Mengintip Game Hasil Karya Jammer Surabaya dalam GGJ 2014!

cover-gadasggj

Dari enam tim yang mengikuti Global Game Jam 2014 Surabaya, akhirnya lahir enam game yang bisa dimainkan secara gratis di website resmi Global Game Jam. Dengan tema “We don’t see things as they are, we see them as we are”, para jammer (peserta) Global Game Jam rupanya memiliki imajinasi masing-masing dalam merepresentasikan tema tersebut ke dalam game mereka. Seperti apa game-game hasil karya jammer Surabaya selama tiga hari dua malam pelaksanaan GGJ 2014? Yuk kita simak bersama!

Game Hasil Karya Jammer Surabaya
Tim Buaya

1. Run Dev Run! (Tim Buaya)

Game yang dikembangkan oleh Roland, Melvin dan Wiwing ini mengisahkan “curahan hati” mereka saat mengikuti GGJ 2014 di Surabaya. Dalam game ber-genre side scrolling ini, kamu dituntut untuk menyelesaikan game sesuai dengan role karakter yang muncul di layar. Jika menggunakan artist, maka kamu harus mengambil ikon-ikon yang berhubungan dengan artist seperti menghindari ikon mood untuk menyelesaikan game tepat waktu. Atau jika kamu menggunakan programmer, kamu bisa menghindari ikon kumbang yang menandakan bug, alias programmer dikejar waktu untuk membasmi bug-bug di dalam game agar game selesai tepat waktu.

Game Hasil Karya Jammer Surabaya

Game Hasil Karya Jammer Surabaya

Baik programmer maupun artist tidak akan terpengaruh jika terkena ikon yang tidak berhubungan dengan mereka, contohnya artist yang tidak terpengaruh saat menabrak ikon kumbang. Di akhir permainan, pemain akan berhadapan dengan deadline, yang digambarkan cukup menyeramkan. Untuk memainkan, cukup klik atau sentuh layar untuk membuat karakter melompat. Game yang tersedia untuk PC dan Android ini bisa kamu coba dengan men-download-nya di sini.

Tim Untitled

2. U Crash U Die (Tim Untitled)

Game ini dikembangkan Tim Untitled yang beranggotakan lima orang yaitu Cristino, Adji, Primaadi, Hendrik dan Felix. Game ber-genre side scrolling platformer ini memiliki fitur yang cukup unik, yaitu karakter bisa melakukan zoom in dan zoom out lingkungan yang ada di dalam game. Tujuan melakukan zoom in dan zoom out ini adalah untuk membunuh musuh yang mengejar dengan cara menghilangkannya dari layar.

Game Hasil Karya Jammer Surabaya

Untuk memainkannya pun sangat mudah, pemain hanya perlu melompat-lompat dari satu platform ke platform lain, lantas melakukan zoom in dan zoom out saat ada musuh yang mengejar. Game ini juga menghadirkan karakter lucu dengan wajah “memelas” yang justru menyuruh pemain untuk tidak “menyiksanya” dengan memainkan game ini. :D Game yang dikembangkan untuk PC, Windows Phone, dan HTML 5 ini bisa kamu coba dengan men-download-nya di sini.

Game Hasil Karya Jammer Surabaya
Tim Big Boss

3. Naked Imaginer (Tim Big Boss)

Game yang dikembangkan oleh Ruben, Furqon, Yani Ali, dan Andi ini sedikit unik dan paling banyak mengundang tawa peserta lainnya. Uniknya di sini, tim Big Boss menggunakan karakter anak kecil yang sedikit gila dan tengah telanjang! Dikisahkan, anak tersebut tertabrak mobil dan pingsan, sehingga membuatnya banyak berimajinasi. Dalam imajinasinya tersebut, sang anak harus mengumpulkan kembali potongan-potongan ingatannya, yang digambarkan dalam bentuk ikon otak. Untuk mendapatkan otak ini jalannya tidaklah mudah karena dia harus melompat dari satu platform ke platform lain. Menariknya, untuk mencapai platform yang sulit dijangkau, sang anak bisa berubah menjadi apa yang ada di dekatnya! Contohnya saja, untuk mencapai tempat yang lebih tinggi, sang anak harus berubah menjadi roket dengan cara mendekati roket yang ada, lantas pemain tinggal menekan tombol untuk mengubahnya menjadi roket.

Game Hasil Karya Jammer Surabaya

Game Hasil Karya Jammer Surabaya

Selain game-nya yang lucu dan sedikit NSFW (Not Safe For Work), tim ini juga yang paling kocak dalam presentasi dan sukses menghibur jammer lainnya! Game yang dikembangkan untuk PC ini bisa kamu coba dengan men-download-nya di sini. Ingat, sedikit NSFW lho game-nya. Hehe..

Lanjut ke halaman kedua untuk tiga game lainnya..

1
2

SHARE
Previous articleLiputan Global Game Jam 2014 Surabaya, Serius Tapi Santai!
Next articleThe Lego Movie Videogame Wujudkan Impian Membangun Dunia Lego
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.