Liputan Road Show Sony PlayStation 4 di Surabaya

PS4-Road-Show-5

Selama dua hari kemarin, pada tanggal 25-26 Januari 2014, para gamer di Surabaya akhirnya berkesempatan menjajal kemampuan konsol next-gen terbaru andalan Sony yaitu, PlayStation 4 (PS4), dalam acara Road Show yang diadakan di Surabaya Town Square. Road Show ini sendiri merupakan yang ketiga setelah sebelumnya diadakan di Jakarta dan Tangerang, setelah Sony Indonesia resmi merilis konsol tersebut di negara kita pada 9 Januari 2014 lalu.

PS4-Road-Show-1

Selain mencoba bermain game-game yang disediakan selama event Road Show, jika merasa tertarik untuk membeli konsol ini, kamu sudah bisa mendapatkannya melalui toko resminya di Sony Store Tunjungan Plaza, dengan harga mulai Rp. 6.999.000,- hingga Rp.7.399.000,- (jika dibundel dengan PlayStation Camera). Tak hanya itu, bagi kamu penggemar FPS, selama pameran juga disediakan Bundle Set untuk Killzone Shadow Fall dan Battlefield 4, yang masing-masing bisa kamu dapatkan dengan harga Rp. 7.399.000,- dan Rp. 7.499.000,-.

PS4-Road-Show-4

Store Manager dari pihak Sony juga menjelaskan, “Untuk pembelian mesin memang bisa di tempat kami, namun untuk pembelian game-nya, Sony Store tidak menyediakan, para calon pemain bisa membelinya di toko-toko game terdekat”

Tak hanya konsol, dalam Road Show ini diperkenalkan juga Personal 3D Viewer, atau yang juga jamak disebut dengan istilah keren head mounted display. Cukup asik saat pertama kali menggunakan perangkat ini, kualitas gambar serta suaranya tergolong cukup bagus. Namun bagi pemakai kacamata, meskipun bisa memainkannya dengan tetap menggunakan kacamata (perangkat ini mampu disesuaikan dengan pemakai kacamata) pemain akan merasakan kacamatanya perlahan mulai berembun ketika terlalu lama menggunakannya. Selain itu, perangkat ini juga tidak ringan cukup berat digunakan dalam keadaan berdiri. Meski hanya sempat mencoba perangkat ini untuk memainkan salah satu game saja selama Road Show, namun dari informasi yang kami dapatkn, Personal 3D Viewer ini juga bisa digunakan untuk memainkan semua game PS4, lho!

PS4-Road-Show-11

Game-Game Menarik yang Memanjakan Pengunjung

Cara terbaik untuk mengenalkan suatu konsol adalah dengan memainkannya. Selama Road Show berlangsung, para pengunjung dipersilahkan untuk mencoba beberapa game untuk PS Vita, PS Vita TV, dan PS4. Game yang paling laris dimainkan oleh para pengunjung adalah Just Dance untuk PS4, di mana para pengunjung bisa menari dengan gratis bersama-sama dengan para pengunjung lain. Mulai dari pagi ketika event ini dibuka hingga malam, kios Just Dance tidak pernah sepi pemain. Baik mereka yang masih muda hingga yang sudah tua, semua memainkannya. Dari pengamatan kami, bahkan beberapa orang justru tertarik untuk membeli PS4 setelah memainkan game ini.

PS4-Road-Show-10

Selain Just Dance, ada tiga game lain yang cukup ramai dimainkan oleh para pengunjung, yakni Injustice: Gods Among Us  yang merupakan game fighting dari DC; FIFA 14 yang menjadi favorit para gamer cowok; dan yang terakhir adalah Assasssin’s Creed: Black Flag. Beberapa pengunjung yang sudah memainkan AC: Black Flag dan memiliki versi PC-nya mengatakan bahwa sebenarnya untuk gameplay masih sama saja dengan yang di PC, namun dari segi grafis, PS4 terlihat lebih baik, apalagi bila dimainkan melalui televisi HD.

Sedangkan untuk pemain FIFA dan Injustice merasa sangat tertarik untuk membeli PS4, karena kualitas gamenya menurut mereka cukup baik. Kami juga sudah sempat mencoba beberapa game yang kurang diminati namun menurut kami cukup menarik, seperti God Eater 2 yang didemokan melalui PS Vita TV, dan Resogun untuk PS4. Kualitas grafis God Eater 2 bisa dikatakan cukup memanjakan para penggemar anime, sedangkan untuk Resogun, kami merasa game ini mirip Raiden atau Space Invader yang dibentuk lebih modern, dan gameplay-nya ternyata juga sangat adiktif!

PS4-Road-Show-3

Game PS4 yang sempat diumumkan saat Sony Conference tahun lalu, Knack cukup diminati oleh anak-anak kecil, dan para pengunjung yang ingin mencoba 3D Viewer memang harus memainkan Knack untuk merasakan sensasi aksesoris tersebut. Knack sendiri cukup menarik, namun beberapa pengunjung mengatakan bahwa mungkin untuk game yang cenderung simpel, Resogun lebih menyenangkan.

Para pengunjung penggemar FPS juga bisa merasakan serunya bermain Killzone Shadow Fall yang oleh pihak penyelenggara Road Show disiapkan melalui dua kios demonya. Game ini memiliki grafis yang sangat bagus, dan meskipun yang memainkannya lebih sedikit daripada mereka yang memainkan FIFA atau Injustice, namun bisa dikatakan Killzone-lah yang paling mampu memperlihatkan kekuatan grafis memukau sebuah PS4. Detail dari environtment dan senjatanya sangat bagus, meskipun memang Just Dance yang diperlihatkan melalui stand yang lebih besar bisa memperlihatkan grafis yang sedikit lebih baik.

Tantangan Just Dance yang Seru

PS4-Road-Show-8 PS4-Road-Show-9

Selain mengadakan demo langsung PS4, penyelenggara Road Show juga mengadakan tantangan untuk para pengunjung, yakni tantangan untuk menjadi penari terbaik dari game Just Dance, dan pemenangnya mendapatkan goodie bag dari Sony. Tantangan ini dilakukan pukul tiga sore, dan para pengunjung sangat antusias saat mengikutinya. Dua pengunjung dengan skor paling tinggi diadu dalam babak final untuk menentukan pemenangnya.

(Athira feat Yashi)


SHARE
Previous articleDetail Ar no Surge Muncul Melalui Video Baru Sepanjang 11 Menit
Next articleLiputan Global Game Jam 2014 Surabaya, Serius Tapi Santai!
Penggemar berat Roger Federer, Jouji Nakata, Sho Hayami, dan Suwabe Junichi. Wota iDOLM@STER dan juga seorang penikmat game yang memiliki karakter laki-laki 30 tahun ke atas. Silahkan lihat kegalauan saya di twitter: ryofucha