Grand Theft Auto V Versi PC Kembali Muncul, Diduga Akan Dirilis Awal Maret 2014

cover-gta

Sudah banyak yang menunggu, dan akhirnya Grand Theft Auto V akan segera meluncur untuk PC. Game yang hingga saat ini masih menduduki peringkat pertama dunia untuk video game dengan penjualan tercepat sepanjang sejarah (11.21 juta kopi hanya dalam waktu 24 jam) itu muncul di situs retailer online Amazon Jerman, terdaftar sebagai versi PC Windows dan dijual dengan harga €60, atau setara dengan Rp. 1 jutaan.

Bukan kali ini saja Amazon mengaktifkan halaman khusus untuk game tersebut, karena sebelumnya, jauh sebelum GTA V dirilis, sudah ada rumor yang menyebutkan jika GTA V versi PC muncul di Amazon Prancis, Jerman, dan juga retailer lainnya, GamesOnly, Dan setengah tahun berjalan, rumor tersebut berlalu begitu saja. Hingga kemarin kami mendapatkan kabar jika GTA V PC kembali muncul di situs Amazon Prancis, walaupun kemudian segera dihapus kembali.

GTA-V-PC-7

Untuk Amazon Jerman, yang bisa kamu buka melalui tautan berikut, sampai saat ini masih aktif, namun di sana tidak ada kejelasan kapan akan dirilis. Tidak ada tanggal rilisnya, serta box art-nya pun juga belum desain kotak untuk PC yang biasanya. Yang mengherankan, disebutkan di sana jika kompatibel dengan Windows 7 dan Vista, bukan Windows 8. Sebenarnya listing baru di Amazon ini pun juga masih belum resmi, bandingkan saja dengan yang resmi seperti pada halaman di tautan berikut. Di sana kamu bisa menyorot logo PS3, dan melihat bagaimana perbedaan box art diantara kedua versi.

Selain itu, juga ada rumor lain yang menyebutkan jika Rockstar akan merilis versi PC-nya pada bulan Maret 2014 mendatang, tepatnya 12 Maret. Dan sekali lagi, itu hanya sekadar rumor.

Sampai saat ini Rockstar juga belum mengkonfirmasikan keberadaan versi PC-nya, apakah memang mereka menyiapkannya atau tidak. Demikian juga apakah akan ada bersi PS4 dan Xbox One. Berikut kutipan pernyataan Rockstar sebelum game ini dirilis 17 September 2013 lalu:

“We don’t have anything to share about the possibility of a next-gen or a PC platform release at this time and we are completely focused on delivering the best possible experience for the consoles people have right now.”

Meskipun Rockstar membantah, dan sampai sekarang belum ada pernyataan resmi, namun ada beberapa bukti yang mengarah pada kehadiran versi PC-nya. Yang terakhir terkuak minggu lalu, change log game ini dari hasil tes mulai April 2009 hingga Agustus 2013, yang terdiri dari 150 halaman menyebutkan juga versi Windows-nya. Di sana tertulis Windows 64-bit dan 32-bit, hingga disebutkannya beberapa efek DirectX 11-nya Microsoft. Dokumen yang bisa kamu unduh melalui tautan berikut menunjukkan hingga 170 referensi versi PC, dengan banyak bug yang dilaporkan sedang dalam pembenenahan. Seperti terlihat pada beberapa gambar berikut:

GTA-V-PC-1

DirectX 11 efek smog mingling with bloom.
DirectX 11 efek smog mingling with bloom.
Catatan dari beberapa developer Rockstar
Catatan dari beberapa developer Rockstar
Referensi pada build versi Windows 64-bit
Referensi pada build versi Windows 64-bit
Dan untuk versi 32-bit
Dan untuk versi 32-bit

SHARE
Previous articleKreon Mobile Luncurkan Archer Cat Friends, Game Ketiga di Gemstore!
Next articleGalaxy S III Neo +, Flagship Lama Samsung Dibangkitkan Dengan Fitur Dual SIM
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.