Global Game Jam 2014 Jakarta Interview: Ryo Teruya

Di sela-sela kunjungannya ke event Global Game Jam Jakarta 2014, Project Leader Square Enix di Asia Tenggara ini, menyempatkan dirinya untuk diwawancarai oleh tim Duniaku.net.

Pertama-tama kami ucapkan selamat datang di event Global Game Jam Jakarta 2014. Kami penasaran mengapa anda jauh-jauh datang dari Jepang untuk mendatangi event ini ?

Saya menghadiri event ini karena saya ingin melihat bakat-bakat di industri Video Game di Indonesia serta perkembangan dari industri Video Game di Indonesia sejauh ini. Plus saya juga sahabat dekat dari Kris Antoni.

Bagaimana tanggapan / kesan anda dengan event Global Game Jam 2014 di Jakarta ?

WOW saya sangat terkejut sekali. Ternyata banyak sekali talenta – talenta dari Indonesia yang berbakat di industri ini. Saya benar-benar tidak menyangka.

Ada game favorit anda di event ini?

Wah saya bingung nih. Karena hampir dari semua game yang telah dipresentasikan di event ini keren-keren. Namun, kalau kamu menanyakan game favorit saya sepanjang masa, saya suka sekali memainkan seri game Zelda. Bisa lupa waktu saya kalau sudah memainkan game tersebut  ha..ha..ha

Setelah melihat keseluruhan presentasi di event ini, apakah menurut anda Indonesia mempunyai potensi untuk menjadi Market Leader di Asia ?

Hmm.. menurut saya to be honest, belum ya. Pasalnya, dinamika perkembangan industri Video Game di Indonesia sangat lambat.Jadi menurut saya, apabila Indonesia ingin menjadi leader di Asia, speed / pace dari industri di Indonesia harus lebih ditingkatkan lagi.

Selain iu apa lagi yang harus dilakukan ?

Menurut saya developer / kreator Video Game di Indonesia mulai sekarang harus benar-benar memikirkan bagaimana caranya agar video game yang mereka ciptakan dapat meraih keuntungan. Selain itu, mereka juga harus memikirkan bagaimana caranya agar game yang mereka ciptakan dapat menjadi sebuah game yang bersifat adiktif (tidak bosan dimainkan berulang-ulang).

Seperti yang kita tahu, Square Enix telah membuka kantor cabang di Surabaya. Apakah ada niat dari Square Enix untuk membuka kantor cabang lagi di Jakarta ?

Kami sedang mempertimbangkannya. Jadi tunggu saja kabar dari kami lagi.

Apakah anda ingin datang lagi ke event Global Game Jam apabila diadakan tahun depan (2015) ?

Selama event-nya tidak bentrok dengan schedule saya, mengapa tidak ?


SHARE
Previous articleGlobal Game Jam 2014 Jakarta: Day 3
Next articleSir Ben Kingsley Menjadi Fir’aun di Night at the Museum 3
Singer, Radio Announcer, Journalist and Entertainment Savvy and Project Manager@ duniaku.net