Nintendo Juga Akan Membuat Game Android, Dengan Target Rilis Tahun 2014

Nintendo-Wii-U-4

Ketika mendengar kabar bahwa Nintendo berencana membuat tablet Android mereka sendiri, saya hanya setengah percaya. Nintendo adalah produsen konsol serta handheld, dan mesin game tersebut terkenal karena memiliki dukungan ikon-ikon terkenal yang menjadi magnet tersendiri. Seandainya menyebrangkan ikon game mereka tersebut ke platform mobile seperti Android, iOS dan Windows Phone, jelas penggemar setianya akan kecewa.

Namun di sisi lain, sebagai produsen hardware Nintendo saat ini juga sedang “galau” karena penjualan mesin game mereka tidak sesuai perkiraan. Bahkan berbagai analisa yang sudah lama menyebutkan jika mobile gaming akan terus berkembang menjadi salah satu penentu masa depan dunia game, dan dipredisi nantinya akan menggantikan peran handheld gaming, pelan tapi pasti ternyata benar adanya. Bisa jadi saat ini Nintendo perlu memikirkan bagaimana mereka akan memperlakukan dunia mobile gaming untuk mendukung bisnis konsolnya yang mengalami penurunan, yang bahkan pemotongan harga yang cukup besar pun sepertinya tidak sanggup mengatrolnya ke tingkat yang menguntungkan.

Sepertinya kabar ini sudah banyak ditunggu. Laporan terbaru dari salah satu media besar di Jepang Nikkei menyebutkan jika Nintendo bisa jadi akan meluaskan lini bisnisnya dengan mengembangkan game Android. Hingga saat ini strategi Nintendo masih sama, merilis game first party produksi mereka sendiri hanya untuk mesin gamenya. Laporan tersebut yakin jika saat ini Nintendo sudah berencana merilis game bertipe “minigames” untuk smartphone Android dan akan merilisnya tahun 2014 ini juga. Nintendo berharap minigame tersebut akan membantu menarik perhatian banyak gamer casual yang membanjiri mobile gaming pada konsol dan line-up game mereka.

Nintendo-Android-Tablet

Jika kabar terbaru ini benar, akan sejalan dengan rumor sebelumnya yang menyebutkan jika Nintendo akan merilis tablet Android yang terfokus pada edukasi. Sepertinya tinggal menunggu waktu saja hingga salah satu raksasa video game dari Jepang tersebut akan mulai beralih menjadikan platform mobile gaming sebagai salah satu rujukan game-game first-partynya. Dalam sebuah wawancara yang antara Forbes dengan CEO Nitendo, Satoru Iwata Oktober 2013 lalu, orang nomor satu Nintendo tersebut juga sudah memberi petunjuk mengenai potensi smartphone untuk perusahaan mereka. Berikut kutipan wawancara tersebut:

I feel like we should make an effort to take advantage of smart devices’ existence. For instance, we already made it possible to browse Wii U’s networking service called Miiverse on smart devices. Starting with this attempt, we are discussing among us how we can expand the use of smart devices to help drive the business of dedicated gaming systems.

Ya, sejauh ini Nintendo masih mempertahankan eksklusifitas ikon-ikon mereka. Dan pemanfaatan perangkat mobile pun sungguh dibatasi, sekadar pembelian konten digital mereka dan akses Miiverse melalui smartphone. Bukan itu yang diinginkan gamer casual penikmat mobile gaming, atau mungkin juga jutaan gamer mobile lainnya yang sebelumnya menjadi mantan para pemain konsol dan handheld. Kami yakin, mereka menginginkan Super Mario, The Legend of Zelda, Donkey Kong hingga Metroid hadir untuk platform mobile. Tidak sabar rasanya menunggu saat itu hadir nantinya!

Sumber: Nikkei


SHARE
Previous articleMerasuki Orc Dalam Demo Pertama Middle-earth Shadow of Mordor
Next articleSkor Review Famitsu Edisi 1312, Dragon Quest Monsters 2 Menjadi Juara
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.