rivals, EA merubah namanya, sekaligus menghentikan dukungan untuk Most Wanted.

Need-for-Speed-Network-2

Aplikasi ini menjadi kombinasi jejaring sosial mini, dan juga aplikasi second screen alias layar kedua untuk Need for Speed terbaru, dan kompatibel dengan versi PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, dan PC game tersebut. Demikian bisa dikatakan jika aplikasi ini menjadi bentuk percabangan dari fitur “Autolog” yang sudah menjadi bagian dari franchise tersebut selama beberapa tahun ini. Jika Autolog mendukung banyak Need for Speed modern, maka jejaring sosial mini ini terfokus pada Need For Speed Rivals saja. Cukup log in dari aplikasi ini melalui smartphone atau tablet, maka kamu bisa melihat mana saja temanmu yang online dan apa yang mereka lakukan. Jika kamu ingin bertemu temanmu dalam game, tinggal mengatur waypoint pada open world driving map, maka temanmu akan mendapatkan notifikasi undanganmu itu.

Need-for-Speed-Network-3

Seperti aplikasi companion / pendukung Battlefield 4, Need For Speed Network memungkinkan kita berinteraksi dengan pemain lain, meskipun mereka juga hanya bisa mengakses Rivals melalui perangkat mobile. Sepaker dengan aplikasi ini ada mini=game Overwatch, yang memungkinkan pengguna mobile memperbaiki kendaraan temannya dimana saja, memberi refill boost dan juga powerup lainnya, dan bahkan juga bisa mengganggu polisi, semua sembari pemain versi konsol dan PC-nya sedang di tengah permainan. Untuk meramaikan aplikasi ini, berpartisiasi dalam Overwatch memungkinkan kita membuka mobil dan paintjob dalam game konsol atau PC.

Need-for-Speed-Network-4

  • Dapatkan versi iOS Need For Speed Network melalui Apple App / iTunes Store. Membutuhkan iOS minimal versi 6.0 dan jatah storage 25.1 MB.
  • Dapatkan versi Android Need For Speed Network Game melalui Google Play Store. Membutuhkan Android minimal versi 4.0 dan jatah storage 25 MB.

SHARE
Previous articleCarrie Fisher Bocorkan Jadwal Syuting Star Wars Episode VII, Siap Reuni dengan Harrison Ford dan Mark Hamill
Next articleKreon Mobile Luncurkan Archer Cat Friends, Game Ketiga di Gemstore!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.